5 Elemen penting untuk blog (situs) yang wajib ada

Sahabat pembaca setia artikel-artikel seputar tips blogging yang saya tulis dengan segala kesederhanaan dan tentunya sangat banyak sekali kekurangannya, maklum saya masih sangat belajar. Pertama-tama saya doakan semoga blog teman-teman dengan semakin bertambah usianya semakin banyak kontennya, di harapkan semakin bagus juga dalam hal trafik juga dalam hal earningnya. Pada kesempatan kali ini, saya mengajak teman-teman untuk melupakan sejenak tentang bagaimana cara membuat artikel yang super SEO, membuat artikel yang berkualitas, membuat artikel yang enak dibaca, dan berbagai upaya teman-teman dalam membuat artikel agar selalu bisa muncul di halaman utama mesin pencari. Tapi kali ini saya mengajak teman-teman untuk belajar mengetahui tentang elemen-elemen pada penting blog (situs) yang wajib ada, atau tidak boleh di hilangkan dari blog.

Meningkatkan trafik atau page view sebuah situs blog, ternyata tidak cukup dengan membuat artikel-artikel yang berkualitas dan selalu mampu muncul di halaman utama mesin pencari saja, namun masih ada cara lain yang menurut saya paling efektif tapi sering dilupakan bahkan sepertinya sengaja dihilangkan oleh para pemilik situs blog. Entah karena tidak tau atau memang sengaja, padahal bisa dibilang sebuah kerugian besar bagi situs blog yang konten-kontennya super SEO, namun menghilangkan sebagian atau bahkan keseluruhan dari elemen-elemen penting yang seharusnya ada. Apa yang dimaksud dengan elemen-elemen penting di setiap situs blog tersebut? Diantaranya:

  1. Artikel Terkait
  2. Navigasi Page next & Prev (Selanjutnya & Sebelumnya)
  3. Widget Artikel Terbaru
  4. Widget Label atau Kategori
  5. Kolom pencarian
  6. Widget Popular Post
  7. Widget Arsip

Dari ke 7 (tujuh) elemen penting yang saya sebutkan diatas, 2 (dua) diantaranya memang saya sengaja tidak memasangnya, dan saya sadar tentang kerugian yang diakibatkan oleh tidak ada nya dua elemen penting tersebut, namun berhubung banyaknya blogger-blogger pemula yang tidak mau berpikir cerdas, atau hanya mengandalkan ilmu niru, terpaksa dua elemen penting saya hilangkan untuk menekan kerugian dari pembajakan kata kunci yang memiliki trafik terbaik, atau dikenal dengan istilah pos paling populer. Dan 5 (lima) sisanya, saya tetap memasangnya karena sangat nyata dan terbukti ampuh dalam meningkatkan trafik blog saya ini.

Elemen penting untuk blog (situs) yang wajib ada

Berikut ini 5 elemen penting untuk blog (situs) yang wajib ada


1. Artikel Terkait
Artikel terkait atau dalam bahasa inggris nya disebut related post, merupakan elemen yang sangat penting dan wajib ada, karena setiap kali pengunjung selesai membaca artikel yang kata kuncinya mereka temukan lewat mesin pencarian dan merasa puas dengan artikel yang di bacanya, pasti pengunjung tersebut akan tertarik untuk membaca artikel yang lainnya, yang masih terkait dengan artikel tersebut. Nah disinilah Fungsi dari elemen artikel terkait ini sangat berperan penting dalam meningkatkan trafik, karena dengan adanya artikel terkait, pengunjung akan dengan mudah membuka artikel lainnya.

Saya sering melakukan blog walking, walau tidak selalu berkomentar di blog yang saya kunjungi itu, banyak diantaranya blog yang entah sengaja atau tidak, telah menghilangkan elemen penting artikel terkait ini, dan ketika saya ingin membaca artikel yang terkait dengan artikel awal yang saya baca, terpaksa saya harus kembali ke halaman awal dan mencari lewat navigasi menu, masih mending kalau navigasi menunya tersusun dengan baik, giliran yang navigasi menunya acak-acakan juga, malah bikin perasaan jengkel, akhirnya timbul perasaan bosan dan segera keluar dari blog tersebut dengan hanya selesai membaca 1 buah artikel saja.

Menurut sobat apakah itu bukan suatu kerugian besar? kalau menurut saya sih sangat jelas, dengan berani menghilangkan elemen artikel terkait, kita sebagai pemilik blog akan kehilangan trafik bisa sampai 400%. Kenapa bisa sebanyak itu kerugiannya, karena berdasarkan pengamatan saya yang saya dasari dari pengalaman saya pribadi ketika berkunjung ke blog orang lain, setiap kali berkunjung minimal 5 artikel harus saya baca, dan cara paling mudah untuk menyibak konten yang ingin dibaca adalah dengan membukanya lewat artikel terkait tadi. Jadi saya sangat menyarankan kepada teman-teman, untuk tetap memasang elemen artikel terkait apapun alasannya elemen tersebut wajib ada.


2. Navigasi Page next & Prev (Selanjutnya & Sebelumnya)
Elemen navigasi Page next & Prev atau kalau blognya menggunakan bahasa indonesia akan terbaca halaman selanjutnya dan halaman sebelumnya, juga tidak kalah penting dalam menjaring banyak trafik. Karena terkadang karakter pengunjung apabila telah selesai membaca beberapa artikel, ingin kembali ke artikel awal yang dibacanya, dan navigasi Page next & Prev inilah yang akan memudahkan pengunjung ketika mau kembali kehalaman sebelumnya atau halaman selanjutnya.


3. Widget Artikel Terbaru
Setiap blog atau situs tentunya memiliki penggemar masing-masing, dan karakter setiap penggemar tentu akan selalu berharap mendapatkan sesuatu yang baru, dan penggemar tersebut tentunya akan sangat senang apabila berkunjung ke blog atau situs favoritnya selalu mendapatkan sesuatu atau bacaa-bacaan terbaru. Ini murni dari karakter saya pribadi, saya mempunyai beberapa blog favorit, ada blog yang berbahasa indonesia, ada juga blog berbahasa inggris. Setiap hari pasti saya sempatkan waktu untuk berkunjung ke blog-blog favorit saya itu, dan hal pertama yang saya lakukan adalah melihat apakah blog tersebut mempunyai artikel terbaru atau tidak, kalau tidak saya akan keluar secepatnya, karena kalau keseringan membaca artikel yang sudah sering dibaca, lama-kelamaan ada rasa bosan juga.

Jadi disamping sobat harus rajin membuat artikel baru untuk memanjakan para penggemar yang rutin membaca artikel-artikel sobat, sobat juga jangan mengenyampingkan pentingnya elemen widget artikel terbaru, karena kalau elemen widget artikel terbaru tersebut tidak ada, sekalipun sobat punya artikel baru, belum tentu bisa diketahui dengan mudah oleh penggemar blog sobat. Maka dari itu sekali lagi saya tegaskan, kalau widget artikel terbaru itu salah satu elemen penting pada suatu blog atau situs.


4. Widget Label atau Kategori
Elemen widget Label atau Kategori ini bisa dibilang menu navigasi kedua dalam sebuah blog, bahkan kalau menurut saya fungsinya lebih baik dibanding dengan menu navigasi, karena kalau menu navigasi terkadang dengan alasan tertentu kita tidak menyertakan salah satu label yang seharusnya ada, nah kelebihan dari widget label ini, tanpa kita menyusunnya sudah menyusun sendiri dengan otomatis, dan tidak mungkin ada label yang terlewat. Kelebihan lain dari widget label bila dibandingkan dengan menu navigasi adalah widget label ini tidak mungkin mengalami error seperti menu navigasi yang terkadang ketika javascriptnya bermasalah suka error.

Dengan adanya widget label, akan memudahkan pengguna ketika salah membuka halaman, contohnya pengguna tersebut masuk lewat kata kunci dari label A, lalu dengan tidak sengaja malah membuka halaman yang tidak mereka sukai, cara paling mudah untuk mencari halaman yang mereka kehendaki adalah lewat widget label ini, jadi saya tegaskan kepada teman-teman, jangan sampai menghilangkan widget label dari blog sobat, karena widget label termasuk elemen penting yang harus ada di setiap situs atau blog.


5. Kolom pencarian
Kolom pencarian juga masih merupakan elemen penting untuk sebuah blog, karena kolom pencarian merupakan jalan pintas bagi pengunjung untuk mencari konten yang mereka butuhkan, tidak selamanya pengunjung blog kita itu punya waktu untuk berlama-lama dalam membuka setiap konten, ada kalanya dalam keadaan terburu-buru, misalnya sedang melakukan pekerjaan dan mereka ingat kalau ada artikel kita yang menulis tentang apa yang mereka butuhkan. Langkah awal pasti pengunjung tersebut itu akan menulis nama blog kita dulu di mesin pencarian, setelah itu akan langsung menuju ke kolom pencarian dan mengetik kata kunci yang mereka butuhkan, seandainya kolom pencarian itu tidak ada? tentu penggemar blog kita akan merasa kurang puas. Jadi kalau menurut saya, kolom pencarian itu salah satu elemen penting yang penting keberadaannya di setiap situs atau blog.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 5 elemen penting keberadaanya sangat dibutuhkan oleh setiap situs atau blog. Walau cara penulisan saya apa adanya dan tentunya banyak sekali kekurangan, tapi harapan saya sedikit banyak apa yang saya tulis ada manfaatnya buat teman-teman sesama pengurus dan pengelola blog. Salam.

Related Post:

4 komentar

cara membuat sitemap atau daftar isi di blogspot gimana mas?

silahkan buka halaman cara membuat sitemap atau daftar isi di sini http://www.flyin-dvb.com/2016/11/cara-membuat-daftar-isi-atau-sitemap.html

Kalo widget buat artikel terbaru gimana mas, soalnya kalo saya buat, kadang gak muncul kadang muncul.

Mungkin mas firman menggunakan script lama dari template arlina, coba cek di dokumen template simple

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon