Cara membersihkan registry windows setelah uninstal software atau aplikasi

Ketika anda memutuskan untuk menguninstal software program atau aplikasi karena dianggap sudah tidak dibutuhkan lagi, dan setelah selesai menghapus software atau aplikasi yang dimaksud dengan cara menghapusnya lewat control pannel, urusan sudah anda anggap beres, padahal masih ada satu tugas lagi yaitu membersihkan registry windows setelah menguninstal software atau program aplikasi tadi, karena kalau dibiarkan akan mengganggu kinerja atau performa komputer/laptop anda.

Sebenarnya baik menguninstal program dan menghapus registry bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan menggunakan program utility pihak ketiga, namun untuk saya pribadi, penggunaan program utility adalah hal yang paling tidak saya sukai, karena memiliki kekurangan dan kelebihan, kelebihannya tugas kita menjadi lebih mudah, namun kekurangannya, program utility seperti uninstaler dan registry cleaner, cukup menguras sumber daya dan RAM komputer/laptop.

Oleh sebab itu disini saya akan memberikan sedikit tutorial cara menghapus atau membersihkan registry windows dengan cara manual saja, atau dengan program bawaan windows itu sendiri, walau sedikit ribet namun hasilnya lebih memuaskan, dan bisa sedikit menambah wawasan kita terhadap fitur-fitur penting bawaan windows.

Cara membersihkan registry windows setelah uninstal software atau aplikasi

Cara menghapus atau membersihkan registry windows setelah uninstal software atau program aplikasi:

  • Sebelum menghapus software atau program aplikasi melalui control pannel, sebaiknya catat dulu nama rogram tersebut, setelah dicatat silahkan lakukan penghapusan sampai selesai, kalau muncul perintah untuk mereboot windows, silahkan reboot terlebih dahulu.
  • Setelah komputer/laptop anda menyala kembali, silahkan tekan Windows+R lalu pada kolom search atau pencarian ketikan Regedit lalu enter.
  • Klik pada HKEY_LOCAL_MACHINE lalu klik pada SOFTWARE.
  • Selanjutnya silahkan tekan Ctrl+F atau klik edit lalu Find.
  • Silahkan ketik nama program atau aplikasi yang tadi anda hapus, maka akan muncul folder dan nama program aplikasi yang anda hapus tadi.
  • Selanjutnya klik kanan pada folder tersebut lalu delete.
  • Lakukan beberapa kali pencarian untuk memastikan kalau nama dari program/aplikasi yang anda hapus, registrynya sudah benar-benar terhapus.
  • Kalau sudah selesai silahkan reboot kembali komputer/laptop anda.
  • Selesai.

Nah mudah bukan? itulah cara menghapus atau membersihkan registry windows, setelah menguninstal software atau program aplikasi pada komputer/laptop anda, dengan begitu maka tidak akan ada lagi registry yang mengganggu kinerja komputer/laptop anda. Semoga Bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon