LED TV LG 22LN4000 Suara Ada Gambar Gelap

Dapat lagi satu garapan LED LG 22LN4000 dengan gejala kerusakan suara ada tapi tidak ada atau gambar gelap. LED TV LG 22LN4000 adalah televisi LED yang menggunakan power suplay regulator terpisah, dengan output regulator 19.5 Volt.

LED TV LG 22LN4000 Suara Ada Gambar Gelap

Cara memperbaiki LED TV LG 22LN4000 yang suara ada gambar tidak ada


Tahap pemeriksaan yang saya lakukan adalah memastikan tegangan power suplay regulator sampai atau tidak ke kolektor IGBT. Dan ternyata tegangan ada terukur 19.5 volt, Lalu saya ukur tegangan output dioda menuju socket penghubung ke lampu LED nya, ternyata masih terukur 19.5 volt, atau bisa di bilang, belum bekerjanya rangkaian dc to dc inverter.

Bongkar IGBT lalu di ukur ternyata masih seperti bagus, namun ketika saya ukur dari kaki kolektor ke emitor tidak ada reaksi induksi. Hmmm jangan-jangan IGBT sudah tidak waras.

Barang kali ada diantara para sobat teknisi yang belum tau tentang cara mengukur FET dan IGBT, disini sekalian akan saya berikan contoh cara mengukur FET dan IGBT untuk meyakinkan apakah FET dan IGBT masih bagus atau sudah rusak.

Cara mengukur FET dan IGBT


Pertama ukur dulu kaki kolektor dan emitor secara bergantian.
  • Kabel hitam (-) multi meter ke kolektor kabel merah (+) ke emitor. Kalau FET atau IGBT masih bagus tidak akan menunjukan pergerakan ohm.
  • Kabel hitam (-) ke emitor kabel merah (+) ke kolektor, kalau FET atau IGBT masih bagus, harus menujukan pergerakan ohm meter seperti sedang mengukur dioda.

Sekarang kita pastikan apakah FET dan IGBT itu masih memiliki penguatan atau tidak, cara mengukurnya.

  • Tempatkan posisi multi meter di skala 10k ohm
  • Kabel hitam (-)ke basis FET atau IGBT, lalu kabel merah (+) ke kolektor, biarkan sebentar, lalu pindah ke emitor. Kalau FET atau IGBT masih dalam keadaan bagus tidak akan menujukan gerakan ohm meter.
  • Hati-hati jangan sampai ujung multi meter mengkonsletan salah satu dari kaki FET atau IGBT, karena proses pengukuran tidak akan mendapatkan kepastian
  • Sekarang tempelkan ujung multi meter kabel hitam (-) ke kolektor lalu ujung multi meter kabel merah (+) ke emitor, maka kalau FET atau IGBT yang masih bagus, di skala multi meter 10k ohm, harus menunjukan pergerakan ohm meter.
  • Langkah terakhir colek kaki basis menggunakan jari tangan sambil jari tangan yang satunya menempel di emitor atau kolektor maka kalau FET atau IGBT masih bagus, ukuran multi meter akan bergerak turun sampai NOL.

Itu cara mengukur FET dan IGBT memastikan masih bagus atau tidak nya.

Sekarang lanjut ke garapan TV LG 22LN4000 yang IGBT nya rusak tadi, kebetulan saya ada stok IGBT D 478 BA 3S1R. Langsung saya ganti IGBT nya, dan alhamdulillah tegangan output untuk lampu LED, langsung naik menjadi 24 volt. Dan TV pun bisa menyala dengan baik.

LED TV LG 22LN4000 Suara Ada Gambar Gelap

Itulah cara memperbaiki TV LG 22LN4000 dengan kerusakan suara ada gambar tidak ada, sebenarnya cara ini berlaku untuk semua merk TV LED, yang terpenting adalah, bagaimana langlah-langkah yang harus di lakukan dalam menangani setiap kerusakan. Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi sobat teknisi semua pembaca setia blog Flyin DVB.

Related Post:

6 komentar

Kira kira kena tarip berapa ya mas?

Tergantung apany yang rusak, biasanya untuk televisi jenis LED dan LCD, setiap tekhinsi akan menetapkan tarif dasar bongkar pasang sekitar 200-250rb

Thanks gan. Bsok dah coba sya bawa ke servisan

Gan IGBT di mainboard tertulis D478 BA331U tuh harus sesui ma yg tertera pa bz diganti dgn type lain gan?mohon infonya

sangat bisa, yang penting IGBT untuk penggantinya usahakan minimal sama ukurannya, lebih besar lebih bagus

Kasus sama pada LG 22LN4000 sy kira2 klo servis kena biaya brp & alamat servis agan dimana? Terima kasih

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon