Penyebab klik adsense bertambah lalu berkurang

Tags

Saya yakin banyak publisher atau penayang iklan adsense yang punya pengalaman seperti yang sering saya alami, yaitu mendapatkan kl*k entah itu dalam jumlah banyak atau sedikit, namun beberapa saat kemudian kl*k tersebut satu persatu menghilang lagi. Mengingat masih banyak yang belum tau dan masih banyak yang suka bertanya, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penyebab klik adsense bertambah lalu berkurang serta cara untuk mengatasinya.

Pernah saya bahas sebelumnya, kalau menjadi seorang blogger yang merangkap sebagai penayang iklan google adsense itu bukanlah pekerjaan yang ringan, banyak tantangan berat yang harus dihadapi, dari mulai membangun konten, membangun trafik, menata pemasangan iklan agar mendapat banyak kl*k, sampai ketika mendapat kl*k iklan pun, belum tentu itu sesuatu yang baik, atau hasil dari berbagai upaya kita.

(Artikel Terkait: Tantangan berat seorang blogger dan publisher google adsense.)

Penyebab klik adsense bertambah lalu berkurang

Apa penyebab klik adsense bertambah lalu berkurang?

Setelah sekian lama saya lakukan pengamatan dan terus mempelajari tentang periklanan google adsense, hal yang menyebabkan hilangnya kembali kl*k iklan yang masuk tetap disebabkan oleh invalid klik, yang membedakan hanyalah ratio kl*k nya saja. Ada yang sampai puluhan ratusan bahkan sampai ribuan, ada juga yang hanya satu atau dua kl*k, tapi tetap saja hapus kembali oleh pihak google adsense.

Berarti ada 2 dua definisi kl*k iklan yang selain kl*knya tidak akan dihitung, juga beresiko terhadap akun adsense kita sendiri, karena demi menjaga ekosistem periklanan yang harus menguntungkan penerbit dan penayang, pihak google akan melakukan tindakan tegas, yaitu menutup atau memberhentikan akun yang dianggap melanggar kebijakan.

2 (dua) definisi invalid klik yang saya maksud disini adalah:
  1. Boom kl*k
  2. Kl*k palsu
Agar lebih jelas mari kita pelajari dua defini kl*k yang seperti saya sebutkan diatas tadi, selain kl*knya tidak akan dihitung, juga sangat beresiko terhadapat kelangsungan akun adsense kita.

1. Boom Kl*k.
Boom kl*k adalah prilaku kl*k beruntun atau kl*k dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu singkat. Kalau ada diantara anda yang mendapatkan kl*k dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat dan tidak sesuai dengan jumlah pengunjung, misalnya pengunjung yang sedang online hanya 20 orang, sementara anda mendapatkan kl*k lebih dari 20 kl*k, sudah yakin kalau itu adalah kl*k yang dilakukan oleh seseorang yang punya niat jahat ingin menghancurkan akun adsense anda.

Beruntung untuk saat ini sistem pendeteksi kl*k google adsense sudah sangat canggih, bisa membedakan mana itu kl*k yang sah dan mana kl*k yang tidak sah, jadi beberapa saat kemudian kl*k tersebut akan dihapus secara otomatis dari hitungan kl*k ke akun kita.

Tapi walau bagaimana pun, kita sebagai penayang tetap berkewajiban untuk menjaga akun kita, kalau mendapati hal seperti itu, segera lakukan tindakan manual dengan cara menghapus otoritas situs, mencatat waktu kejadian, dan melaporkannya ke pihak google adsense.

2. Kl*k Palsu.
Kl*k palsu itu adalah kl*k yang dilakukan oleh seseorang yang tujuan masuknya ke situs/blog yang menayangkan iklan google bukan untuk membaca konten, tapi tujuannya semata-mata untuk mengkl*k iklan. Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh seorang penayang, mungkin maksudnya untuk membantu penayang lain agar mendapat penghasilan.

Nah kl*k yang seperti itu mungkin kalau dilakukan sehari sekali bisa saja pada awal-awal akan dihitung sebagai kl*k yang sah, tapi ingat, kalau google adsense punya sistem pendeteksi yang sangat canggih, bisa mengetahui jenis ip, jenis perangkat, lokasi, dan karakteristik pengunjung yang melakukan kl*k.

Jadi cara seperti itu jangan dianggap aman, setelah google cukup bukti maka kl*k selanjutnya akan dihapus kembali, makanya kita sering mengalami, kalau misalnya pada saat itu kl*k yang didapat dari pengunjung murni sebanyak 10, lalu ada pengunjung palsu sengaja mengkl*k 1, otomatis kl*k bertambah menjadi 11, tapi beberapa saat kemudian kl*k kembali ke 10. Nah hal itu terjadi karena perangkat, ip dan lokasi juga karakteristik pengunjung tersebut sudah difilter oleh sistem pencatat kl*k.

Baca: Cara google mendeteksi invalid klik.

Menghadapi masalah seperti ini kembali ke kesadaran kita masing-masing sebagai penayang, lebih baik jangan melakukan tindakan-tindakan yang merugikan pengiklan, karena akan sangat membahayakan, baik untuk akun anda sendiri, juga akun orang lain.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai apa penyebab klik adsense jumlahnya bertambah, tapi dalam beberapa saat kemudian berkurang lagi. Semoga dengan terbitnya artikel ini, bisa jadi pelajaran untuk kita semua dalam menjaga keutuhan akun google adsense kita.

Related Post:

2 komentar

Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga ada manfaatnya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon