Minggu, Februari 19, 2017

Tips Cara Merawat Blog Agar Tetap User dan SEO Friendly

Kalau kita menyayangi suatu benda, kewajiban kita adalah menjaga dan merawat dengan sebaik-sebaiknya, begitu juga dengan blog, kalau kita menganggap blog itu sesuatu yang berharga, maka sangat disarankan untuk aktif dan intensif dalam merawatnya, supaya blog kita tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa merusak kesehatan blog. Jangan hanya fokus update artikel atau fokus mengoptimalkan kinerja iklan agar penghasilan meningkat saja, namun sesekali kita harus memeriksa apakah blog kita itu dalam keadaan baik-baik saja, atau ada sesuatu hal yang mengganggu kenyamanan pengguna dan menghambat proses perayapan robot mesin pencari. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara merawat blog agar tetap user dan SEO friendly.

Tips cara merawat blog agar tetap user dan SEO friendly

Apa yang dimaksud kesehatan blog?

Yang saya maksud dengan kesehatan blog itu adalah, sebuah blog yang sehat adalah blog yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Tidak ada spam di dalamnya
  2. Tidak ada link mati atau link error
  3. Tidak ada postingan yang error
  4. Tidak ada java script yang expired
  5. Kecepatan loading nya bagus
Dari 5 kategori syarat yang saya sebutkan diatas apakah anda sudah yakin terpenuhi? kalau belum, mari kita sama-sama belajar merawat kesehatan blog, karena kalau salah satu dari yang saya sebutkan diatas tidak sesuai dengan blog anda, siapa-siap saja lambat laun blog anda akan diacuhkan oleh pengunjung dan juga diacuhkan oleh mesin pencari, dan yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan blog terkena de-indeks.

#1. Spam

Kalau dalam sebuah blog terdapat spam, resiko terburuknya blog akan diacuhkan oleh mesin pencari, oleh sebab itu sangat disarankan untuk memerika spam minimal seminggu 2 kali. Spam di blog bisa terbentuk karena 2 hal yaitu:
  1. Spam yang diakibatkan oleh ulah pengunjung
  2. Spam yang dibuat oleh pemilik blog itu sendiri
Dan 2 spam tersebut sangat mengancam kelangsungan sebuah blog, agar lebih jelas mengenai 2 spam yang saya maksud, simak baik-baik.

1. Spam yang diakibatkan oleh ulah pengunjung
Spam tersebut biasa ditemukan pada halaman komentar dari komentar salah satu pengunjung yang membuat link aktip dengan tujuan untuk mencari backlink, sementara halaman komentar yang digunakan oleh blog kita tersebut adalah widget komentar bawaan flatform blogger. Google sangat melarang kepada semua webmaster melakukan praktek-praktek membangun backlink dengan cara menanam link aktif di halaman komentar. Kecuali kalau halaman komentar tersebut sudah menggunakan layanan pihak ketiga, seperti disqus dan lain-lain.

Jadi sangat disarankan kepada pemilik blog untuk selalu memeriksa halaman komentar, bahkan kalau perlu gunakan fitur administrasi pada halaman komentar, agar ketika ada yang sengaja atau tidak sengaja menanam link aktip, tidak langsung tampil di halaman komentar. Ada juga cara lain untuk menghindari link aktif di halaman komentar dengan cara menggunakan script anti link aktif.

2. Spam yang diakibatkan oleh pemilik blog itu sendiri
Memang nya ada spam yang terbentuk dari kelakuan pemilik blog itu sendiri? sangat ada bahkan banyak, namun jarang yang menyadarinya. Spam yang terbentuk oleh ulah pemilik blog itu sendiri diantaranya:
  • Mengulang kata kunci lebih dari 5% setiap kali membuat postingan
  • Menerapkan heading tag H2,H3,H4,H5,H6 lebih dari 30 kali dalam satu halaman
Makanya usahakan dalam membuat postingan jangan mengulang kata kunci lebih dari 5% setiap postingan, atau secara hitungan matematika nya, kalau anda membuat potingan dengan 1000 kata, maksimal pengulangan kata kunci yang sama adalah sebanyak 20 kali, kalau lebih dari 20 kali maka robot akan mendeteksi sebagai spam.

Juga dalam menerapkan heading tag H2,H3,H4,H5,H6, menurut aturan google terbaru dalam total halaman awal blog hanya boleh menggunakan heading tag sebanyak 30 buah. Kalau dalam praktek pembuatan posting memaksa kita untuk menggunakan heading sebaiknya di pilih saja mana yang penting, selebihnya bisa menggunakan huruf besar atau huruf tebal biasa saja.

#2. Link error atau link mati

Link error dan link mati juga sangat buruk untuk kesehatan blog, karena sangat mengganggu proses perayapan robot dan mengganggu kenyamanan pengunjung, dan kalau hal tersebut anda biarkan berlarut-larut, maka lama kelamaan blog anda makin tidak sehat, dan blog yang tidak sehat akan kehilangan banyak trafik, dan yang lebih mengkhwatirkan lagi bisa dihapus oleh google.

Kalau blog anda memiliki link error dan link mati namun tidak tau cara mengecek mencari dan memperbaikinya, anda bisa baca 2 artikel saya dibawah ini yang menjelaskan tentang cara-cara mengatasi link error.
  1. Cara mengecek, mencari dan memperbaiki link error
  2. Cara mengatasi error 404 not found di webmaster

#3. Postingan error

Postingan error biasanya terjadi karena cara pembuatannya menggunakan microsoft word, karena script blog dengan script yang digunakan oleh word berbeda, maka walaupun tulisan kita terlihat benar dan bisa dibaca dengan baik, karena pada kenyataannya tiada beda dengan portingan yang ditulis langsung diblog, namun jangan salah, robot perayap akan terganggu dalam merayapi postingan tersebut, kita sering menemukan blog yang halaman awalnya terkadang ada 5 judul posting di awal, terkadang ada yang cuma 2 postingan, padahal setingan default postingnya sudah diset 5 posting misalnya, hal tersebut sudah pasti errornya disebabkan oleh artikel yang ditulis menggunakan microsoft word.

Kalau memang anda tidak banyak waktu untuk menulis langsung di blog atau memang lebih merasa nyaman menulis di word, sebaiknya gunakan wordpad atau notepad. Kesalahan atau error kecil seperti itu tetap menunjukan kalau kondisi blog sedang tidak sehat, dan kalau dibiarkan terus menerus sebanyak apapun isi artikel kita akan tetap dianggap oleh robot perayap sebagai konten yang mengandung sedikit kata.

#4. Java script yang expired

Walau bagaimana pun sebuah elemen blog atau template blog tetap memerlukan java script untuk mendukung style dan elemen-elemen penting lainnya. Namun yang namanya java script itu menggunakan hosting, dan kalau hostingnya expired maka java scriptnya tidak bisa berfungsi lagi, kalau java script sudah tidak berfungsi maka template dan widget-widget penting akan menjadi kacau, terkadang kita sering melihat ada tombol share yang menempel bukan pada tempatnya, hal tersebut sangat jelas mengganggu kenyamanan pengunjung kalau anda biarkan.

Maka usahakan semalas apapun anda mengurus blog, dalam satu hari minimal satu kali untuk memeriksa keadaan blog anda, siapa tau terjadi hal-hal yang tidak di inginkan yang bisa merusak kesehatan blog anda baik dimata pengunjung dan juga mata mesin perayap.

#5. Blog lambat dimuat

Sebagus apapun konten yang ada di dalam blog, sehebat apapun anda dalam hal optimisasi SEO terhadap konten, dan mampu memunculkan hampir semua judul artikel dihalaman utama semua mesin pencari sehingga pengunjung berduyun-duyun mau masuk ke blog anda, tapi kalau blog anda lambat dimuat itu tandanya blog anda kurang sehat kurang terawat. Jelas kerugian yang sangat besar, makanya google sangat menyarankan kepada semua webmaster untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog. Apalagi blog yang didalamnya terpasang iklan google adsense, google akan terus-terusan memberikan saran kepada webmaster tersebut untuk meningkatkan kecepatan loading blognya.

Bahkan banyak yang bilang kalau salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah blog merebut posisi terbaik dalam hal trafik, itu ditentukan oleh kecepatan loading blognya. Kalau blog anda merasa berat ketika di muat, segera lakukan pemeriksaan menggunakan layanan gratis dari google yang disebut page insight google, dan kalau anda belum tau cara memperbaiki kecepatan loading blog, silahkan baca: Cara memperbaiki kecepatan loading blog.

Mungkin itu saja tips atau cara merawat blog agar tetap prima dan tetap user dan SEO friendly yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga artikel ini bermanfaat.

3 comments

makasih mas artikelnya bermanfaat :D belum gajian ya hehe

Hehe iya nih, sulit banget ingin bisa gajihan

terimaksih gan sangat membantu bagi yang newbie kaya sayah

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon