Cara Mencegah Serangan Virus Ransomware WannaCry

Sejak beberapa waktu kebelakang dunia IT dibuat geger dengan munculnya sebuah virus jahat yang bernama Ransomware WannaCry. Virus tersebut sudah menyebar ke lebih 70 negara yang salah satunya adalah indonesia, menurut informasi sudah memakan banyak korban. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mencegah atau menangkal serangan virus Ransomware WannaCry tersebut, agar tidak sampai menyerang komputer kesayangan anda.

Cara Mencegah Serangan Virus Ransomware WannaCry

Sebelum kita lanjut ke cara mencegah serangan virus Ransomware WannaCry, alangkah baiknya kita sama-sama pelajari, bagaimana metode serangan yang dilakukan oleh virus jahat tersebut.

Virus Ransomware WannaCry atau kalau menurut wikipedia disebut sebagai Serangan perangkat pemeras WannaCry, menyerang calon korbannya melalui jaringan internet dengan perantara email, jadi sikorban akan menerima sebuah email, dan kalau email tersebut di klik, maka virus akan langsung masuk ke komputer dan menyerang dengan cara mengencrypt file yang berada dalam komputer.

Dan apabila komputer tersebut terhubung dengan komputer lain yang memiliki jaringan yang sama, maka semua komputer akan terinfeksi oleh virus tersebut. Otomatis semua file yang ada pada setiap komputer ketika dibuka akan menampilkan sebuah software aplikasi seperti gambar diatas.

Si korban bisa membuka file asalkan bersedia membayar tebusan berupa bitcoin yang nilainya sekitar $300 atau sekitar 4 juta rupiah untuk mendapatkan kode decryptornya. Dan tidak berhenti sampai disitu, kode encrypted akan terus mengalami rolling, otomatis kode decryptornya juga akan berganti-ganti terus selama komputer yang sudah terinfeksi tidak di instal ulang untuk membersihkan virus Ransomware WannaCry yang sudah menempel.

Nah agar jangan sampai hal tersebut menimpa komputer anda, simaklah tips atau langkah-langkah sederhana yang akan saya bagikan untuk mencegah atau menangkal serangan virus paling jahat Ransomware WannaCry ini.

Cara mencegah serangan virus Ransomware WannaCry adalah sebagai berikut:


  1. Matikan jaringan internet (Wifi/LAN) yang terhubung dengan komputer.
  2. Siapkan Hardisk eksternal.
  3. Backup semua data pada Hardisk eksternal tersebut untuk jaga-jaga.
  4. Update Patch MS17-010 yang bisa anda ambil melalui link berikut https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx.
  5. Jangan aktipkan fungsi macros.
  6. Nonaktifkan fungsi SMB v1.
  7. Perbaharui anti virus (saat ini sudah banyak anti virus yang dilengkapi dengan anti ransomware wannaCry).
  8. Jangan sembarangan membuka email yang masuk.
  9. Blokir port ip 139, 445 dan 3389.
  10. Lakukan scaning virus setiap kali anda selesai menjalankan komputer, terutama apabila selesai dijalankan secara online.
  11. Selalu lakukan backup file setelah selesai melakukan scanning virus.
  12. Pastikan setiap kali menghidupkan komputer, jangan terhubung dulu ke jaringan internet, sebelum windows dan anti virus anda berada pada posisi berjalan sepenuhnya, karena virus tersebut bisa masuk ketika anti virus dan scurity windows masih dalam keadaan memuat data.
  13. Matikan jaringan internet sebelum mematikan komputer.
Semua langkah diatas hanyalah upaya pencegahan atau penangkal saja, namun saya tidak bisa menjamin kalau cara diatas bisa memberikan perlindungan sepenuhnya. Makanya sangat penting untuk membackup semua data yang ada pada komputer anda, agar apabila virus terlanjur masuk, anda bisa dengan mudah melakukan instalasi ulang windows.

Catatan lain: Virus Ransomware WannaCry ini sangat mudah menyerah windows XP, jadi sangat disarankan kepada para pengguna windows XP untuk mengupgrade OS nya ke Windows 7 dan setelahnya.

Mungkin itu saja tips dari saya mengenai cara mencegah atau menangkal serangan virus Ransomware WannaCry yang sangat berbahaya ini. Kalau diantara pembaca punya pengalaman yang lebih baik tentang cara mencegah virus ini, silahkan berbagi informasi pada halaman komentar yang disediakan, agar bisa membantu banyak orang jangan sampai jadi korban selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Related Post:

1 komentar so far

Numpang baca-baca pak min.. .soalnya lagi gak punya komputer 😀

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon