TV Standby dan cara memperbaikinya

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia servis elektronik pasti sudah tidak asing lagi untuk kerusakan-kerusakan pada pesawat televisi, selain kerusakan umum seperti tv mati total, tv protect (protek) juga ada yang disebut dengan istilah tv mati standby, atau itu bisa di bilang tv hidup segan mati tak mau. Dan tidak dipungkiri, untuk masalah kerusakan yang satu ini tidak kalah memusingkan dengan gejala tv protek, atau bahkan bisa dibilang lebih sedikit sulit dibanding tv yang rusaknya protek. Untuk itu mari kita sama-sama belajar mencari penyebab dan cara memperbaiki kerusakan tv dengan gejala standby ini.

TV Standby dan cara memperbaikinya

TV yang rusak standby itu bisa dikenali dengan tanda-tanda, lampu indikator menyala tapi ketika ditekan power pada remot atau pada panel tv tidak ada reaksi, ada juga yang ditandai dengan lampu standbynya ikut mati juga. Dan bisa positif dikatakan standby kalau semua tegangan yang keluar dari output regulator sudah normal seperti yang seharusnya.

Apa penyebab tv standby?


Penyebab tv standby dikarenakan flyback belum bekerja, karena tidak adanya sinyal input horisontal ke basis transistor horisontal yang berasal dari ic osilator horisontal. Karena dalam system kerja televisi modern di kontrol oleh sebuah rangkaian yang terintegritas yangh disebut Program atau IC Program. Nah kalau IC program ini tidak mampu mengendalikan atau mengatur system kerja semua rangkaian terutama osilator horisontal, maka tv akan standby.

Atau agar lebih jelas, cara kerjanya kurang lebih seperti ini:

TV Standby dan cara memperbaikinya

Regulator tv harus memberikan tegangan pokok atau tegangan utama pada IC Program, dan IC Program lah yang mengatur semua sistem kerja dari pesawat televisi, seperti:
  • Menaikan dan menurunkan tegangan untuk keperluan flyback, untuk tv yang ketika standby tegangan input horisontal FBT nya kecil, maka akan dinaikan ke ukuran yang semestinya.
  • Mengontrol tegangan input untuk ic osilator, untuk tv keluaran sekarang hampir 99% cara kerjanya seperti itu.
  • Mengatur semua system kerja rangkaian televisi.

Nah setelah mengetahui system kerja dari pesawat televisi, maka kalau kita menemukan kerusakan tv standby, akan lebih mudah dalam mencari apa yang rusaknya dan lebih mudah dalam memperbaikinya.

Cara memperbaiki tv standby


Kalau anda menemukan tv yang rusaknya standby, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah mengukur tegangan input untuk IC Program, apakah sudah sampai pada titik kaki input tegangannya atau belum? kalau belum maka telusuri sumber input nya darimana, melalui komponen-komponen apa saja.

Kalau tegangan sudah ada tapi IC program masih belum bekerja, maka kemungkinan kerusakan bisa terdapat pada IC memori, Kristal program atau bisa saja yang rusak memang IC programnya. Dalam rangkaian TV modern anda akan mengenal istilah SCL dan SDA, nah dua titik inilah yang mengemudikan system kerja semua rangkaian televisi, baik itu IC osilator, IC vertikal, IC audio, IC equalizer, Tunner dan lain-lain.

Perlu diperhatikan kalau SCL dan SDA ini ada kelainan seperti salah satu atau keduanya tidak ada tegangan, bisa terjadi karena salah satu komponen yang dikendalikannya rusak, bisa saja karena tidak ada tegangan bias untuk kaki SCL dan SDA pada IC program tersebut, bisa juga memang IC programnya sudah benar-benar rusak.

Langkah pemeriksaan SCL dan SDA pada peswat televisi


Kalau kita amati lebih teliti, semua rangkaian dalam televisi itu dikontrol oleh SCL dan SDA tersebut, atau kurang lebihnya seperti pada skema berikut

TV Standby dan cara memperbaikinya

Kalau salah satu rangkaian rusak bisa menyebabkan tv standby karena terganggunya SCL dan SDA. Jadi langkah pemeriksaan nya, harus memutus dulu semua kaki PIN yang terhubung ke SCL dan SDA, lalu di sambung satu persatu, dan teliti bagian mana yang ketika disambung menyebabkan tegangan SCL dan SDA menjadi ngedrop atau turun. Maka bisa dipastikan kalau rangakaian tersebutlah yang bermasalah.

Itulah cara memperbaiki kerusakan televisi dengan gejala kerusakan standby, dan metode ini berlaku untuk semua merk tv seperti Sharp, LG, Polytron, Digitec, Samsung, Aiwa, Sony, Toshiba, Sanyo, TV cina dan lain-lain yang mengalami kerusakan standby. Semoga bermanfaat.

Related Post:

3 komentar

Pernah tvku kayak gitu bang...langsung manggil orang buat servis.
Kalo tv ada suara kayak nginggg...gitu kenapa bang?pas awal ngidupin, kalo udah lama ga ada suara

bisa di sebutkan merk tv nya mbak?

Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

Toko Elektronik Terlengkap
Jual Arduino Murah
Jual Komponen IC TV
Distributor Komponen Elektronika Murah
Jual Hinode Fuse
Jual Rotary Encoder
Jual LCD Display

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon