Selasa, Januari 24, 2017

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Sebagai seorang blogger atau webmaster tentu harus mengerti betul tentang cara menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada google webmaster tools, dan karena masih banyak yang belum mengerti tentang cara menggunakan fitur-fitur yang ada di google webmaster, pada artikel kali ini saya mencoba menulis tentang panduan lengkap cara menggunakan fitur-fitur yang terdapat di google webmaster tools yang wajib diketahui oleh semua webmaster, terutama oleh para blogger pemula yang baru saja mengenal blog.

Apa itu Google Webmaster tools?

Google webmaster tools adalah sebuah alat yang harus dimiliki oleh setiap webmaster untuk mengelola blog atau situsnya. Tanpa menggunakan alat webmaster maka blog atau situs kita akan sulit ditemukan di mesin pencarian google dan tentunya sulit juga mendapatkan pengunjung dari sumber organik. Untuk itu sangat diwajibkan untuk setiap webmaster, mengerti memahami dan tau cara menggunakan webmaster tool ini.

Setiap kita selesai membuat sebuah blog atau situs, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan blog atau situs kita ke google webmaster tools, yang tujuannya supaya blog atau situs kita terdaftar di mesin pencari google. Walau tanpa di daftarkan pun blog kita tetap akan di indeks oleh google, namun prosesnya yang akan sangat lambat, jadi sebaiknya begitu selesai blog atau situs kita dibuat, segeralah mendaftarkan blog atau situs kita ke google webmaster tools.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Cara mendaftarkan blog/situs ke google webmaster tools

Langkah pertama silahkan buka halaman https://www.google.com/webmasters/tools/home, untuk yang pertama kali menggunakan google webmaster tools, maka akan di suruh untuk login, silahkan login menggunakan email gmail, dan selanjutnya kita akan disuruh menambahkan properti baru. Silahkan isi dengan alamat blog atau situs kita, seperti contohnya saya mendaftarkan blog flyin-dvb.com ini.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Setelah mendaftarkan alamat blog atau situs kita ke google webmaster tools, maka langkah selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan situs kita, akan muncul beberapa pilihan untuk verifikasi, diantaranya:
  • Unggahan file HTML
  • Penyedia nama domain
  • Google Analytics
  • Google Pengelola Tag
  • Tag HTML

Agar mudah sebaiknya gunakan mode Tag HTML, kita akan di perintahkan untuk memasang kode verifikasi situs kita, silahkan ambil kode yang diberikan oleh google seperti pada gambar berikut.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

lalu masuk ke blog kita, buka template lalu pilih edit html, dan simpan atau letakan kode verifikasi yang kita ambil tadi dibawah kode <head>.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Setelah kode verifikasi selesai dipasang, silahkan masuk lagi ke halaman google webmaster lalu klik tombol VERIFIKASI. dan kalau berhasil akan muncul informasi kalau situs kita berhasil di verifikasi. Sampai disitu maka kita sudah berhasil mendaftarkan blog atau situs kita ke google webmaster tool, dan kita akan dibawa masuk ke dashboard atau halaman utama google webmaster tools.

Selanjutnya kita akan disuguhkan fitur-fitur atau menu yang harus digunakan untuk mengelola dan mengendalikan blog atau situs kita, apa saja menu dan fitur-fitur yang terdapat di google webmaster tersebut? kurang lebihnya seperti yang ditunjukan dalam pada gambar berikut.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Ada 4 sub menu penting yang wajib diketahui oleh setiap webmaster, diantaranya:

Tampilkan Penelusuran
  • Data Terstruktur
  • Kartu Rich
  • Penyorotan Data
  • Penyempurnaan HTML
  • Laman Selular yang Dipercepat

Lalu Lintas Penelusuran
  • Telusuri Analytics
  • Tautan ke Situs Anda
  • Tautan Internal
  • Tindakan Manual
  • Penargetan International
  • Kebergunaan Selular

Google Indeks
  • Status Indeks
  • Sumber Daya yang Diblokir
  • Hapus URL

Perayapan
  • Kesalahan Perayapan
  • Statistik Perayapan
  • Ambil sebagai Google
  • Penguji robot txt
  • Peta Situs
  • Parameter URL

Pasti diantara sobat ada yang belum mengerti sepenuhnya tentang menu dan sub menu yang saya sebutkan diatas, untuk itu disini akan saya terangkan, tapi tidak akan semuanya, hanya bagian menu-menu yang pentingnya saja yang akan saya jelaskan.

Apa saja yang penting dan wajib diketahui dari menu yang terdapat di google webmaster? kalau menurut saya, yang paling penting dari semua fitur menu yang ada di webmaster tools itu hanya 5 buah fitur saja, diantaranya:
  1. Peta Situs/Sitemap
  2. Tautan ke Situs Anda
  3. Kesalahan Perayapan
  4. Ambil Sebagai Google
  5. Hapus URL

Apakah selain dari 5 fitur menu tidak penting? tetap penting, namun tidak begitu berpengaruh terhadap perkembangan sebuah situs/blog. Tapi kalau kita bisa menguasai semuanya itu malah lebih bagus, namun jangan terlena dengan hal-hal yang sekiranya tidak begitu penting, karena justru akan membelenggu kita dalam mengembangkan blog, karena sejatinya sebuah blog itu, asal sudah terdaftar di google webmaster, sudah mengirim sitemap ke google webmaster, rajin update artikel yang bermanfaat dan rajin mengontrol url-url dari kesalahan perayapan, maka kewajiban kita sebagai pemilik blog atau yang di sebut kewajiban seorang webmaster, bisa dibilang sudah terpenuhi, selebihnya serahkan saja sama google.

Sekarang kita belajar mengetahui fungsi dari 5 fitur menu penting tersebut, dan bagaimana cara menggunakannya.

1. Peta Situs atau Sitemap
Peta situs atau sitemap adalah fitur yang diberikan kepada semua webmaster untuk mengirim semua halaman konten yang ada di situs atau blognya, dari mulai konten-konten lama sampai konten-konten yang baru dibuat, dengan mengirimkan peta situs atau sitemap ke google webmaster tools, maka kita tidak perlu lagi repot-repot melaporkan setiap url ke google webmaster, karena sebuah situs kalau sudah mengirimkan peta situs, otomatis sudah terhubung dengan mesin indeks google.

Cara mengirim sitemap atau peta situs ke google webmaster tools
Silahkan klik sub menu yang terdapat pada perayapan, lalu pilih Peta Situs, maka kita akan diberikan kolom untuk mengirim peta situs atau sitemap.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools

Isi saja seperti contoh pada gambar diatas yaitu tambahkan sitemap.xml, selanjutnya kalau di blog kita sudah ada artikel maka pengiriman sitemap akan sukses, namun apabila diblog kita belum terdapat judul artikel maka pengiriman sitemap akan error, tapi itu bukan masalah serius, tinggal kita mulai membuat konten dan mempublikasikannya, maka sitemap.xml tersebut akan mulai terisi, pada saat awal hanya akan ada notifasi terkirim, dan kalau robot google sudah melakukan perayapan dan dianggap konten tersebut memiliki keunikan yang tinggi, dalam waktu singkat url kita akan masuk ke daftar terindeks.

2. Tautan ke Situs Anda
Tautan ke situs anda berada di menu lalu lintas penelusuran, yang tujuanya memberikan keterangan kepada kita tentang siapa yang banyak menaut ke situs atau blog kita dan konten apa yang paling banyak ditaut, dengan rajin memantau tautan ke situs anda, maka kita akan tau situs mana yang paling banyak menaut dan konten apa yang paling banyak ditaut, dengan begitu kita jadi punya bahan untuk lebih mengembangkan sebuah konten, hal ini perlu diketahui oleh webmaster yang memiliki banyak jenis konten, atau yang sering disebut pemilik blog gado-gado.

Dari sekian banyak konten yang kita buat, disitu akan tertera dengan jelas, konten apa yang paling banyak ditaut atau lebih ringkasnya paling disukai oleh yang menaut, jadi kita bisa fokus berkonsentrasi kebeberapa jenis konten yang paling disukai saja, dan dengan begitu otomatis perkembangan blog kita akan semakin bagus dan pesat. itulah pentingnya kita selalu memantau tautan kesitus anda yang terdapat pada menu lalu lintas penelusuran di google webmaster.

3. Kesalahan Perayapan
Kesalahan perayapan itu berada di menu perayapan, yang maksud dari adanya fitur ini, google memberitahukan kepada para webmasternya tentang url-url yang bermasalah, seperti url error 404 notfound dan lain-lain, penyebab terjadinya kesalahan perayapan adalah karena kita tidak sengaja menghapus url tanpa menghapusnya dulu dari google webmaster, meskipun url itu baru sedetik saja dibuat, tapi karena blog atau situs kita sudah terhubung dengan mesin indeks google, maka tetap urlnya akan otomatis tercatat, maka dari itu hati-hati kalau mau menghapus url, lakukan dengan benar sesuai prosedurnya, agar tidak terjadi masalah kesalahan perayapan.

Baca: Cara mengatasi kesalahan eror 404 not found di webmaster

4. Ambil sebagai Google
Fitur ini digunakan oleh setiap webmaster untuk memerintahkan robot google merayapi langsung url blog atau url konten, hal ini sebenarnya tidak boleh terus menerus dilakukan, kecuali kalau kita mendapati ada satu ada banyak konten yang tidak mau masuk ke daftar indeks, namun hal itu sangat jarang terjadi.

Fitur ambil sebagai google memiliki 2 fungsi, yaitu yang pertama ambil, yang kedua ambil dan render, kalau fungsi ambil, maka google boot hanya akan mengambil url dan isi urlnya, kalau ambil dan render, maka robot google akan menayangkan langsung semua cuplikan dari url tersebut.

5. Hapus URL
Nah fitur hapus URL ini sangat erat kaitannya dengan kesalahan perayapan, jadi kalau kita hendak menghapus sebuah konten yang ada di blog, sebaiknya lakukan dulu penghapusan url di google webmaster, atau hapus dulu dari mesin indeks, setelah tertera keterangan kalau penghapusan sudah dilakukan oleh google, baru lakukan penghapusan dari situs/blog.

Mungkin itu saja panduan lengkap cara menggunakan alat google webmaster, atau google webmaster tools yang penting-penting nya saja, setelah mengerti dan memahami semua fitur penting tersebut, diharapkan setiap webmaster memiliki blog yang sesuai dengan pedoman mutu webmaster. Semoga Bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon