Minggu, Maret 19, 2017

5 Keuntungan Menjadi Publisher Atau Penayang Iklan Google Adsense

Tags

Bagi Anda yang ingin mencari uang tambahan lewat media online, khususnya mendapatkan penghasilan lewat jalur Blogging. Saya rasa yang paling cocok untuk saat ini adalah dengan menjadi publisher atau penayang iklan google adsense. Karena menurut pengalaman saya pribadi, walau banyak media periklanan lain yang menawarkan berbagai keuntungan, tapi, tidak ada yang mampu memberikan lebih seperti yang diberikan oleh google adsense kepada para pelanggannya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berjuang ingin mendapatkan akun Google Adsense, ayo semangatnya lebih ditingkatkan lagi. Buatlah Blog dan konten yang benar-benar dibutuhkan oleh Google. Kalau dirasa konten Anda sudah cukup, silahkan daftarkan segera, kalau ditolak segera perbaiki apa penyebab penolakan tersebut, setelah diperbaiki segera daftarkan lagi.

Jangan pernah menyerah apalagi putus asa, suatu saat pasti usaha Anda akan membuahkan hasil, yaitu memiliki sebuah akun Google Adsense, dan berhak menayangkan iklan adsense di situs Anda.

Artikel Terkait: 2 cara daftar google adsense yang wajib diketahui.

"Mungkin diantara pembaca ada yang bertanya. Emang apa sih itu google adsense, sehingga banyak sekali blogger yang ingin mendapatkan akun adsense?"

Google adsense adalah media periklanan berbasis CPC (Cost per Click) dan CPM (Cost per Mille), milik raksasa internet yaitu google. Yang akan memberikan bayaran kepada setiap pelanggannya yang menayangkan iklan di situsnya, yang metodenya adalah anda akan mendapat bayaran apabila ada yang mengklik iklan yang tayang di blog anda (CPC), dan akan menerima bayaran kalau iklan yang tayang di blog anda mencapai seribu kali tayangan (CPM).

"Terus apa saja keuntungan yang diberikan oleh google adsense kepada para pelanggannya, sehingga banyak sekali webmaster yang tertarik untuk menjadi penayang iklan google adsense?"

5 Keuntungan menjadi publisher google adsense

1. Google adsense iklannya sehat dan bermanfaat bagi pengunjung

Yang saya maksud dengan iklan google adsense sehat dan bermanfaat itu adalah, iklan yang tampil di setiap situs penayang merupakan iklan yang tidak merusak dan membahayakan browser dan perangkat yang digunakan oleh pengunjung apabila pengunjung tersebut melihat dan mengklik iklan adsense.  Dan sekalipun sipengunjung itu tidak tertarik untuk mengklik iklan, pengunjung tetap bisa dengan leluasa dalam menyibak semua konten. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi kita sebagai pemilik situs, karena sipengunjung tidak akan merasa kapok apabila suatu saat berkunjung lagi ke situs kita.

Berbeda dengan beberapa media periklanan lain, yang sering bikin kesal hati pengunjung, karena kebanyakan karakter script iklan yang bukan adsense, memaksa pengunjung diarahkan ke link-link tidak jelas, walaupun sipengunjung tersebut tidak berniat untuk mengklik iklannya. Belum lagi karakter popupnya yang sangat menggangu ketika pengunjung berniat menyibak konten, malah tampil beberapa tab yang keseringan berisi halaman-halaman yang tidak bagus untuk dilihat.

Anda bisa membaca secara lengkap di forum bantuan adsense tentang Perbedaan adsense dibandingkan dengan Jaringan iklan lainnya.

2. Google adsense menghargai kerja keras para publishernya

Kenapa saya bisa bicara seperti itu, karena iklan google adsense adalah iklan yang berbasis konten, dan google sangat tau nilai jual dari setiap konten yang ada di blog kita. Semakin bagus, unik, original dan bermanfaat bagi pembacanya, maka google akan memberikan harga yang lebih mahal apabila ada pengunjung yang mengklik iklan yang tampil di konten tersebut. Mungkin kita tidak begitu peduli sejauh mana konten yang kita buat tersebut bermanfaatnya bagi pembaca, tapi google punya sistem yang sangat canggih dalam menilai tingkat manfaat dari konten tersebut.

Sebenarnya kita juga bisa mempelajari tentang tingkat manfaat sebuah konten, dengan cara melihat kinerja konten melalui pantauan google analytics. Disitu kita bisa melihat tingkat keterlibatan pembaca terhadap setiap konten/laman. Seperti melihat total tayangan laman, alur pengguna, usia pengguna, jenis kelamin pengguna, perangkat pengguna, tingkat bounce rate dan lain-lain.

Dan tidak hanya itu, google adsense juga membayar publishernya dari tayangan iklan yang tampil di situsnya, jadi sekalipun dari ratusan bahkan ribuan pengunjung tidak ada satupun yang mengklik iklan, asal pengunjung tersebut tetap bisa melihat iklan, maka penayang akan mendapat bayaran yang disebut dengan BPS (Bayar per Seribu) atau CPM (Cost per Mille).

Anda bisa lihat gambar dibawah ini:

Contoh hitungan CPM google adsense

Gambar tersebut saya ambil pada tanggal 17 maret 2017 jam 00:49. Dimana pada jam itu belum satu pun iklan yang tampil di blog saya mendapatkan klik dari pengunjung, tapi, karena sudah ada tampilan laman sebanyak 204 tampilan, saya tetap dapat bayaran sebesar RP 210. Disitulah kelebihan dan keuntungan yang diberikan oleh google adsense dibanding dengan jaringan iklan lain. Itulah alasan kenapa banyak orang memilih adsense termasuk diri saya pribadi, seperti yang telah saya tulis dalam artikel yang berjudul, kenapa saya memilih google adsense.

3. Google adsense memberikan perlindungan kepada para publishernya

Tidak hanya kepada pengiklan atau advisert, tapi google adsense juga memberikan perlindungan kepada para penayangnya dari berbagai kegiatan yang bertujuan untuk merusak refutasi pemilik akun adsense. Seperti:
  • Mengirim lalulintas palsu/spam
  • Boom klik
  • dan lain-lain
Hal tersebut seringkali terjadi pada blog saya, dimana percobaan-percobaan seperti mengirim lalulintas palsu yang berbentuk lalulintas robot, dan juga dengan sengaja mengklik iklan di blog saya secara berulang kali, atau yang umum dsebut boom klik, namun sejauh ini alhamdulillah akun adsense saya masih bisa menayangkan iklan dengan baik. Karena google adsense punya sistem yang sangat canggih, yang bisa membedakan antara klik atau tayangan mana yang memang asli dan klik dan tayangan yang memang dibuat-buat. Selama kegiatan tersebut bukan hasil rekayasa kita sebagai pemilik akun, maka bisa dipastikan akun adsense kita akan baik-baik saja.

Tapi bagi kita sebagai pemilik akun, diwajibkan untuk menjaganya juga, jangan hanya berharap pada sistem keamanan yang telah diterapkan oleh google. Apabila kita mendapati adanya lalulintas yang tidak wajar, atau klik iklan yanag tidak wajar, kita harus melakukan tindakan secara manual, seperti mencopot dulu otoritas situs sampai situasi kembali normal. Hal tersebut menujukan kepada google, kalau kita memang aktif dan serius dalam memantau segala aktivitas yang terjadi pada iklan yang kita kelola.

4. Google adsense selalu memberikan saran pengoptimalan pendapatan iklan

Siapapun anda yang memiliki akun google adsense, pasti punya pengalaman yang sama seperti saya, yaitu selalu mendapatkan kiat atau saran tentang bagaimana cara mengoptimalkan kinerja iklan untuk meningkatkan penghasilan adsense. Nah itu salah satu dari sekian banyak keuntungan yang saya rasakan setelah menjadi publisher google adsense. Terkadang otak saya tidak mampu mempelajari kenapa atau ada apa yang menyebabkan penghasilan saya berkurang, tapi google sangat tau dimana letak kesalahan saya, dan dengan segera memberikan saran tentang cara memperbaikinya.

Silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini:

Kiat pengoptimalan iklan adsense

Gambar diatas merupakan email yang saya terima dari google adsense yang merupakan kiat pengoptimalan iklan. Disitu dijelaskan tentang langkah-langkah yang harus saya ambil agar pendapatan adsense saya bisa lebih ditingkatkan lagi. Coba saja anda bayangkan, dengan penghasilan saya saat itu yang berkisar $1.02, (itu hitungan rata-rata BPK adsense saya waktu itu) yang kalau menurut saya sudah sangat luar biasa, ternyata google masih memberikan saran untuk lebih baik lagi.

5. Google adsense memberikan kemudahan dalam proses penerimaan pembayaran

Karena saya belum pernah terjun menjalankan periklanan selain google adsense, jadi saya tidak bisa memberikan komentar lebih, namun mendengar pengakuan dari beberapa teman yang katanya untuk menjalankan periklanan lain, harus punya akun paypal atau ini dan itu, yang menurut saya lumayan ribet. Tapi google adsense cukup dengan memilik KTP Kartu Tanda Penduduk saja sudah cukup, yang nantinya digunakan untuk mengambil pembayaran bulanan lewat kantor POS. Atau bisa juga menggunakan Bank lokal seperti BANK BRI, BANK BNI, BANK MANDIRI, BANK BCA dan lain-lain, yang menurut saya sangat mudah untuk membuatnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai 5 keuntungan yang saya rasakan setelah menjadi publisher atau penayang iklan google adsense. Bagi anda yang punya pengalaman atau cerita lain dengan google adsense, silahkan berbagi atau sharing, siapa tau pengalaman anda jauh lebih bermanfaat apabila dituangkan kedalam sebuah tulisan, dan semoga apa yang saya tulis kali ini, bisa jadi pemicu semangat para pembaca yang sedang berjuang mendapatkan akun google adsense.

2 comments

Saya baru diterima adsense hari kamis yang lalu. yang paling sulit memang gimana caranya bisa gajian setiap bukannya. Kalau agan begitu diterima adsense bulan pertama langsung gajian gak?

Betul sekali untuk bisa gajian rutin memang rasanya sangat sulit untuk pemula, apalagi saya sambil kerja offline harus nunggu 3 bulan baru bisa PO.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon