Cara meningkatkan trafik blog tanpa harus menulis artikel baru

Menurut pengalaman saya salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan trafik atau pengunjung sebuah blog adalah dengan rutin menulis artikel setiap hari, walau hanya satu atau dua buah artikel, apabila anda rutin melakukan hal tersebut maka sudah pasti pengunjung dan trafik blog anda akan terus meningkat, banyak atau sedikitnya trafik yang dihasilkan oleh artikel-artikel baru tersebut tergantung sejauh mana artikel anda mampu muncul di halaman utama mesin pencari dan mampu memikat hati calon pengunjung untuk masuk ke blog anda.

Namun untuk blog yang bukan portal berita rasanya sangat sulit kalau harus rutin mempublikasikan artikel baru setiap hari, karena untuk membuat artikel baru itu diperlukan pemikiran yang benar-benar matang, dari mulai mencari kata kunci sampai pada tahap pembuatan artikel harus benar-benar unik menarik dan original. Nah bagi anda yang tidak punya banyak waktu juga ide untuk selalu membuat artikel baru setiap hari, disini saya akan berbagi tips atau cara meningkatkan trafik atau pengunjung blog tanpa harus selalu menulis artikel baru.

Cara meningkatkan trafik blog tanpa harus update artikel baru

Tips yang akan saya bagikan sangatlah sederhana namun jarang diperhatikan oleh kebanyakan webmaster, kebanyakan dari mereka terlalu fokus dengan terus memperbanyak artikel tanpa memperhatikan kinerja dari artikel-artikel lama dalam menjaring trafik, padahal untuk meningkatkan trafik tidak harus selalu menulis artikel baru, tapi cukup lakukan 2 hal, yaitu:
  1. Perbaiki artikel yang sudah ada namun tidak baik dalam mendapatkan trafik
  2. Promosikan konten yang kata kuncinya jarang digunakan oleh pengunjung ke konten-konten yang paling banyak mendatangkan trafik.
Dan berikut ini penjelasan dari 2 hal yang saya sebutkan di atas yang merupakan cara meningkatkan trafik blog paling ampuh walau tidak menulis artikel baru.

1. Perbaiki artikel yang sudah ada namun tidak baik dalam mendapatkan trafik.

Pada awal-awal blog baru dibuat, pada awal-awal artikel baru dibuat, dan pada saat kita baru belajar mengenal tentang dunia blogging, pasti dalam pembuatan artikel kita tidak begitu memperdulikan apakah artikel yang kita buat tersebut akan enak kalau di baca oleh orang lain atau tidak, apakah artikel tersebut akan muncul dihalaman pertama mesin pencari atau tidak, kita tidak tau tentang SEO atau apa itu SEO, yang kita lakukan pada saat itu adalah cukup menulis saja. Dan ketika artikel selesai dibuat lalu kita publikasikan pun tidak begitu ambil pusing artikel kita mau muncul dihalaman utama mesin pencari syukur, tidak juga tidak apa-apa.

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin sering kita berkumpul dan bergaul dengan orang-orang yang lebih senior dari kita, dan semakin sering membaca keterangan dari mereka tentang cara agar setiap artikel yang kita tulis bisa muncul di halaman utama mesin pencari itu cara pembuatan artikelnya harus melibatkan teknik SEO, maka sedikit demi sedikit kita mulai belajar tentang SEO, lalu kita mencoba menerapkan teknik SEO yang kita pelajari itu ketika membuat artikel baru, dan ternyata membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, satu persatu artikel-artikel baru yag kita buat mampu muncul di halaman utama mesin pencari, dari situlah trafik blog mulai membaik.

Artikel Terkait: Apa itu SEO atau Search Engine Optimization.

Setelah satu atau dua artikel mulai muncul di halaman utama mesin pencari, dan satu persatu trafik blog dari sumber organik mulai berdatangan, semangat kita semakin menggebu, setiap hari kita membuat artikel-artikel yang melibatkan teknik SEO didalamnya, dan semakin hari trafik blog semakin membaik saja, yang tadinya trafik blog kita cuma puluhan, beranjak menjadi ratusan bahkan bisa sampai ribuan, dan tiba pada saatnya kita merasa lelah untuk membuat artikel baru setiap hari.

Kalau pada saat lagi semangat-semangatnya, sehari membuat 5 sampai 10 artikel sanggup, tapi kalau sudah lelah, mulai deh ada penurunan, yang tadinya 10 berkurang menjadi 5, berkurang lagi menjadi 3, berkurang lagi menjadi 1, sampai pada titik paling lelah, seminggu 1 artikelpun belum tentu sanggup mengerjakannya. Apalagi kalau melihat trafik dirasa sudah cukup, setiap hari sudah rutin misalnya 5000 trafik, sudah pasti rasa malas itu semakin kuat.

Namun ketika kita memperhatikan trafik blog orang lain yang sudah mencapai puluhan bahkan ada yang sampai ratusan ribu perharinya, disitu otak kita mulai nyut-nyutan, mau membuat artikel baru rasanya belum sanggup, kalau diam saja trafik tidak akan bertambah, nah disitulah saat yang tepat untuk meningkatkan trafik blog dengan cara memanfaatkan konten lama yang dari awal dipublikasikan sampai saat ini tidak mampu mendatangkan trafik, karena, selain isi artikelnya masih acak-acakan., dan cara pembuatanya pun belum melibatkan unsur atau teknik SEO, jadi sampai kapanpun kalau artikel-artikel tersebut tidak diperbaiki, tidak akan bisa mendatangkan trafik ke blog kita.

Pasti setiap webmaster punya ingatan yang kuat tentang artikel-artikel yang telah dibuatnya, silahkan ingat-ingat artikel mana yang pembuatannya mulai melibatkan teknik SEO dan mampu mendatangkan trafik ke blog, berarti artikel sebelum itu yang harus kita perbaiki. Saya menulis artikel ini benar-benar berdasarkan dari pengalaman pribadi, ketika saya sedang kenceng-kencengnya malas membuat artikel baru, yang saya lakukan adalah memperbaiki artikel lama, dan alhamdulillah cara tersebut mampu meningkatkan trafik blog saya.

2. Promosikan konten yang kata kuncinya jarang digunakan oleh pengunjung ke konten-konten yang paling banyak mendatangkan trafik.

Membuat setiap artikel mampu muncul di halaman utama mesin pencari dan mampu mendatangkan trafik yang baik ke blog itu bukanlah pekerjaan mudah, dari 10 artikel 3 diantaranya mampu muncul di halaman utama saja saya rasa sudah sangat bagus sudah sangat hebat, jadi jangan terlalu memaksakan semua artikel agar mampu muncul di halaman utama, apalagi kalau kata kunci atau keyword yang kita gunakan pada judul artikel jarang digunakan oleh calon pengunjung. Disini kita bisa menggunakan cara kedua untuk meningkatkan trafik blog yaitu dengan mempromosikan atau menawarkan konten yang tidak mungkin muncul di halaman utama itu, di konten yang mampu muncul dan mampu mendatangkan trafik.

Caranya bagaimana? yakin anda belum tau? kalau memang belum simaklah baik-baik cara mempromosikan konten yang tidak mungkin muncul di halaman utama mesin pencari, di konten yang sudah pasti muncul di halaman utama mesin pencari dan sudah pasti mampu mendatang trafik yang baik. Ingat..!! TIDAK semua konten yang page one mampu mendatangkan trafik dengan baik, disini anda perlu ketelitian dalam memantau setiap trafik, dari mana datangnya, lewat kata kunci apa? setelah ketemu artikel-artikel yang mampu mendatangkan trafik bagus, silahkan catat..!.

Pasti anda sering melihat di hampir semua blog dalam artikel mereka selalu menyisipkan kalimat BACA JUGA dan diteruskan dengan sebuah link disela-sela paragraf yang mengarah ke suatu artikel, nah cara itu sebenarnya mereka lakukan bukan semata-mata sebagaipelengkap SEO sebuah konten saja, namun justru mereka sedang menawarkan konten yang jarang atau bahkan tidak pernah mendatangkan trafik dari sumber organik, dan cara tersebut adalah cara terampuh untuk meningkatkan trafik sebuah blog.

Namun jangan asal pasang baca juga di sembarang artikel mentang-mentang artikel yang kita pasangi baca juga itu adalah artikel yang page one dan mampu mendatangkan trafik, tapi harus tetap mengkedepankan nilai relevansi artikel, jangan menawarkan konten seputar blogging di artikel yang membahas elektronik, sangat kecil kemungkinan tautan link artikel tersebut dibuka oleh pembaca, tapi cari  kira-kira dimana letak yang paling tepat untuk kita menawarkan konten tersebut.

Mungkin itu saja tips dari saya tentang cara meningkatkan trafik blog dengan tanpa harus selalu menulis artikel baru, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan semoga artikel yang saya tulis kali ini ada manfaat bagi pembacanya. Salam.

5 komentar

Emang Mas Flyin memposting artikel konsisten 1 aja setiap hari sulit. kalaupun bisa tidak bertahan lama dan kualitas artikel yang dibuat tidak memuaskan.

Kasus seperti saya untuk mengedit artikel, saya masih ragu karena belum di terima GA.

Sangat setuju, dan jangan menyerah mas, perbaiki terus artikelnya, suatu saat nanti pasti blog nya mas akan diterima sebagai publisher adsense, catatan yang sangat penting, google itu membutuhkan penayang yang blog dan kontennya berkualitas.

Makasih mas artikelnya bermanfaat di tunggu di lapak aku ya :D

ouwh bisa tah tanpa kita posting,

Enak ya klo tanpa posting, silahkan berkunjung, baru belajar ngeblog nie

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon