Tips agar selalu punya ide menulis konten di blog

Sebuah blog atau situs yang baik dan di yakini akan terus maju berkembang kedepan, bukanlah blog yang ketika mengupdate artikel sekaligus dalam jumlah yang banyak, lalu setelah itu vakum dalam waktu yang lama, tapi blog yang baik dan akan terus berkembang itu adalah blog yang konsisten dalam mengupdate konten (artikel), tidak harus sekaligus banyak, tapi 1 atau 2 artikel perhari atau paling lama perminggu secara teratur. Namun terkadang rasa malas bisa datang kapan dan kepada siapa saja, jangankan untuk konsisten menulis, melirik blog sendiri pun rasanya sangat malas, apalagi kalau sudah kehabisan ide apa yang harus ditulis. Nah pada artikel kali ini, saya akan berbagi tips bagaimana caranya agar selalu punya ide untuk menulis konten atau artikel di blog.

Tips agar selalu punya ide menulis konten di blog

Apa saja tips agar selalu punya ide untuk menulis konten di blog itu?

Jawabannya sangat sederhana, dan hal tersebut biasa saya lakukan ketika pikiran sedang fokus atau sedang tidak ada gairah untuk menulis. Cara yang saya lakukan untuk membangkitkan gairah dalam menulis konten adalah:
  • Blog walking
  • Chating dengan sesama blogger
  • Bercanda-canda di forum
  • Nonton televisi
  • Jalan-jalan (Refreshing)
dari cara-cara sederhana tersebut ternyata sangat ampuh untuk mengembalikan semangat menulis yang sedang down atau sedang kehabisan ide.

#1. Blog walking

Blog walking atau berkunjung ke blog orang lain yang tema pembahasannya sama dengan blog kita ternyata memiliki banyak sekali keuntungan dan nilai-nilai positif. Selain bisa membantu menambah trafik kunjungan untuk blog tersebut, juga terkadang ide untuk menulis itu suka timbul. Seperti ketika kita sedang asyik membaca konten dari blog tersebut, lalu kita menemukan sedikit kesalahan dari cara penulisan dan penyampaian kata yang ada pada artikel tersebut. Nah kita jadi punya bahan atau ide untuk menulis di blog kita sendiri dengan bahasa kita yang menurut kita lebih baik dan lebih pas dibanding dengan apa yang ditulis oleh penulis di blog yang kita kunjungi tersebut.

Atau bisa saja ketika kita mau blog walking tapi begitu mau masuk kok terasa berat sampai loading lama, dan ketika bisa masuk kita menemukan artikel-artikel yang sangat spesial, sangat berguna bagi pengunjungnya, namun di sayangkan blog tersebut sangat berat untuk diakses. Nah kita jadi punya ide membuat konten tentang cara mempercepat loading blog. Seperti pada artikel saya sebelumnya tentang cara mempercepat loading template evo magz, sebenarnya ide tersebut terlahir setelah saya melakukan blog walking ke salah satu blog teman. Karena saya rasa sangat penting, akhirnya saya putuskan untuk menuangkan ide saya kedalam tulisan.

Oleh karena itu, kepada teman-teman yang sedang merasa kehabisan ide untuk menulis, coba rajin-rajin blog walking, tapi jangan hanya blog walking dan membuat komentar yang tidak nyambung, apalagi dengan sengaja menanam link aktip, blog walking yang baik itu adalah dengan membaca penuh artikel yang kita buka, lalu kalau memang perlu silahkan berkomentar yang baik dan sesuai dengan tema artikel tersebut.

#2. Chating (ngobrol) dengan sesama penulis (blogger)

Masih pengalaman saya, karena lagi malas nulis dan karena memang sedang tidak punya ide, saya buka email, ternyata ada beberapa pesan hangout yang masuk. Awalnya hanya mempersilahkan untuk memulai obrolan, lalu lama kelamaan obrolan tersebut berlanjut kepertanyaan, entah itu yang nanya cara mengoptimalkan pemasangan iklan adsense, entah itu yang nanya cara daftar adsense, entah itu yang nanya cara meningkatkan trafik blog, cara ini dan itu lah pokoknya yang pasti kalau chating dengan sesama blogger, tentu yang dibahas selalu yang berhubungan dengan blog.

Coba anda perhatikan baik-baik apa yang saya tulis diatas. Bentuk-bentuk pertanyaan dari teman sesama blogger itu alangkah baiknya kalau jawabannya kita tuangkan lewat tulisan, karena sudah pasti, selain teman yang bertanya langsung lewat chating, masih banyak teman-teman lain sesama blogger yang masih belum tau tentang apa yang dipertanyakan oleh salah satu teman chating kita tadi. Bukankah itu peluang yang sangat bagus? jadi ide untuk menulis itu bisa datang dari hal-hal yang sederhana seperti chating dengan sesama blogger.

#3. Bercanda-canda di forum

Pada awalnya sih memang cuma bercanda untuk menyegarkan pikiran, tapi yang saya sebutkan diatas adalah bercanda di forum. Anda tau arti forum? Forum itu suatu tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai aliran atau ada juga yang sealiran, seorang blogger pasti tempat berkumpulnya di forum blogger, terkadang dari candaan-candaan kecil bisa jadi bahan atau ide yang bagus kalau dituangkan kedalam tulisan. Jadi jangan salah, dengan rajin aktip di forum-forum yang kita ikuti walau awalnya hanya bercanda, bisa saja jadi bahan yang bagus untuk dituangkan lewat tulisan.

#4. Menonton televisi

Dari menonton televisi pun terkadang kita akan mendapatkan ide yang bagus untuk ditulis menjadi artikel, tapi jangan asal sembarang acara ditonton, usahakan acara-acara yang mengandung unsur ilmu pengetahuan, seperti acara discovery channel, acara-acara olah raga, atau acara berita tentang dunia, saya sangat yakin, siapapun anda yang sedang tidak punya ide untuk menulis, dengan menonton televisi yaang siarannya mengandung unsur ilmu pengetahuan, maka ide untuk menulis konten itu bisa datang begitu saja, pada dasarnya seorang blogger itu tidak ada bedanya dengan seorang ilmuwan kan? dan cara kerjaanya pun tidak jauh beda dengan sseorang ilmuwan, berkreasi dengan ide-ide yang ditemukannya.

#5. Jalan-jalan atau refreshing

Selain bagus untuk menyegarakan syaraf otak dan pikiran, refreshing juga terkadang bisa jadi jalan untuk menemukan ide yang bisa ditulis. Apa saja yang kita temukan ketika sedang jalaan-jalan, kalau dicermati bisa jadi bahan yang istimewa kalau dituangkan lewat sebuah tulisan. Saya masih ingat pernah menonton televis yang waktu itu sedang ada acara liputan khusus presiden amerika yang masih menjabat waktu itu yaitu presiden barack obama. Dalam acara itu presiden ditanya oleh salah satu pembawa acara.

Pertanyaanya sebagai berikut: Apa yang bapak presiden lakukan ketika pikiran bapak sedang tidak bagus, sedang stress, sedang kehilangan ide untuk menjalankan pemerintahan dengan baik? Jawaban presiden saya jalan-jalan bersama istri dan anak-anak saya.

Nah seorang presiden saja yang secara kasat mata apa sih yang bisa membuat dia bingung? tinggal ngomong sudah pasti ada pembantunya yang mengerjakan, tapi namanya manusia tidak bisa dilihat dari luarnya saja, tapi tidak boleh juga dilihat dalemannya, apalagi istri orang, bahaya itu, hehe. BLOGGER juga manusia, perlu waktu untuk menyegarkan otak dan pikiran, yang salah satunya ketika kita sedang kehabisan ide dan semangat, untuk membangkitkan semangat ngeblog, dengan melakukan jalan-jalan atau refreshing.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai tips agar selalu punya ide untuk menulis konten di blog, walau hanya sekedar tulisan yang ditulis dengan apa adanya, tapi semoga ada manfaatnya. Salam sukses buat para blogger indonesia.

Related Post:

3 komentar

iyah mas benar..kadang saya juga sering susah membuat ide yang baik yang bisa dijadikan bahan buat nulis, tipsnya bagusnya bagus nih..harus sering jalan-jalan biat fresh otaknya yah mas..hehe..sekalian cuci mata..hehe

yang paling ampuh tuh bw mas, apalagi ke website besar yang sama topiknya dengan blog kita. Pasti banyak dapat ide biasanya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon