Cara mengajukan banding akun google adsense yang di nonaktifkan karena invalid activity

Tags

Akun google adsense anda dibanned? Anda tidak merasa melakukan pelanggaran? Kalau iya, segera ajukan banding. Kalau anda tidak tau caranya, artikel ini akan memberikan petuntuk bagi anda mengenai cara mengajukan banding akun google adsense yang dibanned atau di nonaktifkan dengan alasan invalid activity.

Menjalankan program periklanan google adsense atau menjadi penayang iklan google bisa dibilang gampang-gampang susah, malah kalau menurut saya pribadi lebih banyak susahnya dibanding gampangnya, karena selain harus selalu patuh dengan kebijakan google, kita juga harus intensif menjaga akun adsense kita dari berbagai hal yang bisa membahayakan akun, karena kalau kita lalai atau lengah, akibatnya akun google adsense kita akan dinonaktifkan karena dianggap telah melanggar peraturan yang telah disepakati bersama.

Artikel Terkait: Tantangan berat seoraang blogger dan publisher google adsense.

Seperti yang menimpa akun saya beberapa waktu yang lalu, tiba-tiba iklan tidak tayang dan akses login ke dashboard google adsense saya dinonaktifkan. Sungguh sangat menyedihkan, padahal saya sama sekali tidak merasa melakukan pelanggaran, untungnya google masih memberikan kesempatan kepada siapa saja yang akunnya di disable untuk memulihkan akun dengan cara mengajukan banding. Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengajukan banding akun google adsense yang di nonaktifkan karena invalid activity supaya disetujui.

Sebelum kita lanjut ke bagaimana cara mengajukan banding akun google adsense yang di nonaktifkan karena invalid activity agar disetujui, alangkah baiknya saya jelaskan dulu kronologi yang menimpa akun saya, supaya jadi pelajaran berharga bagi teman-teman semua yang sama-sama menjalankan program periklanan google atau sebagai penayang iklan google adsense.

Cara mengajukan banding akun google adsense

Pada tanggal 26 mei 2017 jam 18:30, saya melihat ada sesuatu yang aneh dengan traffic di blog saya, awalnya yang sedang online terlihat ada 29 pengunjung, beberapa saat kemudian pengunjung bertambah menjadi 129 orang, dan terus bertambah sampai menembus angka 1229 orang, sungguh sangat diluar kewajaran, segera saya buka google analytics dan melihat ternyata ada 1200 pengunjung yang online berasal dari negara amerika serikat.

Karena saya sangat yakin kalau traffic itu bukan traffic nyata melainkan robot atau sejenis apalah intinya ada yang berusaha merusak refutasi blog dan akun adsense saya, maka secepatnya saya hapus semua kode iklan dan saya hapus juga otoritas situs, dan 10 menit kemudian saya ganti kode iklan adsense di blog saya menggunakan kode iklan dari akun adsense yang berbeda.

Setelah iklan tayang seperti biasa, saya kembali berniat membuka akun adsense yang tadi, namun alangkah terkejutnya saya, karena ketika login langsung mendapat pemberitahuan kalau akses login akun adsense saya sudah dinonaktifkan dengan alasan invalid activity, segera saya buka email, dan mendapatkan email dengan bunyi seperti pada gambar dibawah ini.

Email yang menyatakan kalau akun google adsense di nonaktifkan

Pada gambar diatas tertera dengan jelas kalau akun adsense saya dibanned, namun disitu tertulis kalau google masih memberikan kesempatan kerjasama asal saya bersedia mematuhi semua kebijakan, dengan cara mengajukan banding, namun sebelum mengajukan banding, saya diharuskan membaca alasan penutupan akun, (Lihat url yang saya beri garis lingkar merah).

Ketika saya klik url tersebut ternyata penutupan akun adsense saya disebabkan oleh traffic tidak valid, sesuai dengan kejadian yang saya ceritakan diatas tadi. Jadi dinonaktifkannya akun saya bukan karena boom klik atau klik iklan sendiri, namun karena adanya traffic yang tidak valid.

Bentuk pelanggaran yang mengakibatkan akun google adsense dibanned

Nah kalau ada diantara pembaca yang akun google adsense nya dinonaktifkan, sebaiknya sebelum mengajukan banding baca dulu apa yang menjadi alasan utama penutupan akun adsense tersebut, karena kalau salah dalam memberikan keterangan, sangat sulit pengajuan banding anda untuk dikabulkan, dan menurut beberapa teman yang sudah mengalami banned akun adsense, apabila pengajuan banding pertama ditolak, maka berapa kali pun mengajukan banding tetap akan ditolak. Setelah anda paham dengan masalah yang mengakibatkan penutupan akun, baru persiapkan langkah untuk mengajukan banding.

Berikut cara mengajukan banding akun google adsense yang dinonaktifkan agar disetujui

Setiap akun yang dinonaktifkan pasti akan mendapat link atau url untuk mengajukan banding, dan kalau anda buka, maka akan dibawa masuk ke formulir banding sebagai berikut:

1. *Masukkan nama Anda. *

Pada kolom masukan nama anda, silahkan isi dengan nama yang sesuai dengan yang digunakan pada akun google adsense anda.

2. *Alamat Email. *

Ke mana balasan email kami akan dikirim. Jika Anda memiliki email yang terkait dengan akun AdSense Anda, harap cantumkan di sini.

Untuk email biasanya akan tertulis otomatis.

contoh@gmail.com

3. *URL contoh tempat iklan Anda berada. *

Pada kolom URL silahkan isi dengan url situs/blog yang dipasangi kode iklan adsense, kalau lebih dari 1 blog, harus anda tulis semuanya.

Contoh: http://www.blog1.com anda http://www.blog2.com and http://www.blog3.com dan seterusnya.

Catatan: Situs tempat Anda ingin menempatkan iklan (harus aktif).


4. *Apakah Anda pernah membeli lalu lintas ke situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran YouTube Anda?. *

-Ya
-Tidak

Pilih Tidak.

5. *Bagaimana pengguna bisa sampai ke situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran YouTube Anda? Bagaimana cara Anda mempromosikan konten? *

Pada halaman ini tulis saja: Saya membuat konten-konten yang bermanfaat bagi pengguna, dan mengenai bagaimana pengguna bisa sampai ke situs saya, saya melakukan optimisasi mesin pencari dengan tetap mematuhi kebijakan dan mutu google webmaster.

6. *Apakah Anda atau situs, aplikasi seluler, dan/atau channel YouTube Anda pernah melanggar kebijakan program atau Persyaratan & Ketentuan AdSense? Jika ya, bagaimana pelanggaran itu terjadi? *

Disini jawab saja sejujurnya, pernah atau tidak pernah, anda pasti ingat tentang peringatan kalau memang pernah melanggar.

7. *Apa alasan aktivitas tidak valid di situs, aplikasi seluler, dan/atau channel YouTube Anda? Berikan informasi terperinci tentang semua alasan spesifik yang Anda yakini relevan dengan kasus Anda. *

Nah disini sangat penting untuk anda menyebutkan kejadian yang anda alami, kalau anda mengalami boom klik, katakan misalnya sudah terjadi klik secara terus menerus pada jam sekian sampai jam sekian, sebelum saya sempat melakukan tindakan manual, akun adsense saya sudah terlanjur dinonaktifkan. Begitu juga kalau alasannya seperti kasus yang saya alami yaitu ada lalu lintas tidak wajar. Intinya katakan apa adanya, karena sistem google akan menyingkronkan laporan keberatan dan jejak record yang ada pada data google.

8. *Perubahan apa yang akan Anda terapkan untuk membantu meningkatkan kualitas trafik iklan pada situs, aplikasi seluler, dan/atau channel YouTube Anda? Saat menjawab, lihat saran kami tentang cara mencegah aktivitas tidak valid. *

Disini jawab saja, saya akan lebih hati-hati dan intensif menjaga akun google adsense saya, dan saya berjanji.

9. * Harap sertakan data apa pun dari log atau laporan lalu lintas situs, aplikasi seluler, dan/atau saluran YouTube Anda yang menunjukkan alamat IP, perujuk, atau permintaan mencurigakan yang dapat menjelaskan terjadinya aktivitas tidak valid. *

Disini jawab sesuai dengan kejadian yang menimpa anda, contohnya: Telah terjadi klik secara terus menerus pada hari/jam/tgl/bln/tahun.

Catatan: Dalam mengisi formulir banding harus menggunakan bahasa inggris, walau pertanyaan pada formulir banding menggunakan bahasa indonesia.

Setelah semuanya terisi, silahkan baca lagi berulang-ulang, kalau dirasa sudah benar, silahkan centang tanda kalau anda sudah menyepakati perjanjian dan selanjutnya silahkan kirim banding akun anda.

Anda juga bisa membaca langsung bantuan adsense mengenai: Akun AdSense dinonaktifkan karena traffic tidak valid.

Dalam kasus yang saya alami, butuh waktu 5 hari untuk mendapatkan balasan tentang diterima atau ditolaknya banding atas penutupan akun adsense saya. Dan alhamdulillah akun adsense saya sudah diaktifkan kembali dan iklan juga penghasilan saya sudah berjalan seperti sediakala.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengajukan banding akun google adsense yang dibanned atau di nonaktifkan karena invalid activity, terlepas dari segala usaha, jangan lupa untuk selalu berdoa. Dan dalam mengajukan banding jangan pernah memberikan keterangan palsu. Semoga bermanfaat.

16 komentar

Sangat bermanfaat tips nya mas, semoga akun adsense mayoritas publisher Google adsense terlindungi dan googlebot semakin canggih lagi untuk membedakan mana tindakan yang dibuat oleh owner situs dan dibuat oleh orang lain.

Pengalaman yg sangat berharga mas, ini bisa jadi contoh bagi publisher lain agar selalu hati-hati menjaga akun adsense nya.

Mantap Mas Flyin
Artikelnya enak dibaca dan saya memahaminya, sungguh suatu pengalaman yang berharga. Selamat akun adsensenya bisa tayang lagi dan artikel ini semoga menjadi acuan teman-teman kalau ingin mengajukan banding, bagi saya hanya bisa di bookmark dulu.

Mantap om... Saya ijin simpen postingannya buat jaga-jaga... Dan selamat atas kembalinya sang adsense ke pangkuan... 👍👍👍😂😂😂

ini yang harus di ketahui para pemain adsense thanks infonya gan

Sama-sama mas, ini merupakan pengalaman yang sangat berharga buat saya, ketika tiba-tiba akun saya di disable gara-gara traffic tidak valid

Silahkan mas, semoga saja dengan pengalaman saya ini bisa dijadikan pedoman oleh teman-teman dalam menjaga akun adsensenya daari berbagai hal yang bisa mengakibatkan penutupan akun

Oke silahkan mas, semoga bisa jadi pelajaran untuk kita semua dalam menjaga akun adsense kita

Sabar dan tetap semangat kang. Yakin aja rejeki kita akan berlipat-lipat aamiin

Terima kasih atas spiritnya pak

saya baru saja mencobanya mas, moga diterima .....kalau masih ditolak gmana lagi mas? hehe

jawab ya ke Samboedy87@gmail.com , thanks

Baru baru ini saya melakukan banding, mudah-mudahan cara diatas bisa membantu. aamiin, makasih informasinya mas. :)

Saya juga mengalami Hal seperti Imi pusing saya.. Makasih Gan Akan saya save artikel anda pokoknya mantap.. doakan saja semoga Akun adaense saya kembali Pulang.. Jan Sedih sekali ini..

Akun ane udh coba ajukan banding dan telah di terima oleh adsense jadi kapan ya akun ane balik lagi

Gan kalo ngajukan banding, apa kode iklan di blog harus dicabut ?

Gan saya udah banding trus di tolak, trus solusi nya gimana ya ?

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon