Senin, Oktober 23, 2017

Cara membuat trafo OT menjadi trafo CT

Advertisement

Masih seputar teknik dasar elektro, kalau pada artikel sebelumnya saya menulis tentang cara menggabungkan dua buah trafo OT menjadi CT, nah kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat tegangan DC simetris CT dari jenis trafo OT, yang tujuan dari dibuatnya artikel ini adalah supaya para generasi penerus yang penghobi teknik elektro bisa lebih mengenal dan memahami tentang cara kerja sebuah trafo atau transformator.

Kalau sudah kenal dan paham dengan cara kerja dari komponen elektronik yang bernama trafo, siapa tau suatu saat nanti anda sampai berpikir untuk membuat sendiri sebuah trafo, atau paling tidak ketika menemukan sebuah trafo rusak, daripada membeli baru mending memperbaikinya saja.

Artikel terkait: Cara menggabungkan 2 buah trafo OT menjadi CT.

Cara membuat trafo OT menjadi trafo CT

Untuk membuat tegangan DC simetris CT dari sebuah trafo OT tentu diperlukan jenis trafo yang tegangan keluarnya memiliki titik tengah dalam hitungan volt, contohnya kalau anda hendak membuat tegangan DC simetris 15 volt - CT dan 15 volt + maka trafo yang dibutuhkan harus memiliki titik keluaran 0 volt, 15 volt, dan 30 volt.

Yang akan dijadikan titik CT nya adalah titik 15 volt, titik 0 volt dan titik 30 volt yang akan dijadikan titik keluaran 15 volt - dan 15 volt +. Atau agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar berikut ini.

Cara membuat trafo OT menjadi trafo CT

Gambar diatas menunjukan sebuah trafo yang memiliki titik keluaran 0 volt, 6 volt, 9 volt, 12 volt, 15 volt 18 volt, 21 volt dan 24 volt yang dijadikan trafo CT dengan hasil akhir yang didapatkan adalah 12 volt - CT dan 12 volt + .

Silahkan anda perhatikan baik-baik gambar diatas, dan sebagai percobaan pemahaman saya akan memberikan pertanyaan kepada pembaca, kalau anda mau membuat tegangan 9 volt - CT dan 9 volt + maka anda harus mengambil titik mana saja? Silahkan jawab pada halaman komentar artikel ini.

Mungkin itu saja pembahasan ringan kali ini mengenai cara membuat atau merubah trafo OT menjadi trafo CT. Dan jangan lupa ikuti terus update-update terbaru pembahasan seputar teknik dasar elektro di blog ini. Semoga bermanfaat.

2 komentar

Utk 9 volt- CT 9 volt+ kita bisa menggunakan 0 9 18 volt..mohon koreksi nya om.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon