Selasa, September 12, 2017

Cara Mudah Tracking Atau Pointing Satelite Telkom 3S

Advertisement

Cara mudah tracking atau pointing satelite Telkom 3S - Beberapa waktu kebelakang satelite Telkom 1 tiba-tiba hilang sinyal, sehingga beberapa siaran favorit seperti Trans TV, Trans7, ANTV, Net TV dan lain-lain, tidak bisa diterima oleh semua satelite parabola digital, baik di indonesia dan juga di seluruh negara yang biasa menerima pancaran sinyal satelite Telkom 1 tersebut.

Informasi yang beredar menyatakan kalau satelite Telkom 1 mengalami kerusakan parah, bahkan bisa dibilang kerusakan total dan tidak bisa mengudara lagi. Dan sekarang hampir semua Transponder yang awalnya berada di telkom 1 transisi ke satelite Telkom 3S, kecuali Net TV, untuk saat ini masih berada di satelite Palapa sejak rusaknya satelite Telkom 1, namun sangat besar kemungkinan akan pindah juga ke satelite Telkom 3S.

Hal tersebut tentunya menjadi angin segar untuk para teknisi parabola, karena sudah pasti akan kebanjiran job, Iya kalau buat teknisi yang sudah ahli dalam hal tracking atau pointing satelite, namun bagi teknisi yang masih tahap belajar, tentu perlu belajar lebih teliti lagi, agar tidak sampai kehabisan job setiap kali ada perubahan seputar satelite dan transponder.

Nah oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara mudah tracking atau pointing satelite Telkom 3S, khususnya buat para teknisi pemula yang masih kebingungan dalam mencari posisi atau keberadaan satelite Telkom 3S tersebut.

Cara Mudah Tracking Atau Pointing Satelite Telkom 3S

Posisi satelite Telkom 3S

Posisi atau keberadaan satelite Telkom 3S adalah 118 derajat bujur timur atau 5 derajat sebelah timur dari satelite palapa. Setelah kita tau keberadaan dari satelite Telkom 3S ini, sekarang kita lanjut ke cara tracking atau pointing nya.

Cara mudah tracking atau pointing satelite Telkom 3S

Setiap antena parabola yang menangkap 2 satelite yaitu palapa dan telkom 1, tentu posisi LNB palapa berada di sebelah barat, dan Telkom 1 berada di sebelah timur, karena posisi satelite palapa 113 derajat bujur timur, sedangkan satelite Telkom 1 berada di 108.2 bujur timur, atau selisih 5,2 derajat saja.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh gambar dibawah ini.

Cara Mudah Tracking Atau Pointing Satelite Telkom 3S

Gambar di atas menunjukan posisi LNB ketika menerima sinyal satelite dari Palapa dan Telkom 1.

Karena keberadaan satelite Telkom 3S, berada di sebelah timur satelite palapa, jadi cara tracking yang paling mudah adalah dengan cara memutar tongkat LNB dengan memposisikan LNB yang tadinya diperuntukan menangkap sinyal satelite Telkom 1 di sebelah timur, menjadi di sebelah barat untuk menangkap sinyal satelite Telkom 3S.

Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar dibawah ini

Cara Mudah Tracking Atau Pointing Satelite Telkom 3S

Dengan trik atau cara yang saya jelaskan diatas, maka sobat sudah tidak perlu lagi melalukan pointing atau mengerakan posisi dish parabola, karena perbedaan derajat antara satelite palapa dan satelite Telkom 3S hanya selisih 0,2 derajat saja, yang tadinya palapa 113 derajat dan Telkom 1 108.2, sekarang menjadi palapa 113 derajat dan Telkom 3S 118 derajat. Yang sobat lakukan cukup memutar tongkat penyangga LNB saja.

Adapun Frekuensi Transponder di satelite Telkom 3S sobat bisa lihat update terbarunya di https://www.lyngsat.com/Telkom-3S.html.

Nah mudah bukan? Itulah cara mudah tracking atau pointing satelite Telkom 3S sebagai pengganti satelite Telkom 1 yang mengalami kerusakan totoal dan tidak bisa mengudara lagi. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon