Minggu, September 10, 2017

Cara menyembunyikan dan menampilkan saran kata di keyboard Android

Tags
Advertisement

Cara menyembunyikan dan menampilkan saran kata di keyboard Android - Secara default ketika perangkat android pertama kali dijalankan atau di operasikan, untuk setelan keyboard akan menampilkan saran kata, yang dimana tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengetik teks, pengguna cukup mengetik satu atau dua huruf saja, maka sistem android bisa memunculkan kata atau kalimat selanjutnya berdasarkan teks awal yang kita tulis.

Namun hal tersebut terkadang malah menyulitkan pengguna android itu sendiri, sehingga sering ada kejadian, seseorang menerima pesan, baik itu pesan teks (SMS) atau pesan mesenger, facebook dan lain-lain, kata-kata yang diterima dari pengirim pesan teks tersebut terkesan tidak jelas. Seperti contoh seseorang mau mengetik "Kamu mau kemana?" Tapi karena saran kata menampilkan kalimat yang salah, maka pesan yang terkirim menjadi "Kamu maju kemarau".

Sipenulis kebanyakan tidak sadar dengan apa yang mereka kirim, dan baru menyadarinya setelah sipenerima pesan mempertanyakan tentang kalimat apa yang dia kirim. Dan setelah diteiliti ternyata kalimat yang dikirim adalah ulah dari saran kata bawaan android itu sendiri yang belum menyimpan cache, berebeda dengan sara kata yang sudah menyimpan cache, justru akan sangat membantu para pengguna android dalam mempersingkat waktu ketika mengetik pesan.

Oleh karena itu, saran kata bawaan android kalau menurut saya, bisa membantu bagi mereka yang sudah mahir dalam menjalankan android, bisa menggangu bagi mereka yang tergolong awam dalam menggunakan android. Nah oleh sebab itu pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang cara menyembunyikan dan menampilkan Saran kata di keyboard Android.

Berikut cara menyembunyikan dan menampilkan saran kata di keybord Android


Ketika kita mau mengetik pesan, misalnya pesan SMS, maka ketika kita menulis akan muncul beberapa sarankan seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

Cara menyembunyikan dan menampilkan saran kata di keyboard Android

Nah untuk menyembunyikan saran kata tersebut, anda ikuti langkah yang ditunjukan oleh gambar diatas, yaitu menekan lama pada tombol keyboard yang ditunjuk oleh gambar panah nomer 1, lalu klik tombol setelan yang ditunjuk oleh gambar panah nomer 2.

Maka akan muncul menu pengaturan awal keyboard android, selanjutnya klik pada Pengaturan, seperti yang ditunjukan oleh gambar dibawah ini.

Pengaturan Keyboard Android

Lalu langkah selanjutnya atau langkah ke 4, silahkan klik pada tulisan Tampilkan Saran Kata, seperti yang ditunjukan oleh gambar dibawah ini.

Menu untuk menampilkan dan menyembunyikan saran kata di keyboar android

Maka akan muncul 3 pilihan, yaitu:

  1. Selalu tampilkan
  2. Tampilkan dalam mode potret
  3. Selalu sembunyikan

Pilihan menu saran kata

Nah untuk menyembunyikan saran kata, anda tinggal memilih pilihan nomer 3 yaitu selalu sembunyikan, dan kalau anda suatu saat mau menampilkannya lagi, silahkan ulangi dari langkah 1 dan langkah terakhir adalah memilih nomer 1, yaitu selalu tampilkan.

Mudah bukan? Itulah cara menyembunyikan dan menampilkan saran kata di keyboar android yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

3 komentar

Emmm info yang sangat beeguna bagi yang pakai hp asus mas. Saya sendiri sering bingung tu dengan kata yang disarankan.

Betul mas, apalagi kalau lagi smsan sama mantan, kita harus buru, takut ketahuan istri, nah gara-gara saran kata ini terkadang salah nulis lalu terkirim

Masih mending juga, bayangkan gara gara buru buru nyasar pula ke istri wkwkwwkkwwwkwk

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon