Cara menghapus atau uninstall program aplikasi di windows

Cara menghapus atau uninstall software, program, aplikasi di windows yang benar - Mungkin untuk sebagian orang yang memang sudah ahli di bidang komputer, artikel seperti ini bisa saja dianggap sudah kurang berarti. Tapi berbeda dengan orang yang baru mengenal atau baru belajar menggunakan komputer, terkadang hal yang kita anggap sepele justru buat mereka sangatlah berarti dan dianggap sebuah pelajaran berharga.

Seperti kejadian yang menimpa seorang sahabat yang beberapa waktu kebelakang menelpon saya, beliau mengeluh karena komputernya tiba-tiba melambat setelah beliau menginstal sebuah program. Dengan ketawa kecil saya memberikan solusi untuk menghapus program yang baru di instalnya tersebut, karena saya yakin program itulah yang membuat komputer sahabat saya jadi terganggu.

Sahabat saya pun mengiyakan akan menghapus program tersebut, namun selang beberapa menit beliau kembali menelpon saya, katanya setelah dihapus tetap tidak ada perubahan, komputernya tetap lambat bahkan sering hank. Karena rasa penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk melihat komputernya, ternyata beliau salah persepsi, ketika saya suruh menghapus program, beliau hanya menghapusnya dari tampilan desktop.

Setelah saya bantu untuk menghapusnya dengan cara yang benar, komputer sahabat saya bisa berjalan lagi seperti sediakala, namun beliau meminta saya untuk membuat artikel ini, agar ketika suatu saat kejadian serupa terjadi lagi, beliau bisa melihat panduan dari artikel di blog saya.

Cara menghapus atau uninstal program aplikasi di windows

Cara menghapus atau uninstall software, program dan aplikasi di windows

Pertama-tama silahkan catat dulu dalam ingatan, atau tulis langsung nama program atau aplikasi yang mau dihapus permanen dari sistem komputer anda, lalu silahkan klik windows lalu klik control pannel, maka akan muncul jendela baru dan silahkan klik uninstall a program.

Perhatikan gambar berikut:

Uninstall a program

Selanjutnya akan muncul jendela baru yang menampilkan semua daftar software, program atau aplikasi yang terinstal di komputer anda.

Langkah selanjutnya silahkan pilih nama software, program atau aplikasi yang mau dihapus secara permanen dari sistem komputer anda, kalau sudah ketemu silahkan dobel klik pada nama program tersebut, maka akan muncul pertanyaan, yang kalau diartikan kedalam bahasa indonesia pertanyaan tersebut berbunyi, apakah anda mau menghapus program ini dari komputer anda? Silahkan klik Yes.

Dan proses penghapusan akan segera dijalankan, tunggu sampai prosesnya selesai, setelah selesai, silahkan reboot komputer anda, dan setelah komputer menyala kembali jangan lupa untuk membersihkan registry dari program yang barusan anda hapus tersebut.

Membersihkan registry bisa dengan cara manual, silahkan baca panduan cara membersihkan registry windows setelah uninstall aplikasi.

Atau bisa juga menggunakan aplikasi utility, silahkan baca 4 aplikasi pembersih registry gratis terbaik.

Gimana mudah bukan? itulah cara menghapus atau menguninstall software, program atau aplikasi secara permanen dari sistem windows yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon