TV JVC Transistor Horisontal Jebol Terus

Pengalaman hari ini mengingatkan pengalaman beberapa tahun kebelakang, dimana masih banyak yang memiliki televisi merk SABA, GROUNDIG, BLAUPUNKT, dan hari ini saya dapat garapan servis TV JVC F Series bekas servisan orang lain. Kata pemiliknya ini TV kalau diservis paling lama bertahan hidup hanya 20 menit, sudah capek pergi beli komponen ini katanya, sambil memperlihatkan 1 buah transistor D1881 yang terkenal sebagai transistor horisontal paling kuat untuk ukuran tv sekelas Sony sekalipun.

TV JVC F Series adalah televisi yang rangkaian horisontalnya tidak menggunakan travo driver horisontal, maka transistor horisontalnya pun berbeda dengan transistor horisontal untuk tv yang umum. Jenis transistor yang digunakan untuk TV JVC F Series ada 2 macam, yaitu:
  1. BU 808 DFI
  2. C 5388
Yang kedua transistor horisontal tersebut bukan transistor horisontal biasa, tapi yang umum disebut sebagai Transistor Darlington, atau perpaduan dua buah transistor yang di gabung menjadi satu. Jadi kalau transistor BU 808 DFI dan C 5388 Rusak, tidak bisa di ganti dengan transistor biasa, karena tidak akan kuat menahan beban input ac sekitar 9 volt.

Cara memperbaiki TV JVC yang transistor horisontalnya jebol terus


Seperti yang telah saya uraikan diatas, untuk mengganti transistor horisontal jenis BU 808 DFI dan C 5388, harus diganti dengan aslinya, namun banyak teknisi yang belum tau, dan mengganti transistor tersebut dengan transistor horisontal biasa.

Transistor BU 808 DFI dan C 5388, memang agak sulit dipasaran, sekalipun ada yang menjualnya, belum tentu kalau transistor tersebut asli. Namun sobat teknisi tidak usah khawatir, berdasarkan pengalaman saya dulu ketika masih banyak pengguna  TV SABA yang rangkaian horisontalnya sama dengan JVC, saya punya cara mengganti transistor BU 808 DFI dan C 5388, tanpa harus repot-repot mencari persamaan nya, yaitu dengan membuat sendiri transistor horisontal darlington.

Cara membuat transistor horisontal darlington


Seperti yang saya sebutkan di atas, kalau transistor horisontal darlington itu adalah gabungan dari dua buah transistor, untuk membuatnya, kta harus menggunakan dua transistor berbeda dan tambahan komponen pendukung lainnya.

Bahan yang di butuhkan untuk membuat transistor horisontal darlington adalah:

  • 1 buah Transistor Horisontal, gunakan yang berkualitas bagus.
  • 1 buah Transistor Regulator, gunakan yang berkualitas bagus
  • 1 buah resistor 100-150 ohm 1/4 watt
  • 1 buah resistor 47 ohm 1/4 watt
  • 1 buah dioda 2 ampere

Cara membuatnya, perhatikan gambar berikut ini.

TV JVC Transistor Horisontal Jebol Terus

Sangat mudah bukan? Dan sebelum dipasang, pastikan elko 47 uf 35 output driver horisontal ke input transistor horisontal, diperiksa dulu, kebanyakan kasus elko tersebut mengalami kering, dan sebaiknya diganti saja dengan yang baru. Juga elko 220 uf 25 volt untuk tegangan driver horisontal, sebaiknya diganti juga. kalau tegangan input AC transistor horisontal sudah terukur 9 volt, silahkan pasang transistor horisontal darlington yang selesai dibuat tadi.

Itulah cara memperbaiki TV JVC F Series yang transistor horisontalnya rusak atau jebol terus, dengan cara membuat sendiri transistor horisontal darlington. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon