Kamis, Oktober 26, 2017

Ukuran Jenis Unit dan Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik

Tags
Advertisement

Jumpa lagi di artikel yang membahas seputar tips pengoptimalan pemasangan unit kode iklan Google Adsense untuk meningkatkan performa dan penghasilan penayang iklan Google Adsense. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang ukuran dan jenis unit juga cara penempatan iklan yang paling berpotensi mendapatkan nilai BPK terbaik berdasarkan teknik optimasi yang saya gunakan khususnya untuk blog saya ini.

Mungkin sebagian pembaca ada yang bertanya, memangnya untuk setiap jenis dan ukuran unit iklan ada perbedaan baik potensi mendatangkan klik dan BPK? Itu sangat jelas, karena setiap pengiklan punya cara masing-masing dalam mempromosikan iklannya ke situs-situs penayang iklan Google Adsense, yang tujuan pengiklan juga tentu ingin mendapatan hasil terbaik dari promosi yang dilakukannya.

Ukuran Jenis Unit dan Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik

Lalu kenapa Google lebih sering menyarankan kepada para penayang agar menggunakan jenis-jenis unit kode iklan tertentu? Nah ini yang akan kita bahas secara lebih mendetail, agar para penayang bisa mengambil kesimpulan dalam memilih jenis dan cara menempatan iklan tersebut agar bisa menghasilkan performa terbaik untuk situsnya masing-masing.

Google Adsense adalah media periklanan yang paling diminati oleh para pelaku usaha, baik kecil menengah dan atas untuk mempromosikan produknya, oleh sebab itu Google dituntut untuk memberikan kepuasan kepada para pengiklan, tanpa terkecuali untuk pengiklan kelas kecil, kelas menengah da kelas atas. Jadi jangan heran kalau Google lebih sering menyarankan kita untuk menggunakan jenis-jenis iklan tertentu seperti contohnya jenis iklan Responsive.

Kenapa jenis iklan Responsive lebih sering disarankan oleh Google? Karena dengan ukuran yang otomatis disesuaikan akan bisa ditempati oleh pengiklan kategori apa saja, atau dengan kata lain, ukuran iklan Responsive bisa di isi oleh pengiklan yang mengambil tawaran BPK murah, sedang dan mahal.

Nah tugas kita sebagai penayang yang menginginkan hasil terbaik, tentu harus pandai dalam memilih jenis, ukuran dan cara penempatan iklan, karena tidak mungkin semua jenis dan ukuran iklan bisa selalu mendapatkan hasil terbaik.

Artikel Terkait: Tingkatan penghasilan Google Adsense dengan fokus pada iklan terbaik.

Ukuran jenis unit dan penempatan iklan Google Adsense terbaik

Disini saya akan menerangkan 4 jenis dan ukuran dan penempatan iklan Google Adsense yang menurut pengalaman saya memiliki performa paling terbaik yang saya rasakan selama menjadi penayang iklan Google.

1. Ukuran iklan 300 x 250

Iklan berukuran 300 x 250 ini memiliki kinerja cukup baik dan dalam hal ukuran bisa dibilang paling kompetible, walau dalam hal mendapatkan klik dari pengunjung tidak terlalu banyak, tapi dalam hal BPK, selalu paling besar. Untuk penempatan terbaiknya bisa di atas postingan, tengah postingan, akhir postikan dan widget sidebar, dan untuk jenis iklannya sebaiknya gunakan iklan teks dan gambar.

2. Ukuran iklan 336 x 280

Untuk ukuran iklan 336 x 280 juga tidak kalah bagus oleh ukuran iklan 300 x 250, namun kekurangannya dalam hal penempatan, karena sebagai penayang iklan Google harus selalu mengkedepankan kenyamanan pengguna situs, jadi penempatan terbaik untuk unit iklan 336 x 280 ini sebaiknya ditempatkan di tengah atau di akhir postingan, dan untuk jenis iklan sangat disarankan menggunakan jenis gambar saja.

3. Ukuran iklan 300 x 600

Untuk ukuran 300 x 600 ini harus dipertimbangkan dengan kebanyakan perangkat yang digunakan oleh pengunjung situs kita, kalau lebih dari 90% pengguna menggunakan perangkat smartphone android, sebaiknya pertimbangkan dulu sebelum menggunakan ukuran ini, karena dalam hal penempatan ukuran iklan 300 x 600 hanya bisa dipasang di widget sidebar, dan kalau pengunjung yang menggunakan smarphone android akan sangat jarang menyibak konten sampai kebawah atau sampai menyentuh widget sidebar.

Kenapa iklan ukuran 300 x 600 hanya bisa dipasang di widget sidebar dan fokus pada pengunjung non android? Karena ada aturan main tentang penempatan ukuran iklan, jangan sampai mengganggu kenyamanan pengunjung ketika menyibak konten. Atau jangan sampai dalam penempatan ukuran iklan melanggar standart better Ads.

Artikel Terkait: Jenis dan pemasangan iklan yang melanggar standart better Ads.

Dan kalau anda tetap tertarik untuk menggunakan ukuran 300 x 600 sebaiknya gunakan jenis iklan teks dan gambar. Karena menurut pengalaman saya kalau menggunakan jenis iklan teks saja, klik iklan agak lumayan banyak tapi BPK relatif kecil, dan sebaliknya kalau menggunakan jenis iklan gambar saja, klik akan sangat sedikit tapi BPK lumayan besar.

4. Jenis iklan tautan Responsive

Nah kalau untuk jenis iklan yang satu ini bisa dibilang favorit setiap penayang, karena dalam hal mendapatkan klik, jenis iklan tautan atau iklan link selalu yang terbanyak. Namun jangan sembarangan, karena kalau salah dalam hal penempatan akan membuat BPK menjadi sangat kecil.

Untuk penempatan terbaik jenis iklan tautan sebaiknya dipasang di tengah atau akhir postingan, malah lebih disarankan dipasang di akhir postingan, yang tujuannya agar cache pengunjung merekam dulu semua teks yang ada didalam konten, jadi kalau dalam konten tersebut terdapat kata kunci yang tawaran BPK nya besar, diharapkan bisa muncul ketika pengunjung mengklik iklan tautan.

Kesimpulannya: Kalau kita menginginkan hasil atau pendapatan yang makismal dari Google Adsense maka kita diharuskan selalu melakukan eksperimen dan jangan selalu terpaku pada saran pengoptimalan dari Google, karena seperti yang saya jelaskan diawal, Google akan lebih menginginkan semua pengiklan mendapatkan klik yang seimbang. Nah kalau kita ingin mendapatkan yang terbaik, maka harus pandai-pandai dalam memilih ukuran, jenis unit dan penempatan iklan.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon