Rabu, November 29, 2017

2 Cara Mengecek dan Mengetahui Remot Rusak Atau Tidak: Semua Jenis Remot

Beberapa waktu kebelakang ada tetangga ribut-ribut sama anaknya, karena anaknya tersebut disuruh membeli remot tv yang katanya rusak. Namun setelah remot baru tersebut di pasangkan baterai dan di coba diarahkan ke pesawat televisi tetap tidak berfungsi, karena mengira kalau anaknya kurang teliti waktu membeli remot, akhirnya tetangga saya itu memarahinya.

Rupanya setelah saya periksa, remot lama juga tidak rusak, karena yang rusak justru sensor IR di tv nya yang bermasalah, lalu saya coba betulkan dan alhamdulillah tv nya bisa dikendalikan lagi menggunakan remot lama yang aslinya.

Nah mengingat hal tersebut, agar tidak menimpa banyak orang yaitu membeli remot baru karena menganggap remot aslinya rusak padahal belum tentu rusak. Saya terpanggil untuk membuat artikel ini, yaitu cara mengecek dan mengetahui rusak atau tidaknya sebuah remot sebelum memutuskan untuk membeli atau memperbaikinya. Walau harga remot gak seberapa tapi lumayan kalau ditambahkan ke ongkos teknisi, buat nambah-nambah beli kapal. Kopi kapal api maksud saya :) .

Cara Mengecek dan Mengetahui Remot Rusak Atau Tidak

Sebenarnya sangat mudah untuk mengecek dan mengetahui apakah sebuah remot itu rusak atau tidak, hanya saja masih banyak yang belum mengetahuinya.

1. Mengecek kerusakan remot menggunakan pesawat radio

Kalau dirumah Anda terdapat pesawat radio, itu bisa dijadikan alat untuk memastikan apakah sebuah remot rusak atau tidak. Caranya cukup dengan menyalakan pesawat radio tersebut di band MW, lalu arahkan remot kepesawat radio tersebut sambil ditekan-tekan tombol remotnya. Apabila terdengan suara nut nut atau tit tit tit berarti remot masih bagus, kalau tidak ada reaksi atau tidak ada suara apapun berarti remot rusak.

2. Mengecek kerusakan remot menggunakan kamera HP

Nah cara kedua juga tergolong lebih mudah, karena hampir semua orang pasti memiliki sebuah HP yang sudah ada kameranya. Caranya nyalakan kamera lalu arahkan lampu sensor remot kearah kamera HP sambil ditekan-tekan tombol remotnya. Kalau terlihat ada cahaya dari lampu sensor setiap kali tombol ditekan berarti remot masih bagus, kalau tidak ada berarti remot rusak.

Setelah Anda yakin kalau remot tersebut rusak atau tidak setelah melakukan 2 cara pengecekan yang saya jelaskan diatas, selanjutnya terserah Anda.Yang jelas Anda tidak akan sampai salah mengambil keputusan, membeli remot padahal remot masih bagus, atau memperbaiki tv padahal memang remotnya yang rusak.

Nah itulah 2 cara mengecek dan mengetahui apakah sebuah remot apa saja rusak atau tidak yang bisa saya sampaikan. Walau penjelasan ini terbilang singkat tapi harapan saya semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon