Selasa, September 05, 2017

Cara yang benar menghapus atau uninstall aplikasi di android

Tags
Advertisement

Cara yang benar menghapus atau uninstall aplikasi di android - Terkadang entah karena sudah tidak diperlukan atau terlalu banyak menguras ruang memori atau bisa saja karena terinfeksi virus, kita terpaksa atau memang harus menghapus satu atau beberapa aplikasi yang terinstal di android, atau dengan kata lain menguninstallnya.

Namun karena minimnya pengetahuan tentang sistem operasi dari aplikasi android, terkadang banyak sekali pengguna android yang salah langkah dalam menghapus aplikasi tersebut, sehingga yang terjadi adalah aplikasi tersebut tetap berjalan tanpa sepengetahuan si pemilik android tersebut.

Sering saya mendapat pertanyaan, mas kenapa android saya kok lemot banget, saya jawab mungkin terlalu banyak aplikasi yang terinstall, sehingga ruang RAM menjadi penuh, itu bisa menghambat kinerja android, sebaiknya aplikasi yang tidak diperlukan dihapus saja, tapi jawaban dari si pemilik android tersebut, sudah saya hapus mas, tapi tetap lemot.

Setelah saya amati ternyata yang dia lakukan hanya menghapusnya dari tampilan layar saja, sementara sistem operasinya tetap berjalan. Nah oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tips, cara yang benar menghapus atau menguninstall aplikasi di android.

Cara yang benar menghapus atau uninstall aplikasi di android

Pada dasarnya sistem kerja aplikasi di android tidak ada beda dengan sistem kerja aplikasi atau software di komputer, ketika aplikasi tersebut telah digunakan, maka akan menimbulkan terbentuknya file temporary atau file sementara atau cache, yang tujuan dari file cache tersebut agar ketika aplikasi itu dibuka kembali tidak melalui proses loading yang terlalu lama.

Nah apabila kita hendak menghapusnya, tentu harus dihapus semuanya, beserta file temporarynya juga, agar ruang memory di android benar-benar terlepas dari pengarus aplikasi yang kita hapus tersebut.

Untuk menghapus aplikasi di android bisa menggunakan 2 (dua) cara, bisa dengan aplikasi pihak ketiga, seperti contohnya clean master, atau bisa juga menggunakan fitur penghapus aplikasi bawaan android itu sendiri.

Nah saran saya sebaiknya gunakan saja fitur bawaan android itu sendiri, karena tidak kalah bagus dibanding dengan aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Namun tentu saja dalam menggunakan fitur penghapus bawaan android, tidak sesimple aplikasi pihak ketiga, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar penghapusan benar-benar sempurna.

Berikut cara menghapus atau menguninstall aplikasi di android dengan fitur bawaan android.

Pertama-tama pastikan sobat ingat nama aplikasi yang mau sobat hapus, lalu masuk ke setelan android (settings) dan cari menu aplikasi, perhatikan gambar dibawah ini.

Cara masuk ke setelan android

Selanjutnya akan muncul fitur-fitur menu bawaan android, lalu sobat gulir kebawah cari Aplikasi lalu klik.

Memilih fitur aplikasi android

Pada gambar diatas ditunjukan ada 124 aplikasi yang terpasang di android saya, mungkin beda sistem android akan bedaa juga keterangannya.

Selanjutnya silahkan cari nama aplikasi yang mau sobat hapus dari perangkat android sobat. Sebagai contoh saya mau menghapus aplikasi sampah seperti ucweb browser. Silahkan perhatikan gambar berikut.

Memilih nama aplikasi yang mau dihapus dari android

Nah sobat klik tepat pada nama aplikasi yang mau dihapus, maka sobat akan dibawa ke fitur penghapus aplikasi bawaan android.

Masuk ke ruang penyimpanan data dan cache aplikasi

Nah sampai disitu sobat jangan dulu mengklik hapus atau copot pemasangan aplikasi, tapi klik dulu penyimpanan. (Untuk android 5.1 kebawah, fitur tersebut sudah langsung muncul menu penghapusan cache tanpa harus mengklik penyimpanan dulu).

Menghapus data dan cache

Selanjutnya klik hapus data, ini tujuannya untuk menghapus cache atau file temporary yang ada di sistem android sobat, kalau sobat langsung mencopotnya tanpa menghapus data dulu, maka file temporary akan tetap nempel, dan tentu diperlukan tindakan khusus untuk menghapusnya.

Mencopot atau uninstall aplikasi android

Dan langkah terakhir adalah mengklik Copot pemasangan aplikasi tersebut, maka dengan mengikuti semua langkah yang saya terangkan diatas, penghapusan aplikasi dari perangkat android sobat akan benar-benar bersih tanpa menyisakan file sampah yang akan mengganggu kinerja android sobat.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara yang benar dalam menghapus atau menguninstll aplikasi di android. Kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga bermanfaat.

7 komentar

Kenapa tidak pernah terfikirkan olah saya ya post sebagus ini? Terimakasih gan... Salam sadulur lanang

Mantap,, memang terkadang tidak semua orang tau cara menghapus aplikasi yang benar,, thank kang bermanfaat :)

Gan saya make aplikasi flyin tunnel buatan agan, work tapi kok makan data ya. Apa emg gitu?

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang cara yang benar menghapus aplikasi android, juga terima kasih atas komentarnya yang menjadi penambah moivasi bagi saya dalam membuat konten-konten yang inshaa alloh bermanfaat

Kalau setingannya sudah benar, inshaa alloh tidak akan malak kuota flash reguler

Wah suhu terima kasih sudah beerkunjung dan berkomentar yang memberi suport,sukses selalu ya

Bukan kuotanya gan, tapi aplikasi flyin in nya. Misalnya gini pemakaian hari ini
Flyin in pakai data 35mb, YouTube YouTube 20 Mb, Instagram 10 mb, opera mini mini 8 mb.
Nah itu di HP saya kan bisa ada rekaman pemakaian datanya gan. Jadi flyin in juga ambil data banyak

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon