TV Cina Ngiiiiing

Kedengarannya agak aneh dan lucu ya, kok kata kuncinya tv cina ngiiiiing? Awalnya saya juga merasa aneh, tapi setelah diselidiki ternyata kata kunci tv cina ngiiiiing ini menyumbang banyak visitor ke blog saya, dan mesin telusur google mengarahkan pengunjung ke artikel saya yang berjudul kerusakan umum tv cina. Padahal di artikel tersebut saya tidak menjelaskan tentang kerusakan tv cina ngiiiiing. Tentu pembaca akan kecewa karena tidak mendapat jawaban yang relevan, untuk itu disini saya akan membahas cara mencari kerusakan tv cina ngiiiing, atau lebih jelasnya tv cina apabila dihidupkan mengeluarkan suara mendenging.

TV cina mengeluarkan suara ngiiiiing atau mendenging

Suara mendenging pada tv cina


Sebenarnya tidak hanya tv cina yang sering terjadi truble mengeluarkan suara mendenging atau ngiiiiing, tapi beberapa tv seperti panasonic dan sony terkadang suka juga mengeluarkan suara mendenging, akan saya bahas pada artikel selanjutnya untuk kasus suara mendenging pada tv selain tv cina.

Tv cina mendenging


Karena kata kuncinya kurang jelas, tidak menyebutkan apakah mendengingnya itu tv dalam keadaan hidup atau mati, karena berdasarkan pengalaman saya, tv cina mengeluarkan suara mendenging itu ciri-cirinya ada 2 jenis:
  1. Tv cina mengeluarkan suara mendenging tapi tv tetap bisa menyala dengan normal
  2. TV cina mengeluarkan suara mendenging dan tv tidak mau menyala.

Nah supaya artikelnya lengkap maka saya akan menerangkan keduanya.

1. Tv cina mengeluarkan suara mendenging tapi tv menyala normal

Penyebabnya bisa terjadi karena elko 160 volt yang kedua, atau elko yang setelah resistor dari elko 160 volt yang pertama, karena tv cina menggunakan 2 tahapan filter tegangan B+, Yaitu setelah difilter dengan elko pertama yang tujuannya untuk tegangan pokok yang mengatur B Adjust, di filter lagi dengan elko kedua melalui resiator 2-5 watt dengan ukuran antara 1-3.9 ohm.

Coba ganti kalau perlu kedua elko tersebut, namun kalau masih saja mengeluarkan suara mendenging, kemungkinan kerusakan ada di lilitan flyback yang renggang karena perekat kawat lilitannya sudah kering akibat panas, dan karena pada tv cina ada beberapa kaki pin flyback yang tidak digunakan, maka apabila terjadi masalah pada lilitan, akan mengeluarkan suara mendenging yang cukup nyaring.

Solusinya coba ganti flyback tapi menggunakan flyback lain jangan flyback tv cina, karena hampir 99% semua flyback bisa digunakan untuk mengganti flyback tv cina, asal tau cara memodifikasinya.

Artikel Terkait: Cara memodifikasi semua jenis flyback.


2. TV cina mengeluarkan suara mendenging dan tv tidak mau menyala

Untuk kerusakan tv cina mengeluarkan suara mendenging disertai tv tidak mau hidup, sedikit lebih mudah menebak kerusakannya, bisa terjadi karena 3 hal.

Pertama: Transistor horisontal jebol konslet akhirnya beban menjadi sangat tinggi untuk regulator, dan regulator akan mengeluarkan suara mendenging.

Kedua: Ada salah satu dioda output regulator yang konslet, antara dioda output untuk vertikal dan dioda output untuk audio, sehingga sama seperti diatas, beban regulator naik, dan travo regulator mengeluarkan suara mendenging.

Ketiga: Karena travo regulatornya ada salah satu bagian output yang setengah konslet, tapi hal ini sangat jarang terjadi.

Mungkin itu dulu yang bisa saya terangkan tentang penyebab tv cina ngiiiiing, atau tv cina mengeluarkan suara mendenging. Kalau kasus yang sobat tangani beda dengan kasus yang sering saya hadapi, silahkan kosultasi lewat kolom komentar yang disediakan. Semoga bermanfaat.

2 komentar

woo ini mas baru gajian wkwkw:D

selamat, ditunggu traktirannya

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon