TV LG Slim suara ada gambar gelap

Mungkin untuk sebagian teknisi, hal seperti yang akan saya jelaskan kali ini sudah tidak asing lagi, namun untuk yang masih pemula tentu akan merasakan kesulitan tertentu ketika menemukan kerusakan televisi LG slim dengan gejala suara ada tapi gambar gelap.

TV LG Slim suara ada gambar gelap

Sebenarnya kasus kerusakan televisi model slim dengan gejala suara ada tapi gambar tidak ada (blank), bukan hanya terjadi pada tv LG saja, hampir semua merk tv model slim pernah tertimpa masalah yang sama. Namun pada artikel ini saya akan fokus membahas penyebab dan cara memperbaiki suara ada gambar gelap, untuk tv merk LG saja. Agar para pencari sumber referensi bisa dengan mudah mendapatkan solusi yang dicarinya.

Penyebab dan cara memperbaiki suara ada tapi gambar gelap pada tv LG slim


Menurut pengalaman penulis, hal tersebut biasa terjadi karena 3 hal. Yang tentunya dari 3 penyebab tersebut bisa dikenali dengan tanda-tanda tertentu.

1. Tegangan filamen (Heater) tidak ada

Penyebabnya bisa karena resistor untuk menghantarkan tegangan dari output flyback putus, atau hanya lepas solderan saja.

Cara memperbaikinya: Nyalakan televisi lalu ukur tegangan pada kaki CRT bagian heater, kalau tidak ada tegangan, lanjut pengukuran ke kaki flyback bagian output tegangan untuk heater. Kalau ada, lanjut pengukuran ke kaki resistor yang nilainya antara 0.01 sampai 2.2 ohm 2 watt.

Biasanya solderan lepas atau resistornya yang putus. Kalau memang putus, silahkan ganti dengan ukuran yang sama. Jangan menggunakan ukuran yang lebih kecil apalagi menjumpernya, karena pada umumnya untuk tabung CRT model slim sangat rapuh, kelebihan tegangan sedikit saja bisa berakibat fatal.

2. Tegangan screen drop

Banyak sekali kasus yang menimpa televisi-televisi tabung model slim, yaitu hilangnya tegangan G2 atau screen. Hal tersebut terjadi karena terjadi hubungan singkat yang disebabkan oleh korosi antara kaki G2 dan G1.

Untuk memastikannya, lepas dulu kabel Screen flyback, lalu nyalakan televisi dan ukur ujung kabel screen tersebut menggunakan volt meter pada skala 1000 volt. Kalau terukur normal berarti positif kaki tabung CRT antara G1 dan G2 terjadi hubungan singkat (konslet).

Cara memperbaikinya: Pasang kembali kabel screen lalu lepas solderan socket RGB khusus kaki atau pin G2. Pastikan sampai benar-benar lepas, kalau sudah lepas, silahkan nyalakan televisi sambil memutar potensiometer screen flyback ke arah kanan. Perhatikan kalau sudah terlihat percikan api yang lumayan kuat didalam tabung, berarti kaki G1 dan G2 sudah terlepas hubungan pendeknya.

Selanjutnya silahkan solder kembali kaki socket RGB yang dilepas tadi, hampir 99% kasus konsletnya kaki G1 dan G2 bisa diatasi dengan cara tadi.

3. Rusak IC Vertikal

Rusaknya IC vertikal juga bisa menyebabkan suara ada tapi gambar tidak ada, tapi biasanya bisa dikenali dengan tanda-tanda terjadi protect setelah beberapa detik.

Cara memperbaikinya: Ganti saja langsung IC Vertikal dengan yang baru atau yang sudah yakin masih bagus, kalau masih terjadi protect, periksa dioda power suplay untuk tegangan IC vertikal.

Baca juga: Kerusakan umum lainnya yang biasa terjadi pada TV LG.

Nah itulah 3 hal yang bisa menyebabkan suara ada tapi gambar tidak ada pada tv LG model slim, dan cara memperbaikinya. Kalau ada diantara perbaca yang menemukan kasus lain, silahkan layangkan pertanyaan dihalaman komentar yang disediakan. Sekian dan semoga bermanfaat.

4 komentar

gan kalo tv-nya LED, masalahnya dibagian apa ya??

Biasanya ada pada ic gambarnya tuh .. tp tunggu aja suhu nya balas koment

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Ada 4 kemungkinan.

1. Bisa saja rangkaian DC TO DC inverternya yang rusak.
2. Bisa Lampu LED nya ada salah satu yang putus sehingga semua lampu tidak mau menyala, karena lampu dipasang secara seri.
Bisa T-CON nya yang rusak
4. Bisa pannelnya yang rusak.

Untuk memastikan, apakah ketika tv dinyalakan terlihat ada lampu nyala dibalik layar atau tidak, kalau ada berarti kerusakan antara T-CON dan pannel. Kalau tidak ada, berarti kerusakan ada di dc to dc dan lampu led.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon