Rabu, September 20, 2017

Cara membuat pembangkit tegangan DC sederhana dengan jeruk lemon

Cara membuat pembangkit tegangan DC sederhana dengan jeruk lemon - Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi umat manusia, apalagi di zaman teknologi sekarang ini, hampir semua perabotan rumah tangga memerlukan sumber daya listrik agar bisa digunakan. Iya kalau anda sedang berada di rumah, lalu bagaimana kalau misalnya anda berpergian ke hutan atau ke daerah belum terjangkau pembangkit tenaga listrik terus handphone anda kehabisan baterai? tentu akan kebingungan.

Tapi kalau anda tau tentang ilmu teknologi, tentu anda tidak akaan bingung berkepanjangan, karena disekitar kita, disekitar rumah atau lingkungan kita, banyak sekali sumber daya alam yang bisa dijadikan arus listrik, seperti salah satunya yaitu buah jeruk lemon atau jeruk nipis yang hampir tubuh dan berbuah di semua tempat, karena selain memiliki khasiat untuk mengobati penyakit batuk, juga zat asamnya yang sangat tinggi bisa di rubaha menjadi energi listrik.

Cara membuat pembangkit tegangan DC sederhana dengan jeruk lemon

Saya tidak akan membahas banyak mengenai kandungan zat apa saja yang terdapat pada jeruk lemon sehinggan bisa dijadikan pembangkit tenaga listrik, karena saya yakin anak SD pun sudah tau. Tapi kemungkinan banyak yang belum tau bagaimana cara menjadikan jeruk lemon tersebut agar bisa dijadikan arus listrik nyata dan bisa digunakan.

Karena kandungan zat asam yang terdapat dalam buah jeruk lemon memiliki keterbatasan, dan sifatnya tidak permanen dan tidak bisa di isi ulang seperti baterai litium dan lain sebagainya. Maka anda jangan berpikir untuk menggunakan jeruk lemon sebagai pembangkit tenaga lisrik dalam sekala besar dan jangka panjang.

Maksud dari pembahasan ini tiada lain adalah menggunakan sumber daya alam yang berupa jeruk lemon sebagai pertolongan saja ketika kita sedang benar-benar membutuhkannya. Makanya tidak ada salahnya kalau kita mau berpergian kehutan ataua ke tempat-tempat yang tidak ada jaringan PLN, bawalah 10-20 biji jeruk lemon beserta bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk jaga-jaga apabila baterai smartphone dan power bank anda habis.

Cara membuat pembangkit tegangan DC sederhana dengan jeruk lemon


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menjadikan buah jeruk lemon menjadi sumber daya listrik searah (DC) adalah sebagai berikut:

  • Buah jeruk lemon
  • Kawat tembaga
  • Timah atau bahan stainless
  • Kabel bekas carger hp
  • Alat ukur (Volt meter)

Untuk memastikan jumlah voltase yang ingin dihasilkan, tentu anda harus mengetahui dulu berapa volt tegangan DC yang dihasilkan dari 1 buah jeruk lemon. Kalau misalnya dari 1 buah jeruk lemon bisa menghasilkan tegangan 0,25 volt, maka untuk menghasilkan tegangan DC 5 Volt yang cukup untuk digunakan mengisi daya baterai hp, dibutuhkan sebanyak 20 biji jeruk lemon.

Cara mengukurnya bagaimana? Karena kandungan zat asam di dalam buah jeruk belum membentuk arus searah atau arus DC, maka dibutuhkan 2 jenis logam yang bisa menghantarkan arus positif dan arus negatif. Dalam hal ini adalah tembaga dan timah atau stainless, tembaga akan kita gunakan untu menghantarkan muatan positif, sementara timah atau stainless yang memilik sifat semi kunduktor, akan kita gunakan untuk menghantarkan muatan negatif.

Silahkan tancapkan kawat tembaga dan kawat timah di 2 bagian buah jeruk lemon (kanan dan kiri), lalu gunakan alat ukur untuk mengukur berapa volt daya yang dihasilkan oleh 1 buah jeruk lemon, cara mengukurnya, kawat tembaga yang sudah tertanam kedalam buah jeruk tempelkan ke alat ukur positif, dan kawat timah tempelkan ke alat ukur negatif.

Kalau sudah diketahui berapa voltnya, silahkan jumlahkan berapa biji jeruk lemon agar cukup untuk menghasilkan arus yang dibutuhkan.

Cara merangkainya seperti contoh gambar dibawah ini.

Cara merangkai buah jeruk lemon untuk dijadikan arus DC

Agar beberapa buah jeruk lemon bisa menghasilkan muatan listrik yang cukup besar, anda harus menghubungkan buah jeruk yang satu dengan lainnya secara seri, dengan bantuan kawat tembaga dan kawat timah yang disambung seperti gambar diatas.

Dan kedua ujungnya bisaa anda sambungkan ke kabel bekas carger hp yang dipotong dan tentunya harus masih bagus, agar bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone anda.

Nah mudah bukan? saya yakin siapapun anda walaupun bukan seorang yang paham tentang ilmu elektro, pasti bisa melakukannya.

Saya rasa cukup sekian pembahasan tentang cara membuat pembangkit tegangan DC sederhana dengan jeruk lemon ini, semoga bisa menambah wawasan kita semua dalam hal ilmu energi listrik.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon