Cara Meningkatkan Visitor dan Trafik Organik

Cara meningkatkan trafik dari visitor atau pengunjung organik - Setelah pada artikel sebelumnya saya menulis tentang cara mendapatkan trafik organik secara natural atau alami, pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi sedikit pengalaman saya kepada anda mengenai bagaimana cara meningkatkan trafik dari visitor organik berdasarkan metode yang saya terapkan dalam membuat konten-konten yang alhamdulillah semakin hari pengunjung yang berasal dari mesin pencarian ke situs/blog saya ini semakin bertambah.

Setiap penulis dan pemilik situs/blog tentu punya cara dan pengalaman sendiri dalam meningkatkan visitor dan trafik ke situs/blognya masing-masing. Begitu juga dengan saya, setelah langkah dan upaya yang saya lakukan bisa membuahkan hasil, saya terpanggil untuk berbagi informasi kepada anda semua, karena saya yakin, semakin ilmu dan pengalaman itu diamalkan, maka ilmu itu tidak akan berkurang justru akan bertambah dan bertambah lagi.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan tentang cara meningkatkan visitor/kunjungan dan trafik organik, alangkah baiknya saya bahas sedikit mengenai apa yang disebut trafik organik itu, agar teman-teman yang belum mengetahuinya, bisa terbantu dengan terbitnya artikel ini.

Traffik organik adalah tarffic yang dihasilkan oleh visitor yang masuk ke sebuah situs/blog yang berasal dari mesin pencari, dalam hal ini bisa dari mesin pencari google, bing, yahoo dan lain-lain berdasarkan kata kunci atau keyword yang ditulis oleh pengunjung tersebut. Dan ketika visitor atau pengunjung tersebut mendapati situs/blog anda lalu mengkliknya untuk masuk, maka anda berhasil mendapatkan sebuah visitor dan trafik organik.

Namun anda jangan puas sampai disitu, anda harus berupaya bagaimana caranya agar visitor dan trafik organik ke situs/blog anda semakin banyak lagi. Dan kalau anda bingung bagaimana caranya, simaklah baik-baik cara meningkatkan visitor dan trafik organik yang saya bahas dalam artikel ini.

Cara Meningkatkan Trafik visitor atau pengunjung Organik

Cara meningkatkan visitor/pengunjung dan trafik organik

Saya tidak akan menulis panjang lebar dan bertele-tele, lebih baik langsung saja pada inti tujuan, yaitu bagaimana cara paling tepat dan paling mudah untuk bisa meningkatkan visitor/pengunjung dan tarffic organik tersebut?

Cari konten pilar yang ada di situs/blog anda
Yang dimaksud dengan konten pilar adalah konten yang paling banyak mendatangkan trafik ke situs/blog anda, dan tentunya yang saya maksud trafik yang berasal dari mesin pencari.

Agar lebih mudah dipahami, saya ambil contoh konten pilar di blog saya ini.

Blog saya ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi seputar elektronik atau seputar servis elektronik, oleh karena itu hal yang saya upayakan adalah bagaimana caranya agar konten-konten seputar elektronik bisa mendatangkan banyak trafik.

Dari sekian banyak artikel seputar elektronik yang saya buat, beberapa diantaranya ada yang berhasil menjadi konten yang terus menerus mendatangkan trafik ke situs/blog saya itulah yang saya namakan sebagai konter pilar, konten utama, konten bahan, atau modal untuk saya dalam menjaring trafik lebih banyak lagi.

Anda juga tentu punya yang disebut konten pilar, silahkan cari apa konten yang menjadi pilar utama di blog anda, kalau sulit mencarinya, anda bisa mengunakan fitur bawaan blogger yaitu dengan menampilkan widget populer post, maka akan tampil artikel-artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung.

Tapi anda harus ingat, apakah trafik tersebut benar-benar berasal dari mesin pencari atau berasal dari link yang anda promosikan ke berbagai media sosial? kalau trafik tersebut berasal dari link rujukan, berarti anda harus berusaha lebih keras lagi dalam menemukan konten pilar di situs/blog anda tersebut.

Kembangkan konten pilar yang anda di situs/blog anda
Setelah konten pilar utama di situs/blog anda ditemukan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan konten pilar tersebut, agar dengan beragam kata kunci yang ditulis oleh sekian banyak pengunjung tetap tertuju pada situs/blog anda.

Bagaimana cara mengembangkan konten pilar tersebut? saya akan memberikan gambaran dengan mengambil contoh dari blog saya ini lagi.

Kalau anda perhatikan widget popular post yang saya pasang di sidebar template blog saya, maka anda akan tau, kalau artikel yang paling banyak mendapatkan trafik ke blog saya adalah artikel yang berjudul cara seting menu option tv polytron. Silahkan anda perhatikan.

Nah cara mengembangkan konten pilar agar mendapatkan lebih banyak lagi trafik organik ke situs/blog anda adalah dengan cara mencari keyword atau kata kunci turunannya.

Anda pasti tau kalau tv merk polytron itu banyak sekali modelnya, kalau anda tidak percaya, baik kita buktikan sama-sama.

Saya menulis kata kunci cara seting menu option polytron pada mesin pencarian google, dan ternyata konten saya lah yang berada pada halaman utama dan urutan pertama mesin pencari.

Perhatikan gambar berikut:

Cara meningkatkan visitor dan traffic organik berdasarkan konten pilar

Pertanyaannya, apakah serta merta begitu artikel tersebut saya tulis dan saya publikasikan langsung berada di halaman utama dan urutan pertama? Tentu saja tidak, saya melewati perjuangan yang sangat panjang agar artikel tersebut bisa mendapatkan banyak trafik organik dan derajatnya diangkat oleh google sehingga bisa bertahan dan terus-menerus mendapatkan trafik.

Langkah apa yang saya lakukan? yaitu dengan mencari keyword atau kata kunci turunannya, karena seperti yang saya sebutkan diatas, kalau tv merk polytron itu sangat banyak modelnya, dari situ saya berpikir, bagaimana caranya agar setiap model yang ditulis oleh pengunjung bisa tetap tertuju pada artikel saya tersebut.

Perhatikan gambar berikut:

Kata kunci turunan

Penelusuran terkait yang dianggap paling banyak dari kata kunci cara setting menu option polytron itu ada 8 kata kunci. Dari situlah saya berusaha mengembangkan konten tersebut sampai berhasil mendatangkan tarffic organik tanpa henti.

Nah tugas anda pun sama, kalau menginginkan konten yang ada di blog anda mampu mendatangkan trafik organik dengan varian kata kunci, berarti anda harus mengembangkan konten pilar tersebut dengan melihat keyword atau kata kunci turunannya.

Caranya ada 2, yaitu:

1. Menggabungkan keyword turunan kedalam satu buah artikel.
Namun cara ini tergolong sulit, karena anda harus pandai dalam menyisipkan banyak kata kunci kedalam sebuah artikel. Anda bisa baca artikel saya yang berjudul: Cara menyisipkan keyword atau kata kunci.

2. Membuat banyak judul artikel.
Nah cara kedua ini tergolong lebih mudah, anda tinggal membuat judul terpisah saja dengan melihat dari keyword turunan, dengan begitu diharapkan ketika calon pengunjung menulis kata kunci yang berbeda, karena anda sudah memiliki artikel yang dimaksud, pengunjung tersebut tetap akan masuk ke situs/blog anda.

Saya rasa cukup sekian saja tips dari saya tentang cara meningkatkan visitor atau pengunjung dan trafik organik, kurang lebihnya saya mohon maaf, karena dalam hal ini saya juga sama masih belajar. Kalau ada yang ingin dipertanyakan, silahkan layangkan pertanyaan anda pada halaman komentar blog yang disediakan, Terima kasih dan semoga bermanfaat.

3 komentar

Oh begitu ya kata kunci turunan, saya jadi tahu sekarang.
Sangat bermanfaat bagi saya yang pemula.

Terbaik pokoknya, ini cara yang mulai saya pakai, dan hasilnya trafik naik terus walaupun masih naik turun

Semoga traffic organik ke blognya makin banyak saja mas dan semoga cilok organiknya juga makin banyak :)

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon