8 Cara agar artikel blog muncul di google paling atas

Setiap blogger tentu melakukan hal yang sama yaitu mencari cara agar artikel dan blog bisa muncul di google paling atas, karena dengan munculnya blog dan setiap artikel dihalaman pertama mesin pencarian google, sudah pasti blognya akan mendapatkan trafik organik melimpah, serta bisa mempopulerkan blog dengan cepat, oleh sebab itu tidak heran kalau berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan posisi terbaik, yaitu menjadi nomer satu di google.

Diantara pembaca mungkin bertanya, kenapa harus menjadi yang terbaik dimesin pencari google? bukankah masih banyak search engine selain google? Memang sangat benar, kalau search engine itu bukan hanya google, tapi masih banyak mesin pencari lain, seperti bing, yandex dan lain-lain. Namun tidak bisa dipungkiri, kalau raja pencarian di internet adalah google. Jadi tidak heran kalau hanya posisi terbaik di google menjadi prioritas hampir semua blogger atau webmaster.

Namun persoalan nya disini adalah bagaimana caranya agar posisi terbaik di google itu bisa kita raih? Tentu ada cara dan metode-metode khususnya, saya yakin semua blogger sekalipun masih newbie atau pemula pasti sanggup melakukannya. Asal punya niat kuat serta kesabaran tinggi, karena jangankan kita yang masih belajar, seorang penulis kelas kakap di blog panduanim pun pernah berkata, kalau untuk memunculkan sebuah konten/artikel di halaman paling atas mesin pencari google itu, butuh waktu antara 4 sampai 6 bulan, tergantung tingkat pencarian dan tingkat persaingan.

Nah berdasarkan pengalaman dari beberapa artikel yang ada di blog saya, posisinya semakin hari semakin membaik, bahkan ada beberapa postingan di blog saya saat ini sudah berada di posisi paling atas mesin pencari google, walau dicari dengan sembarang kata kunci, saya akan berbagi pengalaman kepada anda, tentang cara atau langkah agar judul postingan blog anda bisa muncul di google pencarian paling atas, dan benar-benar murni dari pengalaman saya pribadi, bukan hasil re-write apalagi hasil copy paste.

Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas

Berikut ini adalah 8 cara agar artikel blog muncul di google paling atas


1. Pelajari algoritma mesin pencari
Algoritma mesin pencari yang saya maksud disini tiada lain yaitu google. Kita semua tau, kalau mesin pencari itu setiap saat selalu melakukan update atau perbaikan-perbaikan kecil algoritmanya, bahkan dalam jangka waktu tertentu google pasti melakukan update besar-besaran. Seperti beberapa waktu kebelakang, dunia blogging dihebohkan oleh algoritma terbaru google yang disebut algoritma Google FRED.

Banyak sekali situs kecil dan situs besar terkena imbas dari algoritma Google FRED tersebut, banyak blog mengalami penurunan trafik luar biasa. Semua dampak yang diakibatkan oleh algoritma Google FRED itu sebenarnya terjadi karena kekurang seriusannya para pemilik situs/blog dalam mempelajari bagaimana cara kerja dari algoritma mesin pencari. Sehingga segala cara untuk meraih posisi terbaik dilakukan, tak peduli kalau sebagian dari cara yang mereka lakukan bertentangan dengan kebijakan google.

Yang tadinya posisi artikel berada paling atas, sekali digoyahkan bisa langsung terjun keposisi paling buruk, bahkan banyak sekali pemilik situs/blog mengeluhkan kalau beberapa artikelnya menghilang sama sekali dari search engine. Jadi kalau anda menginginkan artikel dan blog anda selalu muncul dan bertahan di pencarian google paling atas, cara pertama yang harus anda lakukan adalah mempelajari bagaimana cara kerja algoritma mesin pencarinya.

2. Buat konten asli
Apa yang dimaksud dengan konten asli itu? Bukankah selama konten yang kita tulis dan kita publikasikan bukan hasil copy paste itu merupakan konten asli? Jawabannya bisa benar bisa salah. Karena menurut saya, konten asli itu terbagi dalam 2 (dua) kategori.
  • Konten yang ditulis berdasarkan pemikiran diri sendiri.
  • Konten yang ditulis berdasarkan keahlian diri sendiri.
    Berikut penjelasannya..!

    (a). Konten asli yang ditulis berdasarkan pemikiran diri sendiri karena melihat persaingan kata kunci, dan juga untuk tujuan berkompetisi. Seperti contoh konten yang saya tulis sekarang ini, saya beri judul "Cara agar artikel blog muncul di google paling atas" jelas bukan berdasarkan dari pemikiran atau ide diri saya sendiri, tapi semata-mata hanya mencoba berkopetisi memperebutkan kata kunci.

    Untuk konten yang ditulis berdasarkan kompetisi kata kunci, posisinya tidak akan pernah pasti, adakala berada di posisi terbaik, adakalanya justru berada di posisi terburuk. Dan sudah pasti selamanya akan seperti itu, mudah tergeser oleh konten dari situs/blog lain yang lebih baik berdasarkan penilaian dari robot mesin pencari.

    Saya sangat yakin semua penulis akan setuju dengan pernyataan saya ini. Kecuali kalau konten kita tersebut sudah memiliki page authority tinggi dan memiliki backlink kuat, akan mampu bertahan walau sudah ada konten dari blog lain yang jauh lebih baik. Tapi untuk membangun authority dan backlink bukanlah hal mudah dan bisa diraih secara instan, tetap memerlukan waktu dan usaha extra kuat.

    (b). Konten asli yang benar-benar terlahir dari ide sendiri tanpa memperdulikan tingkat pencarian kata kunci, apalagi untuk niat berkompetisi. Nah untuk konten yang memang asli terlahir dari ide, pemikiran, keahlian dan pengalaman diri sendiri, walau posisi awalnya kurang bagus, tapi dengan berjalannya waktu, bisa dipastikan posisinya akan semakin membaik. Karena konten seperti itu memiliki nilai keunikan lebih menonjol, dan akan selalu muncul di pencarian google paling atas.

    Seperti begini, anda seorang ahli dalam membuat template blog, contohnya blog arlina design, adminnya adalah orang yang memang ahli dalam membuat template. Ketika siapapun menulis kata kunci template arlina, maka mesin pencari akan menampilkan blognya mbak arlina, walau sudah banyak penulis lain menulis tentang tempalatenya mbak arlina, tapi tetap tidak mungkin bisa menggeser posisi blog arlina design dari halaman paling atas google.

    Berbeda dengan konten yang ditulis bukan dari keahlian dan pengalaman diri sendiri, atau hanya bermodalkan kepiawaian SEO dan menulis saja. Sebagai contoh banyak yang menulis tentang SEO on-page, tapi ketika tata letak menu acak-acakan saja sampai nanya kesana kemari, karena dia hanya bisa menulis tentang tanpa mengetahui arti.

    Ada juga yang menulis tentang cara daftar adsense, tapi blognya sendiri di optimalkan oleh orang lain, baru pendaftarannya bisa diterima oleh google adsense. Ketika suatu saat muncul berbagai pertanyaan, anda hanya akan bisa menjawab itu-itu saja, tidak akan memberikan variatif jawaban, karena anda sendiri sebenarnya tidak punya keahlian dan pengalaman cukup untuk menjawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan cara daftar adsense agar cepat diterima.

    Dan sekalipun anda menulis tentang hal itu, bisa saja pada start awal anda mendapatkan posisi terbaik, tapi bentuk kekurang puasan pembaca otomatis menciptakan tingkat bounce rate dari artikel anda tersebut, lambat laun akan menurun posisi artikel anda dari SERP google. Jadi sekali lagi saya tegaskan, kalau artikel blog anda ingin muncul di pencarian google paling atas, selalu tulis sesuatu yang memang berdasarkan keahlian dan pengalaman asli diri sendiri.

    3. Gunakan teknik SEO sewajarnya
    Mendapatkan posisi terbaik di google memang bisa dengan mudah diraih oleh cara mengoptimalkan SEO, baik SEO on-page maupun SEO off-page. Tapi harus tetap dalam kontek sewajarnya, bukankah yang terkena imbas dari algoritma FRED adalah blog-blog yang menerapkan teknik SEO berlebihan? sementara google sendiri telah memberikan pernyataan, kalau SEO tidak bisa menjadi satu jaminan postingan dan blog anda akan selalu dimunculkan dipencarian google.

    Berikut bukti pernyataan dari google tentang SEO.

    SEO bukan jaminan ranking 1 di google

    Jadi untuk mendapatkan ranking 1 di google, tidak perlu melakukan teknik SEO berlebihan, cukup menggunakan teknik sewajarnya, yang penting artikel kita bisa dirayapi dan dikenali dengan baik oleh robot indeks google.

    Artikel terkait: SEO: Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari.

    4. Share artikel sewajarnya
    Banyak para pemilik situs/blog demi mengejar trafik tinggi untuk tujuan agar page authority dari artikelnya tersebut cepat naik, melakukan share ke berbagai media sosial secara membabi buta, padahal cara-cara tersebut tidak akan mampu meningkatkan page authority, yang anda dapat hanyalah trafik tinggi sesaat saja. Naiknya page authority akan memposisikan artikel anda diposisi terbaik google, tetap trafik dari sumber organik dan komentar pengunjung yang sesuai dengan topik dari artikel tersebut.

    Yang terjadi kalau anda melakukan share artikel secara berlebihan, bukan posisi terbaik yang akan anda dapat, tapi justru sebaliknya, artikel anda akan disingkirkan dari mesin pencari google, karena dianggap melakukan tindakan spam. Bahkan ada beberapa contoh kasus, artikel belum terindeks oleh google, tapi sudah mendapatkan trafik banyak dari media sosial, akan sangat sulit muncul dihalaman pertama mesin pencari.

    Waktu yang tepat untuk mengshare artikel ke media sosial adalah, setelah artikel tersebut mendapatkan trafik lumayan banyak dari sumber organik, untuk meningkatkannya lagi, silahkan share ke media sosial yang direkomendasikan oleh google, seperti ke google+ ke twitter dan facebook. Itupun harus dilakukan dengan sangat hati-hati, lihat dulu tempat yang akan anda gunakan untuk share artikel tersebut, pastikan anggotanya disana adalah orang-orang yang memang cocok dengan artikel anda tersebut.

    5. Menjawab setiap pertanyaan pemirsa anda
    Setiap kali artikel anda muncul dipencarian google dan mendapatkan trafik, sudah pasti akan muncul berbagai pertanyaan dihalaman komentar situs/blog. Bentuk pertanyaan memang berbeda-beda, terkadang ada yang sesuai dengan topik, ada juga yang melenceng dari topik, nah tugas anda adalah menjawab dengan sebaik-baiknya setiap komentar dan pertanyaan. Perlu anda ketahui, kalau semakin banyak komentar yang relevan muncul dalam sebuah artikel. maka page authority dari artikel tersebut akan semakin tinggi, dan akan memperkuat posisi artikel anda di halaman paling atas pencarian google.

    6. Update artikel secara berkala
    Seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan algoritma mesin pencari, maka kita wajib melakukan update artikel secara berkala. Misalnya dulu tidak ada larangan menyisipkan kata kunci berlebihan pada artikel, dan dengan begitu artikel anda mampu mendapatkan posisi terbaik di google. Tapi seiring dengan semakin canggihnya mesin pencari, anda harus menggunakan kata kunci yang relevan saja, kalau tidak maka resiko terburuknya artikel anda akan disingkirkan atau tergeser posisinya oleh artikel dari blog lain yang lebih relevan.

    Artikel Terkait: 5 Penyebab artikel tersingkir dari page one mesin telusur.

    Terlebih lagi untuk artikel yang membahas seputar tutorial, contoh kecilnya tutorial tentang cara daftar adsense misalnya. Pasti semua orang yang pernah mendaftarkan diri menjadi publisher adsense akan tahu, kalau cara daftar adsense pada tahun 2016 berbeda dengan cara daftar adsense ditahun 2017. Nah ketika tahun 2016, boleh saja artikel anda berada di posisi terbaik google, bertengger di halaman paling atas, tapi kalau pada tahun 2017 anda tidak mengupdate artikel, sudah bisa dipastikan posisinya akan melorot tajam.

    Jadi kalau anda menginginkan artikel anda tetap bertahan sepanjang masa pada posisi terbaik google, selalu lakukan update sesuai dengan perubahan-perubahan yang terjadi setiap saat, jangan sampai lengah, karena kalau sudah muncul artikel tandingan yang lebih relevan, akan sulit untuk mengembalikan artikel blog anda ke posisi semula, karena mesin pengideks google sudah menganggap kalau artikel anda sudah tidak relevan lagi.

    7. Update gambar artikel sesuai dengan perubahan
    Memperbaharui gambar pada artikel pun sangat penting, karena terkadang yang dimunculkan oleh mesin pencari google, tidak hanya judul artikel yang relevan saja, tapi seringkali justru gambar yang dimunculkan. Sebagai contoh kecilnya, kalau anda menulis tentang cara membuat blog misalnya, anda pasti tahu kalau tampilan blogger di tahun 2016 berbeda dengan tampilan blog di tahun 2017 sekarang ini.

    Apalagi kalau anda menulis tentang cara menjadikan template bawaan blogger menjadi full responsif lengkap dengan gambar tutorial, untuk saat ini, artikel tersebut bisa dibilang sudah usang, sudah kadaluarsa, karena pihak google sendiri sudah mengeluarkan beberapa thema baru bawaan blogger yang sudah full responsif, baik untuk tampilan mobile dan juga desktop.

    Untuk mempertahankan posisi artikel seperti itu, agar tetap berada di posisi terbaik google, maka selain mengupdate artikel, gambar untuk tutorialnya pun wajib diupdate juga, agar ketika calon pengunjung menemukan artikel dan gambar dari artikel anda dimesin pencari, punya keinginan kuat untuk masuk ke blog anda. Beda halnya, sekalipun artikel sudah di update, tapi tetap menggunakan gambar yang lama, akan menjadi nilai negatif untuk artikel anda.

    8. Submit artikel secara berkala
    Ada sebagian blogger yang memberikan pernyataan kalau submit URL artikel itu cukup dilakukan sekali saja. Itu memang benar, tapi tidak 100% benar, karena google sendiri memerintahkan kepada setiap webmaster, untuk memberitahukan kami setiap ada perubahan yang terjadi pada situs anda. Karena menurut pengamatan saya, mesin indeks google bekerja berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan untuk setiap situs/blog, dan bekerja berdasarkan perintah langsung dari webmaster atau pemilik situs/blog.

    Tapi kegiatan submit menyubmit, harus dilakukan secara hati-hati, jangan menyubmit artikel yang sama dalam waktu terlalu dekat, karena sistem perayap google akan mendeteksi adanya kegiatan yang tidak sewajarnya, dan resiko yang akan anda dapatkan, kalau melakukan submit secara berlebihan, akan dikategorikan sebagai kegiatan spam. Waktu tercepat untuk melakukan submit artikel yang sama adalah 4 x 24 jam, atau 48 jam sekali.

    Artikel Terkait: Cara submit URL artikel ke google webmaster tools.

    Kesimpulannya:
    Cara paling tepat agar artikel blog muncul di google paling atas, dan menjadi yang terbaik dimesin pencarian google itu bisa dilakukan oleh siapa saja, tak peduli anda masih pemula seperti saya. Selama kita punya niat dan keinginan kuat, serta tahu tentang cara-cara yang benar, cara-cara yang seharusnya anda lakukan, cara-cara baik, sesuai dengan keinginan mesin pencari, dan sesuai dengan kebijakan pemilik mesin pencari, yaitu google.

    Itulah cara agar artikel blog muncul di google paling atas, paling awal, paling baik, atau menjadi ranking 1 di google yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan yang paling saya harapkan sebagai seorang penulis, semoga setiap artikel yang saya tulis ada manfaatnya untuk para pembaca.

    Related Post:

    6 komentar

    Memang semua harus ditekuni dan dipahami dengan benar, terimakasih kasih om, saat ini artikel saya masih acak acakan belum bisa menerapkan kata kunci dengan benar, mohon bimbingannya.

    Benar juga memang tidak mudah untuk meraih sesuatu apalagi ilmunya bisa dibilang NOL kaya saya hehe...mohon pencerahanlah..trims..

    Inti dari semua permasalahan, kalau mengingikan posisi setiap artikel muncul di google paling atas adalaah menulis yang bermanfaat bagi pembaca, dan usahakan selalu membuat konten yang asli, nanti yang akan menentukan posisi artikel adalah pembaca, semakin banyak pembaca yang masuk ke artikel tersebut, maka page authority akan semakin tinggi, dengan begitu google akan memposisikan artikel kita di halaman paling atas.

    Semua manusia terlahir darai NOL. terus saja berusaha, saya sama sekali tidak mengerti tentang SEO, tapi dengan rajin menulis, lambat laun banyak artikel saya yang muncul di google paling atas.

    Laahh...poin ke 8, saya memang terkadang mengupdate artikel-artikel lama yang butuh pembaruan, tapi saya tidak pernah resubmit kembali setelah melakukan perubahan, jadinya efeknya kurang ada pergerakan meski udah dipoles, saya fikir jika resubmit 1 artikel yg sama akan terjadi sesuatu yg kurang baik, ternyata gak apa apa toh...

    Yang kurang bagus itu melakukan patch as google mas, kalau submit itu malah di haruskan agar setiap perubahan yang terjadi pada artikel kita cepat diganti di mesin indeks google.

    Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

    Terima Kasih.

    EmoticonEmoticon