6 Cara mengoptimalkan iklan untuk meningkatkan penghasilan adsense

Tags

Cara mengoptimalkan iklan untuk meningkatkan penghasilan google adsense - Meningkatkan penghasilan google adsense, memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Selain blog yang dipasangi iklan google adsense harus ramai pengunjung, penempatan, gaya dan ukuran iklan pun harus benar-benar di perhatikan dengan sangat teliti, karena kalau salah dalam menempatkan posisi iklan, atau ukuran iklan, atau jenis iklan, besar kemungkinan pengunjung banyak tapi jarang yang mengkliknya, bahkan bisa sama sekali tidak ada yang mengklik iklan.

Google Adsense merupakan jaringan iklan paling terkenal, paling populer dan paling kuat milik raksasa internet yaitu google. Adsense bisa dibilang lahan atau tambang emas bagi para publishernya. Oleh karena itu tidak heran kalau banyak sekali orang yang berlomba-lomba mendaftarkan diri sebagai publisher adsense, dan yang paling menarik perhatian para pemburu akun adsense itu adalah, mendaftar menjadi publisher adsense itu benar-benar gratis.

Namun sayangnya, banyak yang tersendat setelah memiliki akun adsense, sebagian besar dari pemilik akun adsense tidak bisa meraih penghasilan yang maksimal, karena setelah mereka mendapatkan akun adsense, dan memasang 2-3 unit iklan di blognya, setelah itu mereka vakum atau hanya nunggu hasil saja, tanpa ada percobaan secara berkala dalam mengoptimalkan performa iklan yang terpasang di blognya tersebut. Padahal google sering menyarankan kepada setiap publishernya agar melakukan pengoptimalkan performa iklan untuk meningkatkan penghasilan adsense.

Apa yang disebut optimisasi iklan?

Optimisasi berarti mengambil langkah untuk memastikan jenis ukuran iklan, jenis gaya iklan, dan letak iklan yang memberikan penghasilan terbaik untuk akun adsense, sekaligus memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung blog kita. Hal ini perlu diperhatikan, jangan sampai demi penghasilan terbaik, kita mengabaikan kenyamanan pengunjung. Karena omset kita adalah pengunjung, kalau pengunjung sering merasa terganggu dengan letak iklan yang kita tempatkan secara sembarangan, maka lambat laun pengunjung blog kita akan berkurang, dan tentunya itu merupakan kerugian besar buat kita.

Kenapa harus mengoptimalkan iklan?

Mengoptimalkan iklan itu sangat penting kalau tujuan kita memiliki akun adsense untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di blog kita, untuk itu langkah pengoptimalan iklan bertujuan untuk mengetahui performa yang mana yang memberikan hasil terbaik secara keseluruhan, seperti yang saya sebutkan tadi, baik untuk penghasilan adsense, baik untuk pengalaman pengguna atau pengunjung blog kita.

Cara meningkatkan penghasilan google adsense

Berikut ini 6 cara mengoptimalkan iklan untuk meningkatkan penghasilan adsense

1. Coba gaya iklan yang berbeda
Memilih gaya iklan sangat disarankan dilakukan beberapa kali percobaan dengan tenggang waktu tayang yang sama, misalnya per gaya iklan kita coba dalam waktu 1 minggu sampai 1 bulan, lalu bulan berikutnya coba lagi dengan gaya iklan yang berbeda.
Gaya iklan terdiri dari:
  • Iklan teks
  • Iklan gambar
  • Iklan teks dan gambar
  • Iklan tautan
Untuk permulaan sebaiknya anda memasang semua gaya iklan yang saya sebutkan tadi, lalu pantau gaya iklan mana yang cenderung mendapatkan klik terbanyak tapi keterlibatan penggunanya sangat bagus, bisa anda lihat di ratio pentalan masing-masing halaman yang terpasang iklan dan iklannya sering di klik, kalau ratio pentalannya rendah berarti anda sudah mendapatkan formulasi yang lumayan tepat, tapi jangan puas dulu sampai disitu, coba ganti dengan gaya iklan lain, apakah hasilnya sama, menurun atau meningkat, lakukan terus percobaan dengan menggunakan gaya iklan yang berbeda.

Seperti contoh di blog saya, yang cenderung mendapat klik terbaik itu iklan gambar, tapi tetap ada yang mengklik iklan teks, maka saya menggunakan unit iklan teks dan gambar responsif di tempat tertentu yang potensi klik nya sangat tinggi.

2. Coba beberapa ukuran iklan
Setiap bulan google adsense selalu memberikan update tentang performa iklan yang memberikan penghasilan terbaik kepada para publishernya, untuk itu sebagai publisher adsense yang ingin mendapatkan penghasilan yang maksimal, sebaiknya ikuti terus update kiat pengoptimalan iklan dari forum resmi google adsense.

Ukuran iklan terdiri dari:
  • Ukuran otomatis (Responsif)
  • 728 x 90 (Spanduk utama)
  • 336 x 280 (Persegi Panjang Besar)
  • 320 x 100 (Spanduk Seluler Besar)
  • 300 x 600 (Pilar Besar)
  • 300 x 250 (Persegi Panjang Sedang)
  • Manual
Dari enam ukuran iklan, ukuran mana saja yang paling banyak mendapat view dan klik, silahkan pilih ukuran iklan yang cocok untuk blog anda, sesuaikan dengan model template yang digunakan, dan juga jangan memasang iklan yang melanggar kebijakan google adsense, lakukan beberapa pergantian ukuran iklan, sekali lagi saya tegaskan, jangan puas dengan 1 atau 2 kali percobaan.

3. Coba pindah-pindah letak atau tempat iklan
Tidak terpaku pada ukuran iklan saja, tapi penempatan iklan pun sangat berperan penting bagi keberhasilan penayang iklan adsense, makanya setiap blog akan berbeda dalam penempatan iklan, hal itu mereka lakukan karena berdasarkan pengalaman terbaik. Letak iklan terbaik berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil dari pantauan penayang lain yang share pengalamannya adalah:
  • Ukuran 100 x 600 (dibuat secara manual) ditempatkan di widget sidebar
  • Ukuran 336 x 280 ditempatkan di akhir artikel
  • Ukuran 300 x 250 ditempatkan di tengah artikel
  • Unit iklan tautan responsif ditempatkan di awal artikel dan di tengah artikel
Setiap percobaan peletakan iklan tentu akan memiliki hasil yang berbeda, untuk itu dalam merubah letak iklan jangan terlalu sering, atau sebaiknya dilakukan maksimal sebulan sekali saja sambil memantau kinerja iklan tersebut.

4. Gunakan beberapa iklan tautan
Untuk blog yang kontennya beragam sangat di anjurkan untuk menggunakan iklan jenis tautan di beberapa tempat terutama dalam artikel, berdasarkan pengalaman beberapa teman publisher, yang cenderung kuat mendapatkan klik terbanyak itu adalah iklan jenis tautan.

5. Pasang iklan tautan dalam ruangan yang rapat
Maksud dari ruangan yang rapat itu adalah, cara menempatkan iklannya kalau bisa jangan menggunakan paragraf, biarlah menyatu dengan konten. Apakah cara tersebut merupakan pelanggaran? tentu tidak, karena iklan adsense tetap akan nampak seperti iklan, namun dengan menempatkan secara rapat akan mengundang daya tarik pengunjung untuk mengkliknya, ditambah lagi iklan tautan yang memang akan sangat mirip dengan konten.

6. Jangan memblokir iklan terlalu banyak
Memang untuk blog-blog baru, iklan yang muncul itu terkesan seperti iklan murahan, seperti iklan gmail, iklan facebook dan iklan-iklan yang yang disinyalir merupakan iklan yang nilai bpk atau cpc nya rendah, namun jangan salah, terkadang ketika iklan tautan yang menawarkan mendaftar facebook misalnya, ketika di klik justru mengarah ke link pengiklan yang bpk atau cpc nya mahal. Sebaiknya dalam 3 sampai 4 bulan pertama iklan ditempatkan di blog anda, jangan dulu melakukan filter atau blokir iklan.

Mungkin itu saja 6 cara mengoptimalkan iklan untuk meningkatkan penghasilan adsense yang bisa saya sampaikan, tak lepas dari semua usaha jangan lupa juga untuk berdoa, semoga setiap pengunjung yang masuk tertarik untuk mengklik iklan, tapi jangan sesekali menyuruh pengunjung untuk mengklik iklan, karena hal tersebut bisa menyebabkan invalid klik yang membahayakan akun adsense anda. Semoga bermanfaat.

Related Post:

4 komentar

Mas tanya... Untuk jenis iklan... Bedanya iklan teks dan iklan tautan itu yang bagaimana ya... Jujur sampe sekarang saya masih sering bingung membedakan dua jenis iklan tersebut...

Bagus sekali om pasti banyak manfaatnya buat pemula.

Kalau iklan teks itu ada disetiap unit iklan, asalh tidak di tentukan apakah gambar saja atau teks saja. Kalau iklan tautan itu seperti yang saya pasang di tengah artikel ini.

Numpang ngikut untuk penjelasan nya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon