Rabu, September 13, 2017

Cara mengatasi problem suara TV LG yang disebabkan oleh kerusakan IC LV 1116 tanpa perlu menggantinya

Advertisement

Cara mengatasi problem suara TV LG yang disebabkan oleh kerusakan IC LV 1116 tanpa perlu menggantinya - Semua teknisi yang pernah menangani kerusakan TV LG pasti punya pengalaman menemukan kerusakan bagian suara yang terkadang ngorok, terkadang membesar sendiri disertai macetnya tombol menu dan juga remot kontrol.

Hal tersebut disebabkan oleh rusaknya sistem kontrol audio digital yang ada pada IC LV 1116, dan dengan menggantinya menggunakan IC baru masalah selesai. Tapi pada artikel kali ini saya ingin berbagi tips yang berdasarkan pengalam pribadi, yaitu cara mengatasi problem suara (audio) di TV LG yang disebabkan oleh rusaknya IC LV 1116 tanpa perlu menggant IC tersebut.

Cara mengatasi problem suara TV LG yang disebabkan oleh kerusakan IC LV 1116 tanpa perlu menggantinya

Sebenarnya saya pernah membahas tentang tips ini, yaitu dalam artikel saya sebelumnya yang saya beri judul: Kerusakan umum TV LG. Nah berhubung masih banyak teman teknisi yang belum mengerti, dan kebetulan belum lama ini saya menemukan lagi kerusakan yang sama, dan saya sempat mengambil foto dari rangkaian IC LV 1116 tersebut maka saya bisa menunjukan langsung bagian mana yang harus di rubah.

Berikut cara mengatasi problem suara TV LG yang disebabkan oleh kerusakan IC LV 1116 tanpa perlu menggantinya


IC LV 1116 merupakan IC kontrol audio digital yang karena sistemnya sudah digital maka hasil audio yang dihasilkan menjadi benar-benar jernih hampir tidak ada nois dan dengung. Namun kelemahan dari IC LV 1116 ini adalah mudah error apabila terjadi perubahan tegangan input secara terus menerus.

Karena pada TV LG, IC LV 1116 ini diberi tegangan 8 volt dari IC Regulator 78R08, bahkan ada beberapa type TV LG yang berani memberikan tegangan sampai 9 volt. Sementara menurut pengamatan saya, untuk IC regulator 78Rxx sangat mudah berubah tegangan output apabila terjadi panas yang berlebihan, nah hal inilah yang menyebabkan mudah rusaknya IC LV 1116 tersebut.

Apabilan IC LV 1116 keseringan diberi tegangan lebih dari 8 volt, maka timbul masalah berupa suara ngorok, membesar sendiri, mengecil sendiri, dan pasti disertai dengan macetnya tombol menu dan juga remot kontrol, karena keterkaitan SCL SDA dari semua IC menjadi terganggu.

Nah kalau sobat menemukan gejala seperti yang saya terangkan diatas, jangan terburu-buru menggantinya, tapi coba dulu trik yang sering saya gunakan.

Silahkan perhatikan gambar berikut.

Cara mengatasi problem suara TV LG yang disebabkan oleh kerusakan IC LV 1116 tanpa perlu menggantinya

Putus atau lepas jumper yang mengalirkan arus tegangan 8-9 volt untuk IC LV 1116, lalu ganti dengan tegangan 5 volt, bisa sobat ambil dari IC 7805, atau kalau tidak ada IC 7805, sobat bisa membuatnya sendiri tegangan 5 volt dengan menggunakan IC 7805 dengan mengambil input tegangan dari output IC 78R08 atau 78R09.

Saya berani menjamin kalau masalah tersebut bisa di atasi tanpa harus mengganti IC nya, karena beberapa kali saya menemukan kerusakan yang sama, cukup saya atasi dengan cara diatas, dan belum ada kasus kerusakan kambuh lagi.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi problem suara TV LG yang disebabkan oleh kerusakan IC LV 1116 tanpa perlu menggantinya. Kalau ada hal yang kurang dimengerti silahkan tanyakan lewat kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon