Polytron Ultra Slim Level Volume Audio Terlalu Besar

Mungkin masalah lengkap yang sedang anda hadapi adalah sebagai berikut: TV polytron ultra slim, ketika volume audio di kecilkan atau diminimalkan sampai screen display control audio menunjukan angka 1 tapi volume suara yang keluar dari load speaker masih terlalu besar, atau ketika dinaikan dari angka 0 ke angka 1 suara langsung besar dan terdengar keras.

Kalau memang kasusnya sesuai dengan keterangan saya diatas, hal tersebut bisa dikategorikan sebagai masalah umum yang biasa terjadi pada rangkaian elektronik terutama televisi keluaran baru, dan terjadi bukan hanya pada tv polytron saja, tapi hampir semua televisi, seperti tv merk cina yang pernah saya ulas sebelumnya mengenai masalah setingan audio yang terlalu besar.

Artikel Terkait: Cara mengatur setingan audio TV China.

Polytron Ultra Slim Level Volume Audio Terlalu Besar

Nah kalau anda menghadapi masalah seperti itu, saya tegaskan kalau sebenarnya tidak ada kerusakan pada rangkaian yang berhubungan dengan Audio, penyebabnya hanya kesalahan sistem saja. Dan agar lebih jelas, saya akan memberikan sedikit gambarannya.

Setiap produsen televisi mengeluarkan model terbaru, sebelumnya produsen tersebut sudah membuat dulu sebuah firmware yang akan digunakan sebagai sistem yang mempekerjakan seluruh rangkaian elektronik tersebut.

Setelah rangkaian selesai dibuat, maka firmware tersebut akan dimasukan kedalam sebuah chipset yang umum disebut sebagai eeprom atau IC memori, lalu data yang tersimpan dalam IC memori lah yang kemudian di load atau di muat oleh semua rangkaian, termasuk oleh rangkaian audio.

Jadi besar kecilnya input dan output audio tergantung dari setingan dasar yang tersimpan di dalam IC memori tersebut.

Pada awalnya saya juga merasa heran, kenapa hal tersebut tidak terjadi kesemua televisi padahal typenya sama. Setelah dipelajari ternyata terkadang kesalahan terjadi pada tahap fiinishing. Karena sedikit perbedaan type, tapi tetap menggunakan setingan memori yang beberapa bagian tetap sama.

Seperti contohnya, untuk polytron yang dilengkapi dengan rangkaian equalizer, untuk setingan besar kecil output audio dari osilator ke power amplifier tetap sama, padahal pada rangkaian yang menggunakan equalizer dan yang tidak menggunakan equalizer jelas berebda. Ada bypass komponen yang sangat berpengaruh terhadap setingan standart audio yang tertanam di IC memori.

Untuk menyesuaikannya tentu diperlukan akal cerdas, bisa dengan cara mengganti komponen bypass, atau dengan cara merubah setingan dasar audio melalui sistem. Nah agar tidak ribet sampai harus bongkar pesawat televisi, disini saya akan memberikan tips atau cara mengatur setingan audio tv polytron yang terlalu besar walau sudah berada di level 1 dengan cara menyeting setelan memorinya.

Cara mengatur setelan audio tv polytron:

  • Matikan pesawat televisi menggunakan remot kontrol
  • Tekan dan tahan tombol MENU pada remot selama 5-10 detik
  • Ketika televisi menyala, masukan kode 1-2-0-6 secara berurutan
  • Tekan beberapa kali program up/down sampai ditemukan VL1, VL25, VL50.
  • VL1 menentukan besar kecilnya audio dari 0 sampai 35%
  • VL25 menentukan besar kecilnya audio dari 33 sampai 66%
  • VL50 menentukan besar kecilnya audio dari 66 sampai 100%.
  • Setel VL1 kalau setelan awalnya 25 turunkan sampai hasil audio ketika volume dikecilkan sampai level 1, kecilnya suara sesuai dengan yang di inginkan.

Artikel terkait lengkap: Cara seting menu option tv polytron.

Nah itulah cara mengatasi tv polytron ultra slim atau type polytron lain, yang volume audionya terlalu besar walaupun level audionya sudah berada di angka 1. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon