Cara menambah ukuran RAM dengan Virtual Memory

Memang selain mengganti RAM dengan ukuran yang lebih besar, ada cara lain yaitu menambahnya dengan Virtual Memory. Namun harus anda ketahui bahwa Virtual Memory ini hanya file yang di ciptakan dengan memanfaatkan partisi hardisk. Jadi kecepatannya tidak akan menyamai kecepatan RAM, sekalipun anda menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai partisi utama di komputer anda.

Cara menambah ukuran RAM dengan Virtual Memory

Banyak yang mengatakan kalau dengan membuat Virtual Memory maka kecepatan komputer atau laptop akan bertambah menjadi dua kali lipat. Semua itu tidaklah benar, karena seperti yang saya sebutkan diatas, secepat apapun kinerja Hard Drive atau SSD tidak akan mampu menyamai kecepatan sebuah RAM.

Yang benar adalah, dengan membuat Virtual Memory, maka akan menambah ruang cache, jadi ketika anda mengakses atau menjalankan aplikasi yang sebelumnya sudah pernah dijalankan, maka sistem akan dengan cepat membuka aplikasi tersebut.

Cara menambah ukuran RAM dengan Virtual Memory


Klik menu Windows lalu klik kanan pada tab computer dan selajutnya pilih properties. Anda akan melihat 4 (empat) buah menu pilihan, diantaranya:
  1. Device Manager
  2. Remote settings
  3. System protection
  4. Advanced system settings
Yang harus anda lakukan adalah memilih Advanced system settings, maka akan muncul menu system properties, seperti gambar dibawah ini.

System Properties windows

Selanjutnya silahkan klik tombol settings, seperti yang ditunjukan oleh tanda panah pada gambar diatas, maka anda akan masuk ke menu Performance Options. Selanjutnya pilih tab Advanced, dan silahkan klik tombol Change.

Performance Options windows

Nah sampai disitu anda akan masuk ke menu Virtual Memory yang dimaksud. Langkah selajutnya adalah anda harus menghilangkan tanda ceklist pada menu virtual memory tersebut, dan selanjutnya klik pada radiobutton "Custom Size". Dan selanjutnya silahkan isi dua kolom kosong yang tersedia dengan ukuran yang tertera pada bagian bawah. Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar berikut ini.

Cara membuat Virtual Memory windows

Jadi pengisian Custom size dalam pembuatan virtual memory yang benar adalah:
  • Initial size (MB) di isi dengan Currently allocated.
  • Maxsimum size (MB) di isi dengan Recomended.

"Jangan membuat ukuran lebih, karena sama sekali tidak akan efektif".

Kalau penyetingan sudah benar, langkah selanjutnya silahkan klik tombol Set, dan terakhir tekan tombol "OK" pada setiap tab menu, sampai anda disuruh untuk merestart komputer. Silahkan restart komputer anda, maka anda sudah berhasil membuat Virtual Memory dengan memanfaatkan partisi hardisk C.

Itulah cara menambah ukuran RAM dengan membuat Virtual Memory yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kalau ada yang kurang dimengerti, silahkan langsung layangkan pertanyaan melalui kolom komentar yang disediakan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon