Panduan cara mengganti power suplay regulator dengan gacun yang benar

Memang benar cara mudah dan simple ketika kita sebagai teknisi menemukan kerusakan power suplay regulator tv tabung, tv led, tv lcd, dvd, dan lain-lain yang tingkat kerusakannya paling parah sekalipun, adalah dengan mengganti komponen utamanya dengan sebuah rangkaian kecil serbaguna yang disebut gacun, dan menurut saya itu adalah keputusan tepat, selain hemat dalam waktu pengerjaan, pastinya sangat hemat dalam hal biaya.

Artikel Terkait: Mengetahui berbagai kegunaan gacun.

Namun kebanyakan teknisi terutama yang masih pemula, ketika mengganti power suplay regulator dengan gacun, masih banyak yang berprinsip asal nyala, asal jadi. Tanpa memikirkan tingkat keawetan dan keamanan komponen lain setelah tegangan keluar dari masing-masing output regulator,yang dihasilkan atau dikendalikan oleh gacun mengalami perubahan yang signifikan.

Sebagai contoh, ketika seorang teknisi memutuskan untuk mengganti regulator tv cina dengan gacun, kalau kabel biru yang berfungsi sebagai pengatur tegangan dipasang, hasil yang didapat, tegangan output jadi drop, dan hanya bisa dinormalkan apabila trimpot adjusment diputar sampai maksimal. Tapi masalah lain yang timbul FET gacun jadi cepat panas dan hanya selang waktu beberapa saat terjadi kerusakan pada rangkaian gacunnya itu sendiri.

Apabila kabel biru tidak dipasang, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan teknisi, tegangan output harus di seting lebih besar dari tegangan aslinya, karena apabila di sesuaikan dengan aslinya, ketika tv dinyalakan, tegangan jadi mengecil dan tv sekalipun bisa menyala, hasil gambar dan suara jadi cacat tidak karuan.

Akhirnya keputusan yang diambil adalah dengan mengatur tegangan dalam keadaan tv sedang menyala, asal gambar dan suara sudah pas, masalah dianggap beres. Padahal secara tidak langsung, anda sedang menghitung mundur akan kehancuran dari karir dan refutasi anda sendiri sebagai teknisi yang harus dan wajib mengkedepankan tingkat kualitas.

Kenapa saya bicara seperti itu? coba saja anda pikirkan sendiri, dari contoh sederhana tv cina, anda tau berapa volt tegangan B+ ketika tv sedang standby? berapa volt tegangan vertikal ketika tv sedang standby? berapa volt tegangan audio ketika tv sedang standby? belum tegangan-tegangan yang lain.

Anda tidak akan tau pasti, karena yang anda lakukan adalah mengukurnya ketika tv sedang dalam keadaan menyala, semuanya terukur baik-baik saja, tapi ketika sipemilik tv tersebut mematikan pesawat televisi menggunakan remot kontrol atau dibuat standby, tegangan B+ yang tadinya 115 volt bisa naik sampai 130 volt, itu memang tidak akan jadi masalah, tegangan vertikal yang tadinya 24-27 volt bisa naik sampai 30-35 volt, itu masalah serius, tegangan audio yang tadinya 12-14 volt bisa naik sampai 18-22 volt, itu masalah buat anda.

Belum lagi tegangan yang diperuntukan untuk IC Program dan osilator, walau dikendalikan oleh komponen seperti transistor, dioda zener dan IC regulator, namun ada batasan input tegangan yang harus anda perhatikan dengan seksama, apabila tegangan input melebihi kapasitasnya, maka bisa terjadi kerusakan lebih parah untuk komponen lainnya.

Nah menyikapi masalah diatas yang seringkali saya temukan dilapangan, disini saya akan memberikan panduan lengkap cara mengganti power suplay regulator perangkat elektronik seperti tv tabung, tv led, tv lcd dan lain-lain yang benar dan akan saya share kali ini, berasal dari pengalaman pribadi, yang alhamdulillah selalu mendapatkan hasil memuaskan.

Cara mengganti power suplay regulator dengan gacun

Cara mengganti power suplay regulator dengan gacun yang benar untuk mendapatkan hasil terbaik:

  • Siapkan sebuah gacun dengan besaran ampere sesuai dengan kebutuhan, saya sarankan untuk menggunakan gacun yang berukuran 7 ampere ke atas, walau regulator yang akan diganti hanya 2 ampere.
  • Buang Transistor atau FET, atau STR Regulator yang akan diganti dengan gacun.
  • Pasang kabel gacun yang berwarna merah kebagian kolektor bekas kaki transistor atau FET atau STR. (Saya yakin semua teknisi sudah tau).
  • Pasang kabel gacun yang berwarna hitam pada jalur negatif (Ground) chasis regulator. (Kalau kesulitan, anda bisa memasangkan langung pada kaki elko regulator di bagian negatifnya).
  • Pasang kabel gacun yang berwarna biru pada kaki optocoupler bagian emitornya, (Agar lebih jelas, anda bisa lihat skema yang terdapat pada kotak gacun). Nah pada tahap pemasangan kabel biru, pasti anda akan mengalamai kendala, yang biasanya kalau kabel biru dipasang maka tegangan menjadi kecil dan susah untuk dinaikan. Justru disinilah kunci keberhasilan pemasangan gacun, silahkan anda perhatikan pada KIT PCB gacun tepat kabel berwarna biru terpasang, disitu ada lubang untuk komponen trimpot, pasang trimpot dengan ukuran 500-1000 ohm, lalu pindahkan kabel biru ke titik atau lubang sesudah trimpot.
  • Posisikan trimpot yang tadi dipasang di posisi 0 atau terhubung singkat.
  • Sambungkan kabel AC input ke sumber daya listrik.
  • Putar trimpot yang tadi dipasang pelan-pelan sampai tegangan output yang dihasilkan sesuai dengan yang seharusnya keluar seperti sebelum menggunakan gacun. Sebagai contoh misalnya yang sedang anda garap adalah sebuag televisi yang tegangan B+ nya harus 115 volt, maka putar trimpot tersebut sampai tegangan tepat 115 volt. (Proses pengaturan besar kecilnya tegangan, pastikan peralatan sedang dalam keadaan standby).
  • Selanjutnya tempelkan FET gacun pada pendingin bekas komponen utama regulator lalu baut yang kencang, disarankan sebaiknya gunakan termal paste.
  • Coba nyalakan perangkat yang sedang anda eksekusi, sambil perhatikan apakah ketika perangkat dalam keadaan standby dan hidup "ON" mengalami penurunan atau tidak. Kalau masih mengalami penurunan, silahkan sesuaikan dengan cara memutar trimpot utama bawaan gacun sampai tegangan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Selesai.

Kalau anda mengganti power suplay regulator dengan gacun mengikuti saran yang sudah saya jelaskan diatas, maka sekalipun ada perbedaan tegangan ketika perangkat standby dan ON, maka perbedaannya tidak akan lebih dari 10%, jadi tidak akan terjadi lonjakan tegangan yang bisa membahayakan komponen-komponen penting.

Dan kelebihan lain kalau anda mengikuti semua saran saya, apabila anda mengganti power suplay regulator dengan gacun untuk perangkat yang ketika standby tegangan-tegangan yang keluar kecil dan ketika perangkat ON tegangan sesuai dengan kebutuhan, maka sistem kerja kontrol regulator akan berjalan seperti aslinya sebelum diganti dengan gacun.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai panduan cara mengganti power suplay regulator menggunakan gacun yang benar untuk mendapatkan hasil terbaik. Kalau diantara pembaca menemukan kendala lain, silahkan tanyakan langsung pada halaman komentar yang disediakan. Semoga bermanfaat.

1 komentar so far

Mas Flyn mau nanya..Saya punya speaker aktif sudah lama ngak dinyalain. Giliran saya coba suaranya ngak bisa besar..masalahnya apa ya..

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon