Tantangan berat seorang blogger dan publisher adsense

Tags

Memiliki sebuah situs besar sambil menjalankan program periklanan google yaitu google adsense bisa dibilang cita-cita hampir semua blogger, untuk itu tidak heran kalau semakin kesini yang membuat blog baru dan yang mendaftarkan blog nya ke google adsense semakin banyak saja. Hal tersebut wajar dan sah-sah saja, apalagi kalau sudah mendengar tentang kisah-kisah sukses blogger yang bisa menghasilkan uang sampai ratusan juta tiap bulannya, pasti akan semakin mendorong keinginan kuat untuk segera memiliki situs yang bisa menayangkan iklan adsense. Namun anda mesti tau, dibalik kesuksesan yang sudah mereka raih, ada banyak tantangan berat yang harus mereka dilewati untuk mencapai kesuksesan tersebut. Apa saja tantangan berat seorang blogger yang sekaligus publisher adsense itu?


Tantangan berat seorang blogger dan publisher adsense

Lebih dulu saya akan membahas tentang tantangan berat yang harus dilalui dan harus mampu dilewati oleh seorang blogger, nanti akan saya lanjutkan ke tantangan berat menjalankan program periklanan google yaitu publisher adsense.

Tantangan berat seorang blogger

Menjadi seorang blogger bukan lah hal yang sulit, anda cukup memiliki sebuah email, lalu masuk ke www.blogger.com dan mulai membuat blog, detik itu juga anda sudah berhasil menjadi seorang blogger, namun mulai detik itu pula lah anda dihadapkan dengan sebuah tantangan berat menjalankan tugas sebagai seorang blogger.

1. Mengatur tampilan, tata letak, menu dan template blog
Sebelum melangkah lebih jauh, hal yang harus di dahulukan adalah menata tata letak, menu dan tampilan blog, tujuannya agar ketika ada pengunjung yang masuk ke blog kita, merasa nyaman dan mudah dalam menyibak semua konten yang ada di blog kita itu, selain itu juga blog kita harus bisa di akses dengan cepat, jadi diperlukan perhatian khusus bagaimana agar kecepatan akses blog bisa fast loading. Nah tantangannya, paling tidak anda harus mengetahui tentang ilmu html blog, karena melakukan optimasi template blog harus dilakukan melalui pengcodingan dibagian html.

2. Harus mampu membuat konten yang unik original dan berkualitas
Kalau sekedar membuat konten, semua orang pasti bisa, tapi yang sulit dan merupakan tantangan berat bagi seorang blogger adalah bagaimana caranya membuat konten yang unik, original dan berkualitas sesuai dengan yang di inginkan oleh pengunjung dan mesin telusur. Ingat, konten unik original itu bukan sekedar konten yang lulus uji plagiat, karena bisa saja anda melakukan cara menulis ulang konten dari blog lain dan di edit sedemikian rupa supaya lulus uji duplikat (Plagiat), namun anda tetap tidak akan mendapatkan nilai unik seperti yang diharapkan oleh google.

3. Harus mampu menulis konten secara terus menerus
Mungkin kalau sekedar menulis 1 atau 2 konten sampai 100 konten anda masih mampu dan masih konsisten, tapi kalau sudah diatas 100 apakah anda masih bisa tetap konsisten? tantangan beratnya anda harus tetap mampu walau dengan cara apa dan bagaimana, makanya tidak heran kalau blog atau situs-situs papan atas seperti klikmania.net, maxmaroe.com, juragancipir.com dan situs-situs besar lainnya rela merogoh biaya yang tidak sedikit untuk membayar penulis, karena pemilik dari situs-situs besar tersebut menginginkan situsnya semakin kaya akan konten dan harus bisa mengimbangi hasrat pembacanya.

Kalau anda butuh referensi agar selalu punya ide untuk menulis, silahkan baca Tips agar selalu punya ide menulis konten.

4. Harus bisa mendapatkan pengunjung yang banyak
Membuat konten yang banyak sangat banyak cara, seperti salah satunya yang saya sebeutkan diatas yaitu membayar penulis, tapi apakah cukup dengan hanya banyak konten? tentu saja tidak, anda harus mampu mendatangkan banyak pengunjung atau pembaca ke situs anda tersebut. Caranya bagaimana? banyak yang bilang untuk mendatangkan banyak pengunjung ke situs itu salah satunya dengan SEO (Search Engine Optimization), nah tantangan beratnya berarti anda harus belajar tentang SEO, agar konten-konten yang banyak di situs anda tidak sampai menjadi seperti buku diare yang hanya anda saja lah yang membacanya.

Untuk pembahasan lengkap tentang SEO, silahkan baca artikel saya yang membahas SEO Search Engine Optimization.

5. Harus mampu beriteraksi secara baik dengan pembaca
Setelah situs anda mulai mendatangkan banyak pengunjung, mulai memikat hati para pembaca, mulai berkembang menjadi situs yang besar, maka anda akan dihadapkan dengan berbagai pertanyaan, kritikan dan pujian dari pembaca konten di situs anda. Nah menghadapi berbagai macam pertanyaan, kritikan dan pujian itu merupakan tantangan bagi anda untuk tetap bisa berinteraksi dengan baik, jangan hanya menjawab pertanyaan dan berterima kasih ketika ada yang memuji kebagusan dari konten anda saja, tapi anda harus siap menghadapi setiap kritikan dari pemirsa anda.

6. Harus bisa cepat menutupi keinginan pembaca
Kebutuhan pembaca itu setiap saat mengalami perubahan, pembaca ingin selalu ada sesuatu yang baru, dan pembaca membutuhkan situs yang paling update dalam memberikan informasi. Seperti contohnya beberapa waktu kebelakang pernah booming pencarian tentang batu akik, ada beberapa situs besar yang ratingnya merosot gara-gara kurang cepat update tentang batu akik, padahal minta pembaca pada saat itu sangat banyak, bahkan rekor tingkat pencarian batu akik menurut data google trend sampai saat ini belum ada trending topik yang bisa mengalahkan. Berarti tantangan berat bagi anda adalah harus selalu memantau informasi terupdate untuk dengan cepat menyajikannya di situs anda.

7. Harus mampu meningkatkan dan mempertahankan trafik
Mendapatkan trafik yang banyak mungkin bukan sesuatu yang terlalu sulit, karena menurut pengalaman saya pribadi, semakin banyak konten yang saya buat, maka trafik blog setiap hari semakin meningkat, namun tantangan berat sebagai seorang blogger itu bagaimana caranya mempertahankan trafik situs kita agar tidak sampai terjadi anjlok, bahkan kalau bisa harus terus ditingkatkan lagi. Tapi masalah yang paling komplek kembali ke persoalan nomer 2, yaitu anda harus selalu mampu membuat konten-konten yang berkualitas agar pembaca situs anda tidak merasa bosan untuk terus kembali ke situs anda.

8. Harus selalu mematuhi aturan atau kebijakan webmaster
Mungkin ini tantangan yang paling berat bagi seorang blogger, karena secara tidak sadar kita sering membuat kesalahan yang melanggar kebijakan webmaster, seperti contoh kecilnya banyak blogger yang karena tidak puas ketika artikel yang mereka tulis tidak muncul di halaman utama google, lalu melakukan patch and render secara berulang-ulang, sementara kegiatan itu tidak boleh terlalu sering dilakukan, pada akhirnya kalau terus menerus melakukan hal itu situs anda terancam terkena sanbox dan dan konten-konten anda dihapus dari mesin indeks. Sungguh sangat disayangkan sudah susah-susah membangun situs dan konten, harus lenyap hanya karena kesalahan kecil.

Jadi tantangan terberat menjadi seorang blogger itu, selain harus melakukan 7 hal yang saya sebutkan diatas, yaitu harus selalu mematuhi segala aturan atau kebijakan webmaster. Makanya saya suka merasa heran dengan blogger-blogger baru yang dengan sengaja membuat blog dengan konten hasil copy paste, ketika blognya dihapus oleh google masih berani teriak-teriak ada apa, kenapa? padahal kalau mereka bisa berpikir jernih, jangankan yang sengaja membuat pelanggaran, yang tidak senagaja juga tetap beresiko terkena sangsi.

Sebenarnya selain dari 8 hal yang saya sebutkan diatas, masih banyak tantangan-tantangan lain yang harus dilalui kalau ingin benar-benar sukses sebagai seorang blogger dengan memiliki sebuah situs yang besar, yang memiliki banyak pembaca, yang disukai oleh mesin pencari. Namun tidak bisa saya sebutkan semua disini, karena saya sudah kehabisan kata-kata, maklum saja, saya masih belajar dalam membuat konten, tapi semoga saja, walaupun tulisan saya hanya alakadarnya, bisa jadi pemicu semangat teman-teman yang bercita-cita ingin jadi seorang blogger yang sukses.

Tantangan berat sebagai publisher adsense

Setelah tadi kita membahas tentang tantangan berat menjadi seorang blogger, sekarang kita bahas mengenai tantangan berat sebagai publisher adsense. Apa saja tantangan berat sebagai publisher adsense itu?

Seperti yang kita ketahui bersama, menjadi peblisher atau penayang iklan google adsense, kita tidak bisa lepas dari aturan-aturan atau kebijakan yang sudah disepakati bersama ketika kita melakukan pendaftaran. Seperti diantaranya:

1. Jangan mengklik iklan sendiri
Banyak sekali publisher pemula yang gagal di langkah awal, karena saking jengkelnya dengan ulah pengunjung yang sekian banyaknya tapi jarang sekali ada yang mau mengklik iklan, akhirnya coba-coba mengklik iklannya sendiri, lalu besoknya iklan di blognya blank. Mau ngadu sama siapa? banding ke google? mana bisa dikabulkan, google itu punya sistem yang sangat rumit dalam memantau setiap akun dan situs penayang iklan adsense, dan google tidak mungkin salah dalam mengambil tindakan. Jadi jangan coba-coba melanggar perjanjian yang sudah dibuat dan disepakati bersama.

Kalau anda menginginkan setiap pengunjung mengklik iklan atau paling tidak dari 10 pengunjung 1 diantaranya ada yang mengklik iklan, gunakan strategi yang benar, strategi yang dibolehkan bahkan dianjurkan oleh google adsense. Yaitu dengan membuat konten yang bisa mendorong iklan-iklan relevan muncul di situs kita, dengan begitu potensi pengunjung untuk mengklik iklan akan semakin kuat, juga strategi lain seperti memasang iklan tepat pada tempat yang benar-benar mengundang daya tarik pengunjung untuk mengkliknya dengan sesadar-sadarnya, bukan karena salah klik, karena iklan terlalu berbaur atau terlalu menutupi konten.

2. Jangan menyuruh orang lain atau siapapun untuk mengklik iklan di situs kita
Google tidak sebodoh yang anda kira, kalau google bisa dibodohin, mungkin beberapa tahun kebelakang google sudah bangkrut, tapi buktinya sampai saat ini perusahaan periklanan google adsense tetap bertahan bahkan semakin berjaya saja, itu karena google punya sistem yang sangat baik, jadi jangan berpikir untuk membodohi google dengan cara-cara yang anda anggap benar padahal google dengan sangat mudah bisa mendeteksinya.

3. Jangan menempatkan iklan pada situs yang melanggar kebijakan google adsense
Situs yang melanggar kebijakan google adsense itu situs yang bagaimana? situs yang didalamnya terdapat konten yang melanggar kebijakan google adsense. Jadi kalau anda memiliki 1000 konten di situs anda, lalu ada 1 konten yang melanggar kebijakan google adsense, maka anda akan mendapat peringatan untuk melakukan 2 hal:
  1. Menghapus konten
  2. Melepas iklan adsense
Kalau anda tidak sigap segera melakukan tindakan, maka google akan menutup akun anda karena pelanggaran tingkat situs. Untuk lebih jelasnya tentang kebijakan program adsense silahkan buka halaman https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id, disitu tertulis semuanya dengan jelas.

Yang saya uraikan diatas itu baru tantangan awal saja sebagai penayang progam periklanan adsense, tantangan paling beratnya adalah bagaimana caranya agar bisa PO tiap bulan dari klik iklan yang tayang di situsnya.

Untuk bisa PO atau bayaran tiap bulan, anda harus mampu mencapai ambang minimal pembayaran, yaitu sebesar 1.300.000. Kalau anda menayangkan iklan adsense di situs berbahasa indonesia, untuk mencapai nominal 1.300.000 bila di hitung dengan rata-rata BPK (Bayar Per Klik) indonesia yang paling besar $0.08 berarti harus mendapatkan klik sebanyak 1.625 klik. Dan untuk mendapatkan 1.625 klik itu bukan hal yang mudah, seperti yang saya sebutkan diatas tadi, sangat jarang pengunjung yang mau mengklik iklan.

Nah oleh karena itu disini anda dituntut untuk menjadi publisher adsense yang cerdas, anda ingin tau salah satu publisher adsense indonesia yang cerdas? saya kasih contoh sodara Syamsu pemilik situs ternama yang sudah tidak asing lagi terutama dikalangan para pelajar yaitu websitependidikan, beliau adalah salah satu dari sekian banyak publisher adsense yang sangat cerdas. Untuk mendapatkan klik sebanyak 1.625 klik itu beliau hanya butuh 1 hari, bahkan bisa kurang dari 1 hari. Caranya bagaimana? ya seperti yang saya bilang tadi, beliau berpikir cerdas, ketika dari 1 blog tidak mampu mendapatkan klik sebanyak itu, beliau membuat lagi blog baru, menurut informasi situs/blog milik sodara syamsu itu mencapai 30 situs, kurang lebihnya tanyakan saja sama beliau.

Tapi untuk membuat blog atau situs sebanyak itu kan capek, nah itu dia tantangan berat seorang publisher adsense itu harus mau capek. Ketika 1 situs tidak mampu mendapatkan klik yang memungkinkan untuk bisa PO setiap bulan, maka coba dengan membuat situs baru, masih tidak mampu, segera buat lagi, sampai pada akhirnya segala bentuk perjuangan anda melawan rasa capek, akan berbuah manis dengan merasakan bayaran setiap bulan dari google adsense.

Penutup:
Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis, namun sudah blank bingung mau nulis apalagi, mungkin cukup disini saja penjelasan dari saya tentang tantangan berat menjadi seorang blogger yang sekaligus menjalankan program periklanan sebagai publisher adsense. Anda ingin sukses jadi blogger dan bayaran tiap bulan dari google adsense? Menulislah apapun yang ingin anda tulis, selama itu bermanfaat bagi manusia dan tidak melanggar kebijakan google, maka suatu saat rasa capek anda akan terbayar lunas. Salam.

Related Post:

1 komentar so far

Haduss masih tahap pertama uda merasa lelah mas, bagaimana ke depan yaaa... semoga bisa berjalan seperti blog ini dan juga menghasilakan amin

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon