Jumat, April 14, 2017

8 Cara Agar Artikel Blog Muncul di Google Paling Atas

Setiap Blogger pasti akan melakukan hal yang sama yaitu mencari cara agar artikel blog muncul di Google paling atas, karena kalau artikel dari blognya bisa muncul di halaman pertama dan berada di urutan teratas mesin pencari Google itu termasuk salah satu cara untuk mendapatkan trafik organik melimpah ke blog, dan keuntungan lain yang didapat adalah bisa dengan cepat mempopulerkan blog tersebut.

Oleh sebab itu jangan heran jika berbagai cara dilakukan oleh setiap pemilik blog untuk mendapatkan posisi terbaik dan menjadi yang nomor satu di Google. Bahkan fakta yang sangat mengejutkan adalah banyak sekali para blogger tidak peduli sekelas master atau yang masih pemula melakukan hal-hal tercela untuk mencapai tujuannya tersebut.

Mungkin di antara pembaca ada yang bertanya, mengapa harus menjadi yang terbaik di mesin pencari Google? Bukankah masih banyak mesin pencari lain seperti Bing, Yandex, dan yang lainnya. Itu memang benar, tapi tidak bisa dipungkiri jika raja pencarian di internet adalah Google, jadi sudah sewajarnya jika hanya posisi terbaik di Google yang menjadi prioritas hampir semua blogger.

Cara Agar Artikel Blog Muncul Di Google Paling Atas

Yang menjadi persoalan di sini adalah bagaimana cara mendapatkan posisi terbaik di Google itu bisa kita capai dengan mudah?sementara jangankan untuk kita yang masih pemula, untuk penulis hebat sekelas pemilik situs panduanim pun pernah menjelaskan dalam sebuah artikel terbaiknya kalau untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian itu butuh waktu 4 sampai 6 bulan.

Jadi intinya untuk memposisikan blog dan artikel di pencarian Google itu bukan perkara mudah, malah bisa di bilang sangat-sangat sulit, butuh waktu dan kesabaran tingkat tingggi. Namun Anda tidak perlu putus asa atau merasa kurang percaya diri, karena semuanya bisa di upayakan, yang terpenting mu belajar dan tidak pernah bosan.

Disini saya akan berbagi ilmu dan juga pengalaman tentang bagaimana cara yang saya lakukan agar artikel yang ada di blog saya bisa muncul di pencarian Google paling atas, atau paling tidak dari sekian banyak artikel yang ada di blog saya, beberapa diantaranya bisa berada di posisi teratas mesin pencari Google.

Baca juga: 4 Cara agar judul postingan muncul di pencarian Google.

8 Cara agar artikel blog muncul di Google paling Atas


1. Pelajari algoritma mesin pencari
Algoritma mesin pencari yang saya maksud tidak ada yang lain adalah Google. Kita semua tahu, jika mesin pencari selalu update atau selalu melakukan perbaikan, bahkan dalam waktu tertentu Google akan melakukan update dalam skala besar, seperti beberapa waktu terbelakang, dunia blogging dikejutkan oleh algoritma terbaru Google yang disebut algoritma Google FRED.

Banyak situs kecil dan situs besar terpengaruh oleh algoritma FRED Google, banyak blog mengalami kemunduran yang luar biasa. Semua dampak algoritma Google FRED sebenarnya karena kurangnya pemahaman pemilik blog dalam mempelajari bagaimana mesin pencari bekerja. Jadi untuk mendapatkan posisi terbaik, mereka telah melanggar beberapa kebijakan webmaster Google.

Sehingga yang pada awalnya posisi artikel di atas, sekali terguncang bisa turun ke posisi terburuk. Bahkan, banyak pemilik blog mengeluh bahwa beberapa artikel mereka hilang sama sekali dari pencarian. Jadi jika Anda ingin artikel dan blog Anda selalu muncul dan tetap di atas pencarian Google, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari bagaimana algoritma mesin pencari bekerja.

2. Buatlah konten asli
Apa itu konten asli? Bukankah selama konten yang kita tulis dan kita publikasikan bukankah hasil copy-paste itu adalah konten asli? Jawabannya bisa jadi benar bisa salah. Karena menurut saya konten asli terbagi dalam 2 kategori .

  • 1. Konten ditulis berdasarkan ide. Konten asli yang ditulis berdasarkan ide mungkin karena  kompetisi kata kunci. Sebagai contoh konten yang sedang saya tulis sekarang, saya diberi judul "Cara agar artikel blog tampil di google paling atas" tentunya tidak berdasarkan kemampuan saya sendiri, tapi hanya berusaha bersaing memperebutkan kata kunci. Untuk konten yang ditulis berdasarkan kata kunci yang kompetitif, posisinya tidak akan pernah dipastikan, ada kalanya posisi terbaik, terkadang dalam posisi terburuk. Dan pastinya akan selamanya seperti itu, mudah digusur oleh isi situs / blog lain lebih baik berdasarkan penilaian robot search engine.

Saya sangat yakin bahwa semua penulis akan setuju dengan pernyataan ini. Kecuali konten kita sudah memiliki otoritas halaman yang tinggi dan memiliki backlink yang kuat akan bisa bertahan meski ada konten dari blog lain yang jauh lebih baik. Tapi untuk membangun otoritas dan backlink tidak mudah dan bisa diraih seketika, masih butuh waktu dan tenaga ekstra.

  • 2. Konten ditulis berdasarkan keahlian sendiri.Konten asli adalah konten yang benar-benar terlahir dari self-expertize, bukan melihat dari tingkat pencarian kata kunci, apalagi niat untuk berkompetisi. Nah untuk konten asli yang lahir dari ide, pemikiran, keterampilan, dan pengalaman diri sendiri, meski posisi awalnya tidak bagus, seiring berlalunya waktu, dipastikan posisinya akan meningkat. Karena konten tersebut memiliki nilai keunikan yang lebih menonjol, dan akan selalu tampil di atas pencarian Google.

Seperti ini, Anda seorang ahli dalam membuat template blog, misalnya Arlina Design. Pemiliknya adalah orang yang ahli dalam membuat template. Bila ada yang menulis template kata kunci Arlina Design, maka search engine akan menampilkan blognya Arlina Design, walaupun banyak penulis lain telah menulis tentang template Arlina Design, namun tetap saja tidak memungkinkan untuk menggeser posisi Arlina Design blog dari halaman atas Google.

Berbeda dengan konten tertulis daripada keahlian dan pengalaman mereka sendiri, atau hanya memanfaatkan keahlian SEO mereka dan menuliskannya. Misalnya banyak posting tentang SEO on-page, tapi kalau layout menu di situsnya rusak, harus bertanya sana sini karena dia hanya bisa menulis tanpa mengetahui maknanya.

Ada juga yang menulis tentang bagaimana optimasi mesin pencari, tapi blognya sendiri dioptimalkan oleh orang lain. Ketika sebuah pertanyaan muncul, Anda hanya bisa menjawabnya "iya begitu", itu tidak akan memberi Anda jawaban karena Anda sendiri tidak memiliki cukup keterampilan dan pengalaman untuk menjawab semua pertanyaan terkait bagaimana mengoptimalkan situs Anda. untuk mesin pencari

Dan bahkan jika Anda menulis tentang hal itu, bisa jadi pada awalnya, Anda mendapatkan posisi terbaik, tapi kurangnya kepuasan pembaca secara otomatis menciptakan tingkat bouncing artikel Anda, perlahan akan menurunkan posisi artikel Anda dari SERP Google. Jadi sekali lagi saya tegaskan, jika artikel blog Anda ingin tampil di atas pencarian Google, selalu tuliskan sesuatu berdasarkan keahlian dan pengalaman aslinya.

3. Gunakan teknik SEO sewajarnya
Mendapatkan posisi terbaik di Google memang bisa dengan mudah diraih dengan mengoptimalkan SEO, baik on-page maupun off-page SEO. Tapi harus dipelihara dalam konteks yang masuk akal, bukankah situs yang terpengaruh oleh algoritma FRED bahwa situs yang menerapkan teknik SEO yang berlebihan? Sementara Google sendiri telah memberikan pernyataan jika SEO tidak bisa menjamin artikel dan situs Anda selalu berada dalam posisi terbaik.

Berikut bukti pernyataan dari Google tentang SEO.

SEO bukan jaminan ranking 1 di google

Jadi untuk mendapatkan ranking 1 di Google, tidak perlu melakukan teknik SEO yang berlebihan, cukup gunakan teknik yang wajar, yang terpenting adalah artikel kita bisa dijelajahi dan dikenali dengan baik oleh robot index Google.

Artikel terkait: SEO: Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari.

4. Share artikel sewajarnya
Banyak pemilik situs untuk mengejar lalu lintas yang tinggi demi keperluan halaman otoritas artikel dengan cepat, mereka berbagi di media sosial secara membabi buta. Namun, cara ini tidak akan meningkatkan otoritas sebuah halaman, hanya bisa menghasilkan trafik yang tinggi beberapa saat. Hal yang akan memposisikan artikel Anda di posisi terbaik Google adalah dengan menjaga lalu lintas dari sumber organik dan komentar pengunjung yang sesuai dengan topik artikel.

Yang akan terjadi jika Anda berbagi artikel secara berlebihan, bukan posisi terbaik yang akan Anda dapatkan. Namun justru sebaliknya, artikel Anda akan dihapus dari mesin pencari Google, karena dianggap melakukan tindakan spam. Sebenarnya, ada beberapa contoh kasus, artikel belum terindeks oleh Google, namun mendapat banyak lalu lintas dari media sosial, akan sangat sulit tampil di halaman pertama search engine.

Waktu yang tepat untuk berbagi artikel ke media sosial adalah, setelah artikel mendapatkan cukup banyak lalu lintas dari sumber organik, dan meningkatkannya lagi, silahkan bagikan dengan media sosial yang direkomendasikan oleh Google, seperti ke Google+ ke twitter dan facebook. Dan itu harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Pratinjau tempat yang akan Anda gunakan untuk berbagi artikel, pastikan anggotanya memiliki orang yang cocok dengan artikel Anda.

5. Menjawab setiap pertanyaan pemirsa anda
Setiap kali artikel Anda muncul di pencarian Google dan mendapatkan trafik, pastinya akan muncul berbagai pertanyaan dari pemirsa Anda melalui halaman komentar situs/blog atau bisa juga pertanyaan masuk melalui email. Bentuk pertanyaannya berbeda, terkadang ada yang tepat untuk topik, ada juga penyimpangan dari topik, nah pekerjaan anda adalah menjawab dengan sebaik-baiknya komentar dan pertanyaan apa adanya. Anda perlu tahu apakah komentar yang lebih relevan muncul di artikel. Maka halaman otoritas artikel akan lebih tinggi dan akan memperkuat posisi artikel anda di halaman atas pencarian Google.

6. Update artikel secara berkala
Seiring berjalannya waktu dan perubahan algoritma mesin pencari, maka kita diwajibkan untuk memperbarui artikel secara berkala. Misalnya, tidak ada larangan untuk menempelkan kata kunci yang berlebihan di artikel tersebut, sehingga artikel Anda bisa mendapatkan posisi terbaik di Google. Tapi karena mesin pencari menjadi lebih canggih, Anda harus menggunakan kata kunci yang relevan saja, jika tidak, risiko terburuk artikel Anda akan dihapus atau digantikan oleh artikel dari blog lain yang lebih relevan.

Artikel Terkait: 5 Penyebab artikel tersingkir dari page one mesin telusur.

Apalagi untuk artikel yang membahas tutorialnya. Contoh kecil tutorial tentang cara membuat daftar Adsense misalnya. Tentunya setiap orang yang pernah mendaftar menjadi publisher Adsense akan tahu jika cara daftar Adsense 2016 berbeda dengan cara daftar Adsense di tahun 2017. Nah, ketika tahun 2016, artikel Anda mungkin berada di posisi terbaik Google, bertengger di atas halaman, tapi kalau di tahun 2017 kamu tidak update artikelnya, sudah pasti posisinya akan turun tajam.

Jadi jika Anda ingin artikel Anda tetap berada di posisi terbaik Google, jaga agar tetap up to date dengan perubahan yang terjadi kapan saja. Jangan lalai, karena jika ada artikel dari situs yang lebih relevan, akan sulit bagi Anda untuk mengembalikan artikel blog Anda ke posisi semula karena mesin pengindeksan Google telah mengasumsikan bahwa artikel Anda tidak lagi relevan.

7. Update gambar artikel sesuai dengan perubahan
Memperbarui gambar dalam artikel juga sangat penting karena terkadang yang ditampilkan oleh mesin pencari Google, bukan hanya judul artikel yang relevan. Namun seringkali hanya gambar yang muncul. Misalnya, jika Anda menulis tentang membuat blog, misalnya, Anda harus tahu bahwa tampilan blogger pada tahun 2016 berbeda dari blog di tahun 2017 sekarang.

Apalagi jika Anda menulis tentang bagaimana membuat template blogger default menjadi full responsif lengkap dengan gambar tutorial. Untuk saat ini, artikel ini bisa dibilang sudah usang, telah kedaluwarsa, karena Google sendiri telah mengeluarkan beberapa tema baru, bawaan blogger yang sepenuhnya responsif, baik untuk tampilan mobile maupun desktop.

Untuk menjaga posisi artikel Anda di posisi terbaik Google. Jadi selain mengupdate artikel, gambar untuk tutorial juga wajib update. Sehingga bila calon pengunjung menemukan artikel dan gambar artikel anda di search engine, punya keinginan kuat untuk masuk ke blog anda. Berbeda dengan kasusnya, biarpun artikelnya sudah diupdate, namun tetap menggunakan gambar lama, akan menjadi nilai negatif bagi artikel Anda.

8. Submit artikel Anda ke Google secara berkala
Ada beberapa blogger yang memberikan pernyataan bahwa submit URL artikel sudah cukup untuk dilakukan satu kali. Itu benar, tapi tidak 100% benar, karena Google sendiri menginstruksikan setiap webmaster, untuk memberi tahu kami tentang setiap perubahan yang terjadi di situs Anda. Karena menurut pengamatan saya, mesin indeks Google bekerja berdasarkan jadwal yang telah ditentukan untuk setiap situs/blog dan berdasarkan perintah langsung dari pemilik situs/blog itu sendiri.

Namun pengiriman artikel harus dilakukan dengan hati-hati, jangan mengirimkan artikel yang sama dalam waktu terlalu dekat. Karena sistem perayap Google akan mendeteksi aktivitas yang tidak biasa, dan risiko yang akan Anda dapatkan, jika dilakukan secara berlebihan, akan dikategorikan sebagai aktivitas spam. Waktu tercepat untuk mengirimkan artikel yang sama adalah 4 x 24 jam, atau 48 jam sekali.

Artikel Terkait: Cara submit URL artikel ke google webmaster tools.

Kesimpulan:
Cara yang paling tepat untuk artikel blog muncul di Google di atas dan menjadi yang terbaik Google bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak peduli oleh yang masih pemula seperti saya ini. Selama kita memiliki niat dan keinginan yang kuat, dan tahu betul cara yang benar, cara melakukannya, cara yang baik, sesuai dengan keinginan mesin pencari, dan sesuai kebijakan Google Webmaster.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara agar artikel blog muncul di Google paling atas. Kalau ada salah-salah kata saya mohon maaf. Terakhir dari saya, terima kasih sudah membaca dan sukses selalu buat Anda.

7 comments

Memang semua harus ditekuni dan dipahami dengan benar, terimakasih kasih om, saat ini artikel saya masih acak acakan belum bisa menerapkan kata kunci dengan benar, mohon bimbingannya.

Benar juga memang tidak mudah untuk meraih sesuatu apalagi ilmunya bisa dibilang NOL kaya saya hehe...mohon pencerahanlah..trims..

Inti dari semua permasalahan, kalau mengingikan posisi setiap artikel muncul di google paling atas adalaah menulis yang bermanfaat bagi pembaca, dan usahakan selalu membuat konten yang asli, nanti yang akan menentukan posisi artikel adalah pembaca, semakin banyak pembaca yang masuk ke artikel tersebut, maka page authority akan semakin tinggi, dengan begitu google akan memposisikan artikel kita di halaman paling atas.

Semua manusia terlahir darai NOL. terus saja berusaha, saya sama sekali tidak mengerti tentang SEO, tapi dengan rajin menulis, lambat laun banyak artikel saya yang muncul di google paling atas.

Laahh...poin ke 8, saya memang terkadang mengupdate artikel-artikel lama yang butuh pembaruan, tapi saya tidak pernah resubmit kembali setelah melakukan perubahan, jadinya efeknya kurang ada pergerakan meski udah dipoles, saya fikir jika resubmit 1 artikel yg sama akan terjadi sesuatu yg kurang baik, ternyata gak apa apa toh...

Yang kurang bagus itu melakukan patch as google mas, kalau submit itu malah di haruskan agar setiap perubahan yang terjadi pada artikel kita cepat diganti di mesin indeks google.

Lega juga sih saya baca artikelnya. Saya punya blog khusus untuk penggemar novel. Isinya saya tulis sendiri. Tapi, saat saya merasa blog saya termasuk blog niche yang cpc rendah saya sempat kepikiran untk bikin satu blog lg yg HPK nya tinggi. Saya kurang memahami SEO. Dan blog saya menggunakan template bawaan blogger. Saya hanya memodifikasi sedikit untk penempatan iklan. Saya baru ditrrima adsense skitar 2 bln lalu mas dan nilai BPK masih keciil banget.

Begitu tahu bahwa sebaiknya blogger memang aktif memposting hasil jerih payah sendiri saya jd semangat lagi. Soalnya isi blog saya 100% bukan copas.

Kira2 apa blog saya berpotensi untk mendapatkan BPK yg lebih tinggi nggak? Blog saya udah di page one untuk pencarian baca novel roman mas. Mohon sarannya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon