TV Polytron dan Digitec sistem penerimaan gambar jelek

Kalau bicara tv polytron dan digitec memang hampir tidak ada bedanya, atau bisa dibilang sama saja, baik polytron maupun digitec, memiliki rangkaian yang sama, hanya sedikit perbedaan di rangkaian audio, kalau polytron lebih sedikit di unggulkan untuk rangkaian audionya, dibuat lebih lengkap dengan penambahan equalizer dan subwofer. Namun kalau masalah kerusakan, kedua tv ini karakter kerusakannya hampir sama, dan diantara kerusakan umum yang biasa terjadi pada tv polytron dan digitec, salah satunya adalah, penerimaan gambar jelek, goyang-goyang kadang gambar hilang dan berbayang kuat, seperti menunjukan kelebihan sinyal input if tunner, atau seperti menunjukan AGC (Automatic Gain Control) tidak bekerja dengan semestinya.

TV Polytron dan Digitec sistem penerimaan gambar jelek

Untuk kasus yang saya tangani kali ini masih lemparan dari tuser lain, ketika saya periksa, komponen-komponen yang berhubungan dengan sistem penerimaan gambar sudah diganti, seperti tunner, transistor if amplifier, dan ic osilator STV 2286 nya pun sudah bekas mengganti, namun menurut pemiliknya, dari awal diperbaiki sampai tukang servisnya menawarkan untuk mengganti mesin, belum menunjukan hasil yang menggembirakan.

Langkah pemeriksaan yang saya lakukan adalah mengecek dulu setingan menu pabriknya, atau factory menu seting, namun semua setingan seperti AGC, IF, IF FINE, tidak menunjukan ada kesalahan, dan setelah saya coba rubah-rubah setingan, tetap tidak ada perubahan yang berarti.

Langkah pemeriksaan selanjutnya ke bagian tunner, dari mulai tegangan B+ tunner, agc, vl,vh,uhf, semuanya menunjukan ukuran yang benar, curiga terhadap tunner tapi jelas masih baru, akhirnya saya putuskan untuk mengganti tunner dengan aslinya, namun tetap saja tidak ada perubahan.

Selanjutnya saya telusuri bagian if input amplifiernya, yang berupa 1 buah transistor if yang dirangkai sebagai penguat if 5 sampai 1000 mhz, namun tidak menemukan kerusakan dibagian if amplifier.

Dan pemeriksaan berlanjut kebagian IF SAW Filter, disini saya menemukan kelainan, ketika jari saya menyentuh bagian input dan output IF SAW Filter, gambar tv menunjukan perbaikan, oh rupanya IF SAW nya yang bermasalah, namun karena tidak punya stok IF SAW, maka saya menggunakan trik jumper kapasitor, seperti pada gambar berikut

TV Polytron dan Digitec sistem penerimaan gambar jelek

Nilai kapasitor yang digunakan antara 1,5 pf sampai dengan 1000 pf, supaya bekerja dengan baik di frekuensi 5 mhz sampai 1000 mhz. Dan hasilnya alhamdulillah gambar sudah tidak cacat dan berbayang lagi.

TV Polytron dan Digitec sistem penerimaan gambar jelek

Mungkin dalam prakteknya apabila sobat teknisi menemukan gejala kerusakan yang sama, kerusakan nya bisa saja berada pada komponen lain, namun yang saya terangkan dari awal sampai akhir, adalah metode pemeriksaan harus di mulai dari input dan berakhir di output, dengan begitu maka akan mudah mencari kerusakan yang sebenarnya.

Itulah cara memperbaiki tv polytron dan digitec, dengan gejala kerusakan sistem penerimaan gambar jelek, seperti berbayang, over, bahkan gambar hilang timbul yang diakibatkan sinyal input tidak difilter dengan baik. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon