Kamis, Mei 18, 2017

Polytron Ultra Slim PS 52UV81 IC Vertikal Jebol Terus

Ceritanya dapat servisan tv polytron ultra slim polytron type PS 52UV81 mati protect, dengan kerusakan awal menurut si pemilik tv tersebut, sebelum mati terlihat satu garis horisontal lalu beberapa detik kemudian terdengan ledakan. Lalu dibawa ke tukang servis dan diperbaiki, tidak lama tv sudah bagus lagi, namun ketika dibawa pulang dan dinyalakan tv hanya nyala sebentar dan terdengar lagi ledakan.

Karena tv baru berumur 3 hari, sipemilik ,memutuskan untuk mengembalikan tv tersebut ke toko tempat dia membeli, namun menurut pemilik toko, garansi sudah tidak berlaku karena segel sudah dalam keadaan rusak. Dan kalau dibawa ke servis center, akan mengeluarkan biaya setengah harga tv. Akhirnya tv tersebut dibiarkan saja sampai beberapa hari kebelakang bertemu dengan saya.

Mendengar keterangan dari pemilik tv, feeling saya ah paling terjadi lonjakan tegangan regulator yang menyebabkan tegangan-tegangan output dari flyback naik, dan IC Vertikal tidak mampu bertahan lama. Tanpa pikir panjang, langsung saya buka televisi tersebut, ukur tegangan regulator ternyata normal, bahkan sedikit lebih kecil, yaitu hanya 105 volt dari yang seharusnya yaitu 115 volt.

Timbul kecurigaan, jangan-jangan rangkaian stabiliser ada yang longgar atau ada resistor yang sesekali berubah nilai, langsung saja saya ganti beberapa resistor yang berhubungan dengan stabiliser regulator. Setelah dirasa cukup aman, dan tegangan regulator terukur 115 volt, saya putuskan untuk mengganti IC Vertikal.

Kebetulan untuk IC Vertikal yang tersedia hanya LA 78040, maka dengan modal nekad, saya memasang IC tersebut, dan setelah pemasangan selesai, saya coba nyalakan televisi dan hasilnya tv menyala dengan sempurna. Namun alangkah kagetnya saya ketika tangan saya menyentuh hatsink (Pendingin) IC Vertikal, karena sangat panas, belum sempat saya mencabut stiker listrik dengan tujuan untuk mematikan televisi, kembali terdengar suara ledakan yang diakibatkan oleh pecahnya IC vertikal.

Ada apa ini pikir saya, cabut IC vertikal yang sudah pecah, lalu nyalakan televisi, sambil mengukur tegangan vertikal, rupanya tegangan output regulator untuk vertikal yang diambil dari FBT mengalami over, terukur 17 volt dari ground ke positif, dan 14 volt dari ground ke negatif.

Karena menurut pemilik tv, kejadian rusaknya televisi tersebut sejak 3 hari tv dibeli, akhirnya saya ambil kesimpulan, kalau FBT yang terpasang di tv tersebut memang cacat sejak dibuat. Kejadian seperti ini bisa saja terjadi kepada semua teknisi, dan disini saya akan sedikit berbagi trik cara memperbaiki kerusakan tv polytron ultra slim, dengan kerusakan, IC vertikal diganti tidak lama rusak lagi, yang disebabkan oleh over tegangan input vertikal akibat cacat FBT( Flyback).

Polytron Ultra Slim PS 52UV81 IC Vertikal Jebol Terus

Saya harap, anda sudah membaca semua penjelasan saya diatas, kerusakan IC vertikal yang terus menerus tersebut disebabkan oleh cacatnya tegangan FBT. Tinggal kita tentukan, apakah mau mengganti FBT dengan yang tegangan output vertikalnya normal yaitu +12 volt dan -12 volt, atau mengakalinya dengan menurunkan tegangan vertikal asli dari FBT tersebut yang awalnya +17 volt dan -15 volt menjadi +12 volt dan -12 volt?

Saya sangat yakin kalau FBT tersebut kondisinya masih baik-baik saja, hanya ada kelebihan lilitan untuk tegangan vertikal yang disebabkan oleh kesalahan alat pembuat saja, itu wajar dan bisa saja terjadi, namanya juga alat buatan manusia.

Daripada pada repot-repot mengeluarkan biaya mahal, lebih baik memanfaatkan FBT yang ada, yaitu dengan cara menurunkan tegangan FBT untuk IC Vertikal yang over tegangan tersebut.

Caranya sebagai berikut:
  • Lepas resistor pembatas tegangan output vertikal.
  • Tambahkan lilitan menggunakan kabel berdiameter 0,5mm kebatang ferit FBT secara terbalik, karena kita tau kemana arah lilitan aslinya, coba lilitkan melawan arah jarum jam, lalu sambungkan ujungnya ke resistor pembatas tegangan vertikal tadi, lalu coba nyalakan tv dan ukur, kalau terukur malah membesar, berarti anda harus memutar arah lilitan tambahan tadi.
  • Banyaknya jumlah lilitan, tidak ada patokan, pastikan saja lilitan yang anda buat sudah menghasilkan tegangan yang seharusnya, setelah bagian positif jadi, silahkan lakukan hal yang sama untuk bagian negatif.

Apabila langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, dan tegangan output untuk IC vertikal sudah normal, silahkan pasang lagi IC vertikal yang baru, maka saya pastikan masalah sudah teratasi.

Nah itulah cara memperbaiki tv polytron ultra slim PS 52UV81, dengan gejala kerusakan, IC vertikal rusak diganti jebol terus, yang diakibatkan oleh cacatnya tegangan FBT untuk menghasilkan tegangan +12 volt dan -12 ke IC vertikal. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon