Sabtu, November 25, 2017

Cara Mengatasi Kerusakan TV Cina Tegangan Drop atau Kecil

Cara mengatasi kerusakan TV cina tegangan drop atau kecil - Masih seputar kerusakan power suplay regulator TV merk Cina. Kalau pada artikel sebelumnya saya membahas cara mengatasi kerusakan TV Cina yang tegangan regulatornya over atau melonjak naik. Pada kesempatan ini saya akan membahas cara mengatasi kerusakan TV Cina tegangan drop atau terlalu kecil yang menurut pengalaman saya masih merupakan salah satu kerusakan umum atau penyakit yang biasa terjadi terhadap TV cina atau mesin TV buatan cina.

Untuk pembahasan tentang hal yang bisa menyebabkan tegangan drop atau terlalu kecil dan tidak bisa diatur oleh pengatur tegangan pada TV cina akan lebih panjang dibanding dengan masalah tegangan melonjak naik. Karena banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah yang satu ini.

Cara Mengatasi Kerusakan TV Cina Tegangan Drop atau Kecil

Penyebab tegangan drop atau kecil pada TV cina

Kalau penyebab tegangan over melonjak naik hanya diseputaran power suplay regulator, tapi kalau Anda mengalami masalah tegangan drop atau kecil penyebabnya bisa sangat banyak. Dan saya akan mencoba menjelaskan satu persatu

Dari kalimatnya adalah tegangan drop, berarti antara kecil tidak seperti yang seharusnya atau sangat kecil. Saya asumsikan bukan tidak ada tegangan ya supaya artikel ini benar-benar tepat menjawab masalah Anda. Karena Anda masuk ke artikel ini berarti dengan kata kunci cara mengatasi tv cina tegangan drop atau tegangan kecil.

Kalau ternyata yang Anda maksud tidak cocok dengan artikel ini, silahkan baca di artikel: Kenali cara kerja dan keruskan regulator TV cina, atau Anda bisa langsung mencari yang tepat di artikel yang membahas semua masalah dan yang berkaitan dengan elektronik.

Penyebab tegangan kecil atau drop bisa karena beberapa hal, seperti tidak bekerja dengan baik rangkain primer regulator itu sendiri atau bisa karena ada masalah diluar regulator. Yang tentunya perlu pemeriksaan lebih teliti lagi.

Langkah-langkah yang bisa Anda ambil adalah sebagai berikut:
  • Periksa tegangan basis transistor regulator: Caranya silahkan lepas dulu transistor regulatornya lalu hubungkan TV ke sumber listrk dan pastikan di titik basis transistor regulator terdapat tegangan 0,4 volt sampai 0,7 volt. Kalau tegangan di titik basis kurang dari semestinya berarti Anda harus memeriksa semua komponen yang terhubung dengan titik basis transistor regulator. Kalau menurut Anda pemeriksaan sudah sangat teliti tapi tetap tegangan akhir masih kecil, coba solusi dengan menggunakan gacun untuk memastikan apakah kerusakan ada dibagian primer atau dibagan skunder.

    Artikel Terkait dengan Gacun:
    1. Mengtahui berbagai kegunaan Gacun
    2. Panduan cara memasang gacun untuk berbagai regulator elektronik digital
    3. Panduan cara mengganti power suplay regulator dengan Gacun

  • Periksa FlyBack Transformator. Salah satu penyebab umum tegangan menjadi drop adalah FBT atau flyback, apabila flyback mengalami kerusakan seperti setengah konslet bisa menyebabkan tegangan menjadi drop setelah tv dalam keadaan tidak standby lagi.

  • Periksa elko-elko seputar output regulator. Dalam beberapa kasus yang pernah saya hadapi, keringnya elko regulator untuk memfilter tegangan B+ bisa menyebabkan tegangan menjadi drop. Tapi hal ini jarang terlihat apabila tv dalam keadaan standby, jadi untuk memastikan, pastikan tegangan tersebut drop stelah tv tidak standby.

  • Periksa output tegangan regulator ke vertikal. Sering terjdi tegangan regulator menjdi disebabkan oleh rusaknya IC vertikal yang mengalami setengah konslet.

  • Periksa komponen yang menuju Ground didaerah yang terhubung dengan optocoupler: Perbedaan masalah dengan tegangan melonjak yang diakibatkan oleh putusnya komponen-komponen yang terhubung ke jalur positif rangkaian optocoupler, kalau yang menyebabkan tegangan drop adalah komponen yang terhubung ke jalur Ground.

  • Periksa tegangan yang terhubung dengan IC Audio: Sering juga terjadi tegangan menjadi drop keseluruhan yang diisebabkan oleh dioda untuk tegangan audio konslet, atau IC Audio nya itu sendiri yang memang konslet.

Kalau semua keterangan saya diatas masih belum juga mengatasi masalah Anda, silahkan tanyakan langsung lewat halaman komentar, agar saya bisa membantu memberikan solusi lainnya.

Saya rasa cukup lengkap pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi kerusakan TV Cina dengan gelaja tegangan drop atau kecil. Satu harapan saya, semoga setiap artikel yang saya tulis bisa menjadi solusi dan bermanfaat bagi pembacanya.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon