Selasa, April 18, 2017

TV Samsung suara ada tapi gambar gelap (blank)

Beberapa hari kebelakang ada seorang sahabat yang menelpon saya, beliau adalah seorang teknisi elektronik (tukang servis) yang kebetulan menemukan kasus kerusakan tv samsung dengan gejala suara ada tapi gambar gelap (blank), kalau dibiarkan berjam-jam terkadang gambar mau muncul.

Menurut keterangan beliau semua komponen sudah di ukur tidak ada yang rusak, percobaan pergantian IC RGB dan IC program yang merangkap osilator sudah dicoba diganti, namun tv tetap gelap, tapi kalau screen flyback dinaikan timbul garis blanking dan kalau diturunkan lagi, gambar muncul, namun setelah dimatikan dan dihidupkan lagi, maka tv kembali gelap.

Keterangan lengkapnya tv samsung tersebut, menggunakan IC TDA 6107 untuk penguat RGB nya, dan menggunakan IC TDA 9381 sebagai Program yang merangkap osilator.

Kalau saya langsung menulis point inti cara memperbaiki tv samsung dengan kasus gambar gelap seperti yang saya terangkan diatas, maka tdak akan jadi ilmu, sementara saya sangat berharap, setiap pengalaman yang saya tulis bisa jadi ilmu yang bermanfaat bagi sesama.

Untuk itu dalam artikel ini saya akan menulis secara lengkap, tentang apa penyebab tv samsung suara ada tapi gambar gelap (blank) dan bagaimana cara memperbaikinya.

TV Samsung suara ada tapi gambar gelap (blank)

Penyebab tv samsung suara ada gambar gelap


Untuk tv samsung yang menggunakan IC TDA 9381, dilengkapi dengan sensor 1k, yang cara kerjanya mengatur keseimbangan output sinyal warna (RGB) berdasarkan isyarat dari output 1k rangkaian RGB nya itu sendiri.

Jadi kalau IC RGB TDA 6107 mendapati adanya ketidak seimbangan lampu RGB, maka akan memberikan isyarat yang sesuai kepada IC TDA 9381, misalnya intensitas lampu layar sudah kurang lampu merah (R) nya, sensor 1k akan memberikan isyarat kepada IC osilator, dan otomatis IC osilator akan menambah output warna merah.

Nah dengan sistem kerja seperti itu, sekalipun ada ketidak seimbangan lampu RGB, gambar tv yang dihasilkan akan tetap terlihat nyata.

Namun celakanya, apabila intensitas lampu RGB sudah terlampau lemah, bahkan ada salah satu lampu yang sudah sangat lemah, maka sensor 1k tidak akan memberikan isyarat apa-apa, dengan begitu otomatis pula, ic osilator karena tidak diberi isyarat apapun, maka tidak akan mengeluarkan sinyal apapun, akhirnya output RGB jadi sangat kecil bahkan bisa saja nol sama sekali.

Kejadiannya akan seperti yang dialami oleh sahabat saya itu, tv jadi blank kalau screen flyback dinaikan maka akan muncul garis blanking, dengan begitu lampu RGB sedikit terbantu untuk memberikan sinyal kepada sensor 1k, dan sensor 1k meneruskan isyaratnya ke IC osilator, dan tv bisa mengeluarkan gambar. Namun kalau sudah dimatikan, dan sudah dingin, tv kembali gelap.

Saya rasa penjelasan saya sudah cukup lengkap, kenapa bisa terjadi kasus gambar gelap dengan gejala-gejala seperti yang terangkan diatas.

Sekarang kita lanjut ke bagaimana cara menangani kasus seperti itu, masalah seperti ini saya rasa perlu dijelaskan sejelas-jelasnya, karena kasus seperti ini bisa terjadi tidak hanya untuk tv samsung saja, tapi bisa terjadi kepada tv-tv yang menggunakan sensor 1k sebagai isyarat otomatis output sinyal RGB.

Cara memperbaiki tv samsung layar gelap (blank)


Kasus seperti ini sudah yakin 100% penyebabnya adalah layar CRT yang mengalami kerusakan, yaitu lemahnya lampu RGB secara keseluruhan, walau levelnya berbeda-beda.

Nah untuk memperbaikinya berarti anda harus fokus kepada CRT saja, 90% kasus bisa ditangani dengan 2 cara, yaitu:
  1. Tembak CRT (restorer)
  2. Menaikan tegangan Heater (filamen)
Untuk melakukan 2 cara perbaikan, tentunya harus anda lakukan dengan sangat berhati-hati, karena kalau gegabah, bukan malah bagus, justru layar CRT bisa putus atau sama sekali tidak mengeluarkan sinyal RGB.

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda jalankan..

1. Tembak CRT atau CRT restorer.

Tembak CRT atau CRT restorer tujuannya supaya lemahnya lampu RGB yang disebabkan oleh korosi bisa teratasi, tapi sebaiknya dalam melakukan CRT restorer harus dimulai dulu dari lampu RGB yang paling lemah, setelah seimbang, silahkan lakukan penembakan terhadap semua kaki atau PIN RGB sampai hasilnya maksimal.

Mengenai CRT restorer, anda bisa membaca artikel saya yang berjudul: Rangkaian CRT Restorer atau penembak layar. Disitu saya tulis lengkap dari cara membuat sampai cara menggunakannya.

2. Menaikan tegangan Heater atau filamen.

Apabila cara pertama yaitu tembak CRT masih belum menunjukan hasil yang maksimal, atau masih terjadi gambar blank apabila televisi sudah benar-benar dingin, atau setelah tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa mencoba cara kedua yaitu menaikan tegangan Heater atau filamen.

Untuk menaikan tegangan heater, sebaiknya dilakukan lebih hati-hati lagi, karena kalau kelebihan tegangan bisa menimbulkan putusnya lampu RGB, dan kalaupun tidak putus, lampu layar akan menjadi lebih cepat lemah. Ikuti langkah berikut:
  • Buang resistor pembatas tegangan heater, letaknya berada antara kaki flyback output heater sampai kaki heater pada layar CRT, lalu sambung langsung menggunakan kabel atau kawat, maka tegangan akan naik antara 0.5-1 volt, silahkan cek apakah gambar sudah bisa muncul normal atau belum
  • Kalau dengan menjumper tegangan heater tidak cukup untuk membangkirkan tegangan RGB yang cukup, anda bisa menambahkan lilitan pada batang ferit flyback.Tapi ingat jangan lebih dari 1 lilitan. Dan menurut pengalaman saya 99% kasus samsung layar gelap bisa diselesaikan.
Setelah gambar bisa muncul tapi keseimbangan warna kurang bagus, misalnya kemereh-merahan, atau kehijau-hijauan, atau kebiru-biruan, anda harus melakukan penyetingan RGB. Karena setelan RGB langsung dikendalikan oleh IC Program, maka untuk menyetingnya anda harus masuk ke factory mode atau setingan dasar pabrik.

Mengenai cara masuk ke factory menu tv samsung dan televisi-televisi merk lainnya, anda bisa membaca artikel saya yang berjudul: Cara masuk factory menu semua merk televisi.

Nah itulah pembahasan tentang penyebab dan cara memperbaiki tv samsung dengan gejala suara ada tapi layar gelap (blank). Kalau ada yang kurang dimengerti, silahkan langsung tanyakan pada halaman komentar yang disediakan. Semoga bermanfaat.

4 comments

Kejadiannya sangat mirip dengan tv yg sedang aku perbaiki..
Setelah pemasangan gacun Krn blok power supply yg amburadul, semua tegangan output skrg normal, baik Baik B+ 120v, 12v, 6,5v dll...
Tv Samsung ini menggunakan IC tunggal tda 121xx...
Apakah cara mengatasi gambar keluar lama kadang posisi stand by bila tombol vol ditekan, suara ada namun gambar tidak tampak ?

Pengalaman saya itu positif tabung sudah tidak sama tegangan RGB nya, bisa di akali dengan menaikan tegangan HEATER sedikit saja, naikan 1 sampai 2 volt saja

Dengan penambahan 1volt ke heater sedikit membantu om, kurang lebih 5 menit, gambar keluar...
Tapi saya memutuskan untuk tembak CRT, minta panduannya....
HT sudah diberi tegangan travo 1A / 6 volt, hasil pengukuran menggunakan tester x1k ( 10k nya error ) adalah g1 - blue : 200kohm, g1 - red : 500kohm, sedangkan g1 - green : 28kohm...
Bagaimana keadaan tabung CRT ini om ? apakah masih bisa di tembak ? Yg mana dulu yg harus di tembak..
Terima kasih...

Berhasil om, kasus ditutup, setelah melakukan tembak rgb CRT tv sekarang normal...
Terima kasih, artikel nya sangat membantu...
Ditunggu postingan yg lain..

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon