Cara Mengatasi Android OPPO NEO 3 R831K Bootloop

Tags
Dasar kalau memang rejeki tidak akan lari kemana, pagi-pagi nyalain HP, eh cuma muncul tulisan OPPO saja, di tunggu sampai hampir 1 jam tetep saja tidak mau nyala, ternyata hp saya bootloop. Satu sisi saya kesel pagi-pagi dah dibuat pusing sama android, tapi satu sisi saya senang soalnya saya lagi bingung untuk membuat artikel baru, ternyata dapat ide gara-gara android saya bootloop. Jadi pada artikel seputar tips dan trik android kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi HP Android OPPO NEO 3 R831K yang bootloop atau dikenal dengan istilah gagal booting.

Sebelum saya lanjut ke cara memperbaiki hp android OPPO NEO 3 R831K saya yang bootloop, terlebih dulu saya akan menjelaskan penyebab hp saya sampai bootloop.

Awalnya saya melakukan root terhadap hp android saya tersebut, dengan tujuan agar bisa sesuka hati memodifikasi custom room, bisa sesuka hati mengganti IMEI dan lain-lain. Seperti biasa, setelah selesai menjalankan aktivitas sehari-hari dengan android, seperti internetan, facebookan, inbokan sama mantan, dan terutama main gamme, karena itu salah satu kebiasaan saya, main gamme walau kalah dan kalah terus tapi tidak membuat saya bosan, saya ganti imei lalu matikan hp dan tidur.

Pagi-pagi ketika saya nyalakan hp kejadiannya seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu hp android OPPO NEO 3 R831K saya bootloop. Ada perasaan kesel ada juga perasaan bahagia, karena berkat hp saya yang bootloop saya bisa berbagi pengalaman tentang bagaimana cara memperbaiki android yang bootloop.

Cara Mengatasi Android OPPO NEO 3 R831K Bootloop

Berikut cara memperbaiki OPPO NEO 3 R831K yang bootloop


Langkah pertama untuk memperbaiki OPPO NEO 3 yang bootloop adalah melakukan hardreset caranya sebagai berikut:
  • Tekan volume down bersamaan dengan menekan tombol power, sampai pada layar android tertulis recovery mode.
  • Setelah masuk menu recovery pilih bahasa english (Inggris) lalu pilih Wipe data and cache.
  • Akan muncul 3 piliha yaitu:
  1. Wipe data and cache
  2. Wipe data
  3. Wipe cache
  • Pilih wipe data and cache, maka akan muncul popup, pilih saja yes.

Selanjutnya android OPPO NEO 3 R831K akan melakukan proses pengembalian data ke setingan pabrik, dan setelah selesai lalu reboot, dan alhamdulillah hp alhamdulillah hp android saya bisa hidup seperti sediakala.

Tapi pada kasus yang saya alami, setelah penyetingan android baru selesai saya lakukan, seperti memasukan email dan lain-lain, ketika saya mau membuka browser, langsung muncul popup kalau browser tidak bisa dibuka dan langsung keluar sendiri alias hard close, wah ada apa ini, saya coba membuka hampir semua aplikasi tetap tidak bisa.

Nah kalau kejadian seperti yang saya alami terjadi pada android OPPO NEO 3 sobat, itu tandanya hp android sobat cacat pada sistem, bisa dikarenakan karena hilangnya email, dan untuk memperbaikinya terpaksa harus melakukan instal ulang firmware.

Cara instal ulang firmware OPPO NEO 3 R831K


Sebelumnya sobat harus mendownload dulu firmware asli bawaan OPPO NEO 3 R831K kalau bisa usahakan firmware yang terbaru, kalau sobat belum punya silahkan download firmware R831K_11.A.17_OTA_INT_017_all_151229 yang terbaru di situs resmi OPPO indonesia. Setelah selesai di download, silahkan pindahkan file R831K_11.A.17_OTA_INT_017_all_151229.zip tadi ke kartu memori (SD Card).

Setelah file di pindah ke kartu memori lalu masukan kartu memori yang sudah terisi file firmware tadi ke hp android sobat. Ingat menempatkan file jangan didalam folder, tapi langsung di simpan di kartu memori (Luar folder).

Sekarang lanjut ke tahap instal ulang firmware, caranya sebagai berikut:
  • Nyalakan android dengan cara menekan tombol volume down bersamaan dengan tombol power untuk masuk ke recovery mode.
  • Selanjutnya pilih Install from SD
  • Lalu pilih firmware R831K_11.A.17_OTA_INT_017_all_151229.zip
  • Selanjutnya silahkan instal dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi firmware baru selesai dilakukan.
  • Selanjutnya reboot android sobat dan hp android OPPO NEO sobat akan menyala dengan normal seperti sedia kala.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang pengalaman cara memperbaiki atau mengatasi HP Android OPPO NEO 3 R831K yang mengalami bootloop atau gagal booting dengan 2 cara yang saya sebutkan diatas, cara terakhir atau caa yang kedua jarang sekali mengalami kegagalan asal file firmware yang sobat download itu asli firmware bawaan dari hp android OPPO itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon