Minggu, Oktober 22, 2017

Panduan Cara Melaporkan Blog Copas Ke Google DMCA

Advertisement

Cara melaporkan Blog Copas (Copy Paste). Memang wajib diketahui oleh setiap pemilik situs dan pencipta konten asli, agar ketika menemukan ada konten atau artikel yang dicuri oleh seseorang dengan cara dicopy paste, segera membuat laporan ke Google DMCA. Dengan begitu diharapkan pelaku-pelaku pencurian konten akan jera dan sadar, kalau kegiatan seperti itu selain tidak ada artinya, juga bisa mempermalukan dirinya sendiri.

Memang tidak dipungkiri, dari waktu kewaktu kegiatan yang sangat dilarang oleh Google itu bukan berkurang, tapi malah semakin menjadi, dan hal tersebut setelah diamati terjadi karena beberapa alasan. Ada yang copy paste artikel karena memang tidak tau kalau kegiatan semacam itu dilarang, ada yang bertujuan asal punya konten untuk modal daftar Google Adsense, ada juga yang sengaja bertujuan untuk menjatuhkan refutasi blog/situs sikorban.

Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis artikel tentang panduan cara melaporkan blog copas ke google DMCA ini. Namun karena saya baru mendapatkan pengalaman berhasil dalam membuat laporan dan berhasil disetujui, maka saya baru bisa menuliskannya kedalam artikel ini.

Cara Melaporkan Blog Copas

Memang sudah banyak situs yang membahas tentang cara melaporkan blog copas ke Google DMCA, tapi setiap penulis akan menulis dari hasil pengalamannya sendiri, dan itu belum tentu work kalau diterapkan oleh orang lain.

Begitu juga yang saya tulis kali ini tentang panduan cara melaporkan blog copas berasal dari pengalaman pribadi, dan saya pikir tidak ada salahnya kalau saya juga berbagi informmasi tentang cara melaporkan pencurian konten ke Google DMCA kepada para pembaca.

Kenapa blog copas harus dilaporkan? karena akan berdampak sangat buruk terhadap kelangsungan dan refutasi blog kita untuk kedepannya. Seperti yang beberapa kali saya alami dan sudah saya tuangkan kedalam tulisan juga.

Baca: Dampak buruk akibat artikel blog di copy paste.

Cara melaporkan blog copas ke Google DMCA

Pertama-tama kita harus temukan blog mana saja yang telah mengcopy paste artikel kita. Caranya sangat mudah, tidak perlu pakai tools ini itu, cukup copy beberapa kalimat bisa di paragraf pertama, kedua atau seterusnya tulisan yang ada di artikel blog kita.

Lalu copy paste di kolom pencarian google, sebagai contoh "Cara reset kunci layar Xiaomi Mi3 yang terkunci karena lupa PIN Pola atau sandi - Setiap Smartphone Android sudah pasti dilengkapi dengan fitur keamanan layar" itu saya ambil dari salah satu artikel saya yang dicopas.

Maka mesin pencari akan menunjukan situs atau blog mana saja yang didalamnya ada artikel tersebut, seperti contoh ketika saya mengecek kata kunci di atas, maka muncul satu blog yang telah mengcopy paste artikel saya.

Cara menemukan blog copas

Nah selanjutnya silahkan anda catat dulu URL dan kalimat yang memang belum mereka edit, biasanya sepandai-pandainya tukang copas, dari namanya saja sudah jelas, orang tersebut tidak mau berusaha keras, alias mau yang mudah-mudah saja tanpa memikirkan orang lain dirugikan.

Sangat tidak mungkin mereka mau mngedit keseluruhan isi artikel, pasti ada beberapa kalimat yang mirip, nah itu catat, karena dengan cara itulah pengajuan keberatan kita akan diterima oleh Google DMCA.

Lalu silahkan catat di notepad dulu, dan silahkan cari lagi semua blog yang telah mengcopy paste artikel kita dengan menggunakan cara diatas, kalau dengan misalnya paragraf pertama tidak ketemu, coba dengan paragraf kedua ketiga dan seterusnya, pasti ada bagian yang terlewat edit oleh mereka. Apalagi kalau yang memang copas total, ini akan sangat mudah dalam melaporkannya ke Google DMCA.

Setelah semua blog copas dan juga barang buktinya yang berupa teks atau gambar asli kita catat, langkah selanjutnya adalah masuk ke Google DMCA, atau silahkan klik tautan dibawah ini:


Selanjutnya klik pada tulisan Buat pemberitahuan baru, dan formulir yang harus di isi diantaranya:
  • Nama depan: Isi dengan nama depan pemilik atau pencipta konten yang dicopas.
  • Nama Belakang: Isi dengan nama belakang pemilik atau pencipta konten yang dicopas.
  • Nama Perusahaan: Isi dengan Nama situs atau bisa juga menggunakan URL situs.
  • Pemegang hak cipta yang Anda wakili: Pilih Diri sendiri(Kalau itu memang artikel anda sendiri yang menulis). lalu centang pada Saya mengonfirmasi bahwa saya pemegang hak cipta konten yang dipermasalahkan, dan saya tidak mengeluarkan pemberitahuan ini atas nama pihak lain.
  • Alamat email: Isi dengan email dengan email dari pemilik atau pencipta konten yang dicopas.
  • Negara/Kawasan: Pilih negara dari pemilik atau pencipta konten yang dicopas.

Silahkan perhatikan gambar berikut.


Langkah selanjutnya di bagian KARYA BERHAK CIPTA ANDA, ada 3 kolom yang harus di isi, yang diantaranya:
  1. Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta: Jelaskan keterangan singkat yang ditulis dalam bahasa inggris. Sebagai contoh: Artikel saya yang berjudul: "Cara melaporkan blog copas ke Google DMCA telah dilanggar oleh pemiliki situs tersebut dengan cara di copy paste dari mulai teks: "Tulis teks yang sama yang ada di blog anda dan di blog copas tersebut".
  2. Di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut?: Isi dengan URL asli dari artikel anda yang telah di copas, sebagai contoh: "http://www.flyin-dvb.com/2017/10/panduan-cara-melaporkan-blog-copas-ke-google-DMCA.html" tanpa tanda kutip.
  3. Lokasi materi yang melanggar: Isi dengan URL asli dari artikel yang yang ada di blog copas tersebut, contoh: "hxxp://eee.bangsat.coy/2017/10-cara-melaporkan-blog-copas-ke-google-dmca.html" tanpa tanda kutip.

Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar berikut:

Pengisian-formulir-karya-berhak-cipta

Nah sampai disitu kalau anda ingin melaporkan banyak blog yang mengcopas artikel tersebut, maka klik pada tulisan Tambahkan group baru. Selanjutnya silahkan isi lagi formulir KARYA BERHAK CIPTA ANDA sesuai dengan contoh di atas.
  1. Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta: isi dengan keterangan di blog copas kedua.
  2. Di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut?: Isi dengan URL asli dari artikel anda yang dicopas.
  3. Lokasi materi yang melanggar: Isi dengan URL blog kedua yang telah mengcopy paste artikel anda.

Maksimal dalam menambahkan group adalah 10 group. setelah selesai mengisi ke 10 group, lanjutkan ke Pernyataan Tersumpah. Ada 3 pernyataan yang harus di komfirmasi, silahkan centang semuanya.

Lalu lanjut ke TANDA TANGAN. Ada 2 kolom yang harus di isi diantaranya:
  1. Ditandatangani pada tanggal: Isi dengan format BULAN/TGL/TAHUN, Contoh: 10/20/2017.
  2. Tanda tangan: Isi dengan nama depan dan nama belakang sesuai dengan yang anda masukan di formulir awal, sebagai contoh: Flyin DVB.

Selanjutnya centang pada CAPTCHA, kalau muncul CAPTCHA yang harus di sesuaikan silahkan pilih yang sesuai, dan langkah terakhir adalah KIRIM.

Pernyataan tersumpah dalam melaporkan blog copas ke google dmca

Setelah pelaporan yang berbentuk 10 group pertama terkirim, silahkan buat pemberitahuan baru dan ulangi langkah-langkahnya seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Waktu menunggu keputusan Google DMCA adalah 3-5 hari, dan diwajibkan anda untuk terus mengecek, karena tidak semua laporan masuk lewat email.

Berikut ini salah satu contoh pelaporan saya yang sudah diterima.

Artikel copas yang dihapus oleh google dari mesin telusur

Itulah cara melaporkan blog copas ke Google DMCA, baik yang copas dalam skala besar, maupun yang copas dalam skala kecil, juga bisa juga dijadikan bahan untuk melaporkan blog re-write yang isi artikelnya masih banyak mengandung teks asli dari konten kita.

Mari berantas blog copas yang sudah sangat merugikan, buktikan kepada mereka kalau kita jauh lebih berbahaya dari mereka.

1 komentar so far

kebetulan sekali mas , artikel saya juga kena copas oleh blog jail , dan sekrang saya mau ajukan ke dmca , semoga cepet terselesaikan masalah saya ini mas . doakan ya mas

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon