Cara meningkatkan penghasilan google adsense

Tags

Ketika anda berhasil mendapatkan sebuah akun google adsense, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memasang unit iklan di situs/blog anda yang diterima sebagai penayang, dan langkah berikutnya adalah berusaha mencari cara bagaimana bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal dari iklan yang terpasang di blog anda tersebut, dan ketika earning mulai masuk tapi belum maksimal, upaya terakhir yang harus anda lakukan adalah mencari cara bagaimana meningkatkan penghasilan google adsense anda.

Dalam artikel ini saya akan mencoba memberikan tips kepada anda mengenai langkah apa yang harus anda lakukan. Walau saya sadar sebenarnya yang menulis tentang cara meningkatkan penghasilan google adsense ini sudah lebih dari ribuan bahkan mungkin sudah jutaan penulis blog, dan saya yakin setiap penulis punya analisa dan cara berbeda, pengalaman juga hasil yang berbeda-beda.

Begitu juga dengan saya, dalam melakukan pengoptimalan situs, pengoptimalan pemasangan iklan dan upaya untuk meningkatkan penghasilan adsense, punya cara dan analisa sendiri, dan yang saya tulis pada artikel ini merupakan hasil dari berbagai analisa dan eksperimen yang sudah saya lakukan.

Langsung saja pada pokok pembahasan yaitu cara meningkatkan penghasilan google adsense. Berdasarkan pengalaman saya pada umumnya blog yang beruntung menjadi penayang iklan google adsense memiliki 2 kategori, yaitu:
  1. Blog dengan traffic tinggi
  2. Blog dengan traffic rendah.
Dari kedua kategori blog yang saya sebutkan diatas, tentu ingin sama-sama mendapatkan hasil maksimal dari iklan yang tayang di blog masing-masing.

Karena kebetulan saya memiliki beberapa blog yang memiliki traffic berbeda, yaitu ada yang trafficnya tinggi dan ada yang trafficnya rendah, maka disini saya akan menjelaskan cara meningkatkan penghasilan google adsense yang saya lakukan untuk blog yang trafficnya tinggi dan untuk blog yang trafiknya rendah.

Cara meningkatkan penghasilan google adsense

1. Trik cara meningkatkan penghasilan adsense untuk blog yang trafficnya tinggi

Setiap blog yang mendapatkan traffic tinggi biasanya klik iklannya juga lumayan tinggi atau banyak, dengan RKT rata-rata biasanya antara 1-2%, jadi kalau dari 50rb tayangan laman, bisa mendapatkan klik sampai 250 klik, itu pengalaman dari blog saya.

Namun masalah yang biasa dihadapi oleh penayang yang memiliki blog bertraffic tinggi adalah nilai BPK adsensenya kecil. Sehingga dengan klik iklan sebanyak itu, belum jadi jaminan untuk bisa gajian atau PO tiap bulan. Itu pengalaman saya juga, kalau anda punya pengalaman berbeda, ya tidak usah melanjutkan membaca artikel ini.

Tapi kalau pengalaman anda sama seperti saya, silahkan lanjutkan sampai tuntas membaca artikel ini.

Lalu apa yang saya lakukan untuk meningkatkan nilai BPK adsense agar menjadi lebih baik? Saya melakukan beberapa hal, diantaranya:
  • Memperbanyak jumlah kata pada setiap konten
  • Memancing pengiklan yang berani membayar mahal
Dan berikut penjelasannya:
  • Memperbanyak jumlah kata pada setiap artikel - Berdasarkan pengalaman dari hasil pengamatan saya, semakin panjang sebuah konten, akan memancing pengunjung untuk lebih lama membaca dan berada di blog saya, otomatis tayangan iklan menjadi labih lama, dan ketika pengunjung tersebut mengklik iklan, nilai BPK adsense saya terima jauh lebih besar dari biasanya.
  • Memancing pengiklan yang berani membayar mahal - Setiap iklan yang tayang di setiap situs/blog tentu memiliki nilai BPK berebda-beda. Tugas kita adalah mengetahui rata-rata BPK dari setiap iklan, dalam hal ini saya menggunakan tool gratis milik google yang disebut keyword planner.
Dari situlah saya bisa tau nilai BPK dari masing-masing pengiklan, lalu saya sisipkan beberapa kata kunci dalam setiap artikel, agar iklan-iklan yang nilai BPK nya mahal bisa tayang di blog saya.

Artikel Terkait: Cara mancing iklan yang nilai BPK nya besar.

2. Trik cara meningkatkan penghasilan google adsense untuk blog yang traffic nya rendah

Untuk blog yang trafficnya rendah tentu klik iklan yang didapat juga akan jauh lebih rendah, itu realita, saya tidak tau kalau anda punya pengalaman yang berbeda, tapi dari beberapa blog saya yang trafficnya biasa-biasa saja, selalu mendapatkan klik iklan jauh lebih sedikit.

Nah langkah yang harus anda lakukan tentu sedikit lebih berat dari poin pertama, yaitu harus berusaha bagaimana caranya agar klik sedikit tapi bisa mendapatkan bayaran besar.

Apakah mungkin dengan klik sedikit bisa menjamin mendapatkan nilai BPK besar? Kan judul artikelnya juga bagaimana mencari cara untuk meningkatkan penghasilan google adsense, dan merangkum 2 kategori traffic blog, jadi saya harap anda tetap optimis, Pasti bisa!.

Lalu apa yang saya lakukan kepada blog yang trafficnya rendah, klik iklannya sedikit tapi penghasilannya cukup untuk bisa gajian PO tiap bulan? Saya melakukan hal berikut:
  • Memperbanyak jumlah kata dalam setiap artikel
  • Mengaitkan beberapa artikel
  • Membuat saluran khusus atau custom channel adsense
  • Menata sedemikian rupa pemasangan iklan
Dari poin-poin yang saya lakukan, berikut penjelasannya:
  • Memperbanyak jumlah kata dalam setiap konten atau artikel - Untuk poin ini sama halnya dengan cara meningkatkan penghasilan adsense untuk blog yang trafficnya tinggi, silahkan baca ulang keatas kalau belum jelas.
  • Mengaitkan beberapa artikel kedalam satu artikel - Cara ini tujuannya agar pengunjung membaca artikel tidak hanya satu, tapi mereka akan tertarik untuk membaca beberapa artikel setiap kali masuk ke blog kita, namun tentunya dalam mengaitkan setiap artikel, harus benar-benar artikel yang relevan dengan artikel pertama yang mereka baca.
Kalau anda salah dalam menawarkan artikel, justru akan membuat pengunjung kesal dan kecewa, dan mungkin, yang tadinya punya niat untuk mengklik iklan, jadi berubah pikiran.Tapi kalau anda benar-benar piawai dalam meramu konten, akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pembaca, akhirnya pembaca bisa berjam-jam berada di blog kita. Dan kalau mereka mengklik iklan, niscaya BPK yang didapat akan lebih besar.

Mengenai cara yang benar mengaitkan artikel satu dan lainnya, mungkin anda perlu membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul: Cara meningkatkan traffic blog tanpa harus update artikel baru. Dalam artikel tersebut dibahas lebih rinci tentang cara-caranya.
  • Membuat saluran khusus atau custom channel adsense - Tujuan dari membuat saluran khusus atau custom channel adalah agar iklan yang tayang di blog kita benar-benar iklan yang tertarget, dan agar iklan yang tertarget itu iklan yang nilai BPK nya mahal, maka anda harus pintar-pintar dalam merayu setiap pengiklan, dan tentunya juga konten yang anda suguhkan harus sesuai dengan keinginan pengiklan.
Mengenai cara membuat saluran khusus atau custom channel, silahkan baca artikel saya yang berjudul: Meningkatkan penghasilan google adsense dengan membuat saluran khusus atau custom channel.
  • Menata sedemikian rupa pemasangan iklan adsense - Google sangat menyarankan kepada setiap penayang, untuk meningkatkan pendapatan iklan, usahakan agar iklan bisa terlihat lebih lama oleh pengunjung, semakin lama pengunjung melihat iklan, maka ketika pengunjung tersebut mengklik iklan, penayang akan mendapatkan 2 (dua) bayaran sekaligus, yaitu BPK (Bayar per klik) dan BPS (Bayar perseribu Tayang).
Otomatis bayaran yang akan kita dapat gabungan dari 2 cara google adsense membayar para penayangnya.

Mengenai cara menata iklan yang baik, silahkan baca artikel saya yang berjudul: Kiat menata pemasangan iklan untuk meningkatkan penghasilan adsense.

Yang terakhir adalah berdoa kepada sang pemberi rejeki, karena kewajiban setiap manusia adalah berusaha dan berdoa.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara meningkatkan penghasilan google adsense, untuk blog yang memiliki traffic tinggi dan untuk blog yang memiliki traffic rendah, berdasarkan dari berbagai hasil eksperimen saya pribadi.

Kurang lebihnya saya mohon maaf, apabila diantara pembaca punya pengalaman yang lebih bagus, silahkan berbagi secara ikhlas di halaman komentar yang disediakan, untuk membantu penayang-penayang lain yang sedang mencari cara untuk meningkatkan penghasilan google adsensenya. Semoga bermanfaat.

4 komentar

Mas pakai page level ads gak?
Ohh ya kepo nih, berapa punya blog dan penayangannya perhari?

Blog yang aktif barui 5 buah mas, tapi beda2 akun adsense, penayangan ada yang 2000, 3000, 5000, 1000, 12000, kalau sabtu dan minggu ada salah satu blog saya yang sampai 80rb.

PAGE LEVEL ADS saya pakai mas, karena kebanyakan pengunjung blog-blog saya dari smartphone

izin mau coba tips diatas agar hasil adsense blog saya makin meningkat mas

Hehe becanda nih si bos, paling punya cara paling ampuh untuk meningkatkan penghasilan adsensenya. terima kasih sudah berkunjung. sukses selalu... amiin

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon