Rabu, September 06, 2017

Panduan cara memasang gacun untuk berbagai regulator perangkat elektronik digital

Advertisement

Saya yakin kalau semua teknisi elektronik sudah sangat mengenal alat yang disebut gacun, dimana alat berukuran super kecil ini punya kemampuan yang sangat luar biasa dalam membantu para teknisi dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Power Suplay (Regulator), namun tidak sedikit teknisi yang masih ragu apabila hendak menggunakan gacun, entah itu dengan alasan takut salah, ada juga yang bilang kalau pakai gacun tegangan yang dihasilkan jadi kacau. Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan panduan lengkap cara memasang gacun untuk berbagai regulator perangkat elektronik digital.

Beberapa waktu kebelakang ada seorang sahabat pembaca setia tulisan-tulisan di blog ini mengirim email kepada saya, beliau mempertanyakan, apakah gacun bisa digunakan untuk semua regulator perangkat elektronik digital? Jawaban saya sangatlah bisa, dari perangkat elektronik paling kecil seperti receiver digital, VCD, DVD, sampai televisi LCD dan LED yang berukuran besar. Namun tentu saja dalam hal memilih ukuran gacun sampai cara pemasangannya, harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perangkat yang akan diganti power regulatornya dengan gacun.

Sebelum memutuskan untuk mengganti power suplay regulator dengan gacun, sebaiknya pastikan dulu, apakah kerusakan power suplay regulator tersebut sudah benar-benar parah, atau ada komponen rusak yang memang susah mencari suku cadangnya. Kalau memang iya, alternatif menggantinya dengan gacun adalah pilihan yang tepat.

Saya sering melakukan penggantian power suplay regulator dengan gacun terhadap televisi-televisi jenis LCD dan LED, karena kebanyakan yang rusak adalah IC driver regulator yang memang bukan hal yang mudah dalam mencari suku cadangnya. Apalagi kalau fisik dari komponen sudah dalam keadaan cacat, seperti pecah atau terbakar.

Berikut cara memasang gacun untuk berbagai regulator perangkat elektronik digital


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari titik positif dan titik negatif dari rangkaian power suplay regulator yang akan diganti dengan gacun. Kalau sudah ketemu, silahkan buang dulu komponen power utamannya, bisa berupa STR, FET, Transistor, IGBT atau bisa juga power regulator berupa IC.

Nah setelah anda membuang komponen power utamanya, maka langkah selanjutnya adalah menentukan titik Kolektor jalur PCB dari komponen yang sudah anda buang tadi. Tentu untuk power suplay regulator yang menggunakan Transistor, FET, IGBT, bukanlah hal yang sulit dalam menemukan titik kolektornya, tapi beda halnya dengan power suplay regulator yang menggunakan STR dan IC, harus lebih teliti lagi agar tidak sampai salah dalam menentukan titik kolektornya.

Silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Panduan cara memasang gacun untuk berbagai regulator perangkat elektronik digital

Gambar diatas merupakan contoh cara menentukan titik-titik yang seharusnya kemana kabel dari gacun terpasang. Nah pada gambar diatas juga sengaja saya kasih garis-garis khusus agar anda yang belum begitu paham tentang cara pemasangan gacun, bisa lebih mudah memahaminya.

Pertama temukan dulu titik jalur positif dari mulai kapasitor ELKO utama regulatornya, lalu telusuri kemana jalur tersebut masuknya, lalu temukan titik keluarnya, hal ini sangat penting dilakukan untuk power suplay regulator yang menggunakan STR dan IC.

Setelah ketemu titik akhir dari transformator jalur positif yang nantinya akan dihubungkan dengan kabel berwarna merah dari gacun, sekarang telusuri jalur negatifnya. Agar lebih mudah biasakan ketika menelusuri jalus positif dan negatif, dimulai dari ELKO utamanya, jalur negatif tersebut nantinya akan disambungkan dengan kabel berwarna hitam dari gacun.

Sebenarnyaa sampai disini juga bisa kita anggap pemasangan gacun sudah siap dilakukan, untuk kabel berwarna biru bisa diabaikan dan saya yakinkan tidak akan terjadi masalah apapun, namun kalau anda tetap mau memasangnya, silahkan cari titik emitor dari optocoupler, seperti yang saya tunjukan pada gambar diatas. Untuk titik kolektornya bisa anda hubungkan langsung ke titik negatif atau ground dari rangkaian regulator tersebut.

Langkah selanjutnya sebelum pemasangan gacun, pastikan trimpot pengatur besar kecilnya amplifier regulator dalam posisi min atau posisi paling kecil, biasanya dari pabrik nya trimpot gacun sudah diset di posisi terkecil, jangan dulu dirubah-rubah.

Lalu dibagian output regulator agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, pasang dulu dioda zener dengan watt besar dan ukuran voltnya sesaikan dengan besaran voltase dari titik outpput tersebut.

Misalnya untuk televisi yang tabung, akan terdapat titik output 110-135volt, bisa anda pasang dioda R2M  untuk menghindari tegangan melonjak. Untuk output-output yang lain juga sebaiknya dipasang dulu pembatas yaitu dioda zener, makanya seorang teknisi wajib menyediakan komponen-komponen penting seperti dioda zener yang watt nya besar.

Apalagi untuk penggantian power suplay regulator perangkat elektronik seperti TV LCD, TV LED, receiver digital, VCD, DVD dan peralatan elektronik lainnya yang sensitif terhadap tegangan lebih, sangat dianjurkan sekali untuk memasang pembatas tegangan sebelum memutuskan memasang gacun.

Karena kelebihan arus atau tegangan beberapa mili volt saja bisa berakibat fatal untuk komponen-komponen penting seperti IC Control (Program), IC memori, dan komponen peka tegangan lainnya.

Setelah semua langkah selesai dilakukan, baru ketaham pemasangan gacun tersebut, dan tentu kebanyakan ketika pemasangan gacun selesai dilakukan, hasil keluaran dari output regulator biasanya kecil, dan diperlukan langkah selanjutnya yaitu menyesuaikan tegangan dengan cara memutar trimpot yang terdapat pada gacun.

Dalam memutar trimpot regulator pastikan perangkat dalam keadaan hidup, tempelkan alat ukur yang yakin masih bagus dan akurat pada titik output, lalu putar pelan-pelan sampai hasil tegangan yang didapat benar-benar sesuai dengan aslinya.

Namun anda jangan heran, kalau menggunakan gacun, ketika perangkat elektronik tersebut dalam keadaan standby, maka tegangan akan sedikit lebih besar dari aslinya, tapi dengan cara yang saya sarankan diatas yaitu memasang pembatas tegangan, hal yang tidak di inginkan akan teratasi, dan tentunya benar-benar aman.

Tips lainnya:

Dalam memilih gacun yang akan digunakan untuk mengganti power sulay regulator, pastikan menggunakan gacun yang bagus, dan pastikan ukurannya benar-benar sesuai, jangan sampai memasang gacun berdaya 5 Ampere untuk perangkat elektronik yang membutuhkan daya sampai 7 Ampere misalnya.

Juga dalam hal komponen yang digunkan pada gacun, sebaiknya diteliti terlebih dahulu seperti elko, resistor, ic dan FET nya, kalau dirasa meragukan sebaiknya ganti saja komponen-komponen yang saya sebutkan dengan komponen yang kualitasnya lebih bagus.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai panduan cara memasang gacun untuk berbagai regulator perangkat elektronik digital. Kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga apapun yang tulis, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon