Selasa, November 21, 2017

Cara Membuat Blog Yang Tepat Untuk Menjalankan Program Afiliasi

Artikel ini adalah panduan lengkap tentang cara membuat blog yang tepat untuk menjalankan program afiliasi sebagai alternatif terbaik untuk menghasilkan uang dari blog Anda dengan perhitungan yang nyata dan masuk akal.

Jika Anda sekarang berpikir untuk menghasilkan uang dari blog hanya dari Google Adsense, Anda adalah satu dari seribu orang yang suka dipekerjakan oleh jutaan pengusaha sukses tanpa memberi Anda pembayaran yang benar. Karena apa? Jelas, Anda pasti merasa jika pembayaran yang Anda terima jika ada pengunjung yang mengklik iklan tidak pernah tepat berapa nilainya, dan setiap bulan Anda akan menemukan potongan yang tidak Anda ketahui secara persis apa penyebabnya. Pihak Google hanya mengatakan bahwa cuplikan itu karena lalu lintas tidak valid di situs/blog Anda.

Saya tidak mengatakan kepada Anda untuk tidak menyukai media periklanan yang membayar penerbit mereka dengan jumlah Bayar Per Klik. Bahkan beberapa situs/blog saya sendiri terus menjalankannya. Tapi jika saya harus membandingkan dengan program afiliasi, itu jelas berbeda.

Kenyataan yang pasti akan Anda alami kalau menjalankan program CPC, dari seribu pengunjung organik per hari, dan Anda mendapatkan satu klik iklan, itu masih berpotensi menjadi klik yang tidak valid. Tidak seperti afiliasi, Anda tidak akan mengira kalau hanya dari sepuluh pengunjung saja, tiga di antaranya dapat menghasilkan klik yang sah dan Anda pasti akan menerima pembayaran sesuai dengan kesepakatan.

Cara Membuat Blog Yang Tepat Untuk Menjalankan Program Afiliasi

Setelah membaca informasi di atas Anda akan mulai tertarik untuk mencobanya. Tapi, karena Anda sudah familiar dengan Blog yang cocok untuk Google Adsense, dimana tidak ada aturan spesifik tentang niche Blog, tentunya Anda akan bingung, bagaimana membuat Blog yang tepat untuk menjalankan program affiliasi yang bisa menghasilkan banyak uang. Tanpa banyak kesulitan mencari pengunjung disana datang kesini.

Cara membuat Blog yang tepat untuk menjalankan program Afiliasi

Anda tidak perlu khawatir karena saya akan memberi beberapa petunjuk untuk membuat Blog yang tepat untuk menjalankan program afiliasi yang telah terbukti bisa menarik pengunjung untuk mengklik iklan afiliasi di Blog yang menjalankannya.

Pelajari bagaimana setiap penyedia afiliasi bekerja

Pada dasarnya setiap jaringan afiliasi memiliki mekanisme kerja serupa, yaitu jika ada pengunjung yang mengklik link atau banner yang berada di situs/blog yang mengikuti program afiliasi, dan orang tersebut masuk ke situs/blog jaringan afiliasi dan kemudian membeli produk tersebut, maka Anda akan dapatkan komisi sesuai kesepakatan awal sebelum bergabung dengan program afiliasi.

Yang berbeda adalah cara mereka menawarkan jenis iklan yang akan diposkan di situs/blog Anda. Ada gambar spanduk, hanya link, ada juga dalam bentuk kupon, ada juga dalam bentuk artikel, dan sebagainya. Dan tentu saja, dari semua jenis iklan yang mereka tawarkan, Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Jadi dalam prakteknya nanti, Anda memiliki cara yang tepat untuk mempromosikan produk mereka di situs/blog Anda.

Sebagai contoh, Program Afiliasi Indonesia dengan komisi 70% yaitu niagahoster. Dimana mereka menawarkan 2 pilihan program afiliasi yaitu dengan menawarkan kupon dan spanduk yang bisa dipasang di situs/blog Anda. Jika ada pengunjung yang membeli produk dari niagahoster dengan menggunakan kupon yang diperoleh dari situs/blog Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi sebesar 70%. Juga jika anda yang mengklik banner referral lalu orang itu membeli produk apapun di niagahoster, anda juga akan mendapatkan komisi yang sama 70%.

Program Afiliasi Indonesia Niagahoster

Pelajari tentang jenis produk yang ditawarkan oleh jaringan afiliasi

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat situs/blog yang menjalankan program afiliasi, pertama belajar tentang produk yang ditawarkan oleh program afiliasi sangat penting. Karena ini terkait erat dengan ceruk yang akan anda gunakan untuk situs/blog Anda nanti. Ingat! Sekali lagi saya tegaskan, program afiliasi yang dijalankan berbeda dengan jaringan PPC. Semakin fokus membahas produk affiliasi maka peluang anda untuk sukses sebagai internet marketer akan semakin besar.

Buat situs/blog yang hanya menggunakan satu niche

Mengapa saya memberitahu Anda untuk terlebih dahulu mempelajari jenis produk yang ditawarkan oleh jaringan afiliasi, karena di situlah Anda bisa menentukan niche yang tepat untuk menjalankan program afiliasi. Jika Anda hanya membuat blog yang cocok untuk menyalurkan hobi atau yang cocok untuk Google Adsense, artikel bagaimana menentukan niche yang bagus untuk blog, menurut saya sudah cukup, Anda bisa mengambil banyak pelajaran dari artikel tersebut.

Namun berbeda dengan situs/blog yang akan digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk affiliasi. Saya asumsikan Anda tidak mengharapkan kesuksesan cepat jika berpikir dengan varian ceruk bisa mengajak pengunjung untuk mengklik iklan di situs/blog Anda. Mereka malah menjadi bingung, saat bepergian mencari perangkat elektronik, di situs/blog Anda banyak iklan tentang hosting promo.

Jadi kesimpulan bagaimana membuat situs/blog yang bagus untuk menjalankan program afiliasi adalah dengan menggunakan niche tunggal saja. Jika Anda ingin menjalankan sepuluh program afiliasi yang berbeda, maka buatlah sepuluh situs/blog niche yang berbeda juga, sesuaikan dengan produk yang ditawarkan.

Berikan informasi yang sejelas mungkin tentang produk yang ditawarkan

Ini mungkin lebih tepat jika disebut review produk. Setiap pengunjung yang masuk ke situs/blog Anda mungkin sebagian besar karena judul konten Anda ada di bagian atas mesin pencari, atau mungkin karena Anda mempromosikan secara aktif di berbagai media sosial, itu adalah usaha yang sangat bagus. Tapi ada beberapa hal yang perlu diketahui, pengunjung butuh penjelasan lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan.

Sebagai seorang internet marketer profesional, jangan hanya menyuruh orang mengklik iklan saja. Tapi harus bisa memberikan kejelasan tentang produk yang Anda tawarkan. Meski Anda hanya bertindak sebagai perantara karena produk yang Anda tawarkan adalah produk afiliasi. Anda diminta untuk sepenuhnya menguasai detail lengkap produk tersebut.

Menjalankan program affiliasi tidak berbeda dengan trading. Semakin Anda bisa meyakinkan pembeli potensial, semakin kuat keinginan mereka untuk mendapatkan barang dagangan Anda. Tapi jangan sampai Anda membesar-besarkan, yang perlu Anda berikan adalah deskripsi lengkap saja.

Aktif membantu pelanggan

Anda harus paham, oke makanya Anda sendiri berani menjalankan program jaringan afiliasi karena Anda sudah menguasai dengan benar mulai dari memilih produk, masuk ke daftar belanja, ke cara pembayaran. Tapi..... pelanggan anda belum tentu. Banyak kasus yang menyebabkan pembatalan seseorang berbelanja disebabkan oleh metode pembayaran yang terbatas.

Misalnya, jaringan afiliasi yang Anda jalankan hanya menerima pembayaran melalui PayPal, sementara pelanggan Anda tidak memiliki akun PayPal. Di sini Anda harus bertindak cepat, bahkan kalau bisa sebelum pelanggan anda kebingungan yang akan mengakibatkan pembatalan pembelian, Anda harus terlebih dahulu memberikan solusinya. Misalnya di situs/blog Anda menyatakan, jika Anda siap membantu pembayaran khusus pelanggan tertentu yang tidak memiliki akun PayPal.

Kesimpulan: Apapun bisnis yang Anda jalani asal dilakukan dengan sungguh-sungguh dan menguasai segalanya, maka penghargaan yang akan Anda dapatkan adalah keberhasilan.

Saya rasa cukup sudah pembahasan tentang cara membuat situs Blog yang tepat untuk menjalankan program afiliasi dan pasti akan menghasilkan uang yang bisa saya berikan pada kesempatan ini. Terimakasih telah membaca, dan semoga bisnis anda hari ini lebih beruntung dari kemarin.

2 comments

Pas banget nih sama yg sedang ane rencanain. Nyoba blog khusus jualan afiliasi. Potensinya bagus. Setidaknya dibanding dengan monetisasi adsense yg masih jauuuh dari PO.
Thank you mas. Sukses terus sama blognya

Betul pak bos, sangat jauh apabila mau membandingkan Adsense dengan Afiliasi, cukup mendapatkan pengunjung tertarget yang hanya belasan bisa mendapatkan kesempatan dapat uang yang lumayan

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon