Kamis, September 14, 2017

Cara convert video dengan VLC

Advertisement

Cara convert video dengan VLC - Untuk sebagian orang yang hobi menonton video, terkadang tidak puas dengan hanya menonton satu kali dan dengan satu perangkat saja, misalnya di komputer atau di perangkat smartphone sudah menontonnya, lalu mendownloadnya dengan niat mau membuka video tersebut di televisi, karena televisi sekarang kebanyakan sudah di fasilitasi dengan port USB pemutar media player.

Namun masalah yang sering terjadi adalah tidak mendukungnya perangkat tersebut untuk memutar video format-format tertentu, tentu hal tersebut akan jadi masalah besar. Tapi anda tidak usah khawatir, karena ada sebuah perangkat lunak gratis yaitu Videolan VLC Player yang mampu merubah atau mengkonversi file media anda, dari format satu ke format yang lainnya dengan mudah.

Cara convert video dengan VLC

Berikut cara menggunakan VLC media Player untuk mengkonversi video


1. Download VLC Media Player

Buka browser anda, lalu kunjungi situs web VLC, lalu klik "download", maka secara otomatis, akan mengarahkan anda untuk mendownload VLC yang sesuai dengan OS yang anda gunakan di komputer anda.

2. Instal VLC media Player

Setelah selesai mendownloadnya, silahkan instal sampai selesai lalu jalankan, dan kalau muncul permintaan untuk merubah setelan default pemutar video di komputer anda, maka pilih YA atau izinkan.

3. Buka atau jalankan VLC media Player

Setelah selesai menginstallnya, silahkan buka VLC media player, lalu klik media dan pilih Konveri / Simpan, atau bisa menggunakan keyboard komputer anda dengan cara menekan Ctrl + R.

Menjalankan VLC media Player

4. Tambahkan file video yang mau di convert

Setelah terbuka tab baru, silahkan klik Tambah dan cari folder tempat menyimpan file media atau video yang akan anda convert.

Menambahkan video

Setelah file media atau video berhasil anda tambahkan, langkah selanjutnya adalah mengklik Konversi / Simpan seperti yang ditunjukan oleh gambar berikut ini.

Konversi / Simpan

5. Memilih format output video yang akan digunakan

Langkah selanjutnya adalah memilih atau menentukan ke format apa video anda akan di format, harap dilakukan dengan teliti, agar anda tidak sampai melakukan dua kali pekerjaan yang sia-sia.

Di menu pilihan format output video banyak sekali pilihan yang bisa anda pilih, inilah salah satu kelebihan dari VLC media Player, sudah gratis, banyak pilihan dan fiturnya pula.

Memilih format video output

6. Membuat atau menentukan folder untuk menyimpan video hasil konversi

Langkah selanjutnya adalah membuat atau menentukan folder untuk menyimpan video dari hasil konversi dengan mengklik tombol browser lalu buat folder baru dan membuat nama file hasil konversi.

Anda harus ingat nama folder yang anda buat tersebut, agar mudah nantinya dalam membuka file video hasil konversi pada pilihan Save As silahkan pilih semua. Dan kalau semua pekerjaan sudah selesai anda lakukan dengan benar, silahkan klik Save.

7. Mengkonversi video

Langkah terakhir adalah mengkonversi video anda dengan mengklik tombol Start. Lama proses konversi tergantung jenis format video yang anda pilih, semakin tinggi resolusi format video yang anda pilih, akan semakin lama waktu yang diperlukan sampai prosesnya selesai.

Dan kalau prosesnya sudah selesai, silahkan coba jalankan, dan kalau sudah berhasil, anda bisa mengcopynya ke dalam USB untuk mencoba memutarnya di media yang suport sesuai dengan format video yang anda pilih tadi.

Itulah cara mudah convert video menggunakan VLC media Player yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan semoga bermanfaat.

1 komentar so far

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon