Komponen TV ganti baru langsung rusak lagi

Saya yakin semua teknisi pernah dan pasti akan mengalaminya, ketika mengganti komponen TV yang rusak, namun setelah diganti atau baru saja diganti, selang beberapa jam, menit, bahkan hanya dalam hitungan detik sudah rusak lagi, ada yang mengalami panas yang berlebihan dulu, ada juga yang langsung rusak tanpa aba-aba dulu.

Biasanya hal tersebut terjadi pada komponen-komponen elektronik seperti:

  • Transistor FET STR Regulator
  • Transistor Horisontal
  • IC Vertikal
3 komponen penting dalam rangkaian TV yang saya sebutkan diatas memang terkadang suka bikin pusing para teknisi, apalagi teknisi yang masih tergolong teknisi pemula.

Agar tidak terjadi masalah seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu mengganti komponen lalu rusak lagi, disini saya akan memberikan sedikit gambaran tentang penyebab dan cara yang benar yang harus dilakukan sebelum mengganti 3 jenis komponen TV yang saya sebutkan diatas.

Komponen TV transistor regulator, transistor horisontal, str, ic vertikal di ganti baru langsung rusak lagi

Pedoman mengganti Transistor FET dan STR Regulator


Ketika kita menemukan komponen yang rusak di bagian regulator, entah itu transistornya, atau FET atau STR, tergantung jenis mesin tvnya.

Yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan dulu komponen pengganti yang berkualitas bagus. Ingat jangan pernah berpikir untuk menggunakan komponen asal-asalan, karena selain kita sendiri yang akan dibuat pusing, keawetan komponen juga tidak terjamin, akhirnya bisa berdampak pada kepercayaan pelanggan terhadap kualitas layanan servis kita.

Yang kedua, periksa dulu apa penyebab transistor regulator atau fet regulator, atau str regulator tersebut, sampai bisa rusak. Apakah karena memang umur komponen, atau karena lonjakan arus listrik, atau karena masalah dari komponen lain dibagian primer regulator, atau karena masalah yang terjadi dibagian skunder regulator.

Jadi jangan begitu menemukan komponen rusak lantas mengggantinya, tapi cari tau dulu apa penyebabnya, dengan ketelitian begitu, maka saya yakin kejadian rusak lagi padahal baru saja diganti, tidak akan pernah terjadi.

Baca: Belajar cara mencari komponen elektronik yang rusak dan penyebabnya

Pedoman mengganti transistor horisontal


Transistor hotisontal adalah komponen yang tugasnya untuk menghidupkan FBT, yang dimana FBT ini adalah komponen penting dalam rangkaian TV. Pada umumnya transiator horisontal rusak bisa terjadi akibat:

  • FBT konslet atau setengah konslet
  • Kapasitor dumper putus
  • Tegangan regulator terlalu besar

Nah sebelum memutuskan untuk mengganti transistor horisontal yang rusak, maka langkah langkah yang harus anda lakukan adalah:
  1. Siapkan transistor horisontal yang berkualitas bagus, kalau bisa gunakan yang lebih bagus dari aslinya
  2. Periksa FBT dengan alat untuk mengecek FBT, kalau tidak punya, segera beli, atau bisa saja membuatnya sendiri. Sebagai teknisi, wajib memiliki alat-alat seperti itu
  3. Periksa kapasitor dumper, kalau ragu langsung saja ganti
  4. Ukur tegangan input kolektor transistor horisontal

Kalau 3 komponen yang berhubungan dengan transistor horisontal itu sudah yakin dalam keadaan baik, atau yang rusak sudah diganti, silahkan ganti transistor horisontalnya, dijamin tidak akan terjadi hal tidak di inginkan.

Pedoman mengganti IC vertikal


IC Vertikal, biasanya rusak akibat:
  • Umur
  • Tegangan terlalu tinggi
  • Yoke defleksi setengah konslet

Langkah yang harus dilakukan sebelum mengganti IC vertikal yang rusak adalah
  1. Siapkan IC Vertikal yang berkualitas bagus
  2. Ukur tegangan input dc vertikal
  3. Periksa yoke defleksi, bisa saja terjadi konslet antara lilitan vertikal dengan lilitan horisontal

Kalau semuanya sudah diperiksa dan dalam keadaan baik, silahkan ganti IC vertikalnya.

Satu hal lagi. Pastikan anda sudah atau selalu membuang dulu sisa tegangan yang biasanya tersimpan pada elko regulator masing-masing input komponen.
seperti:
  • Membuang tegangan 300 volt diregulator sebelum memsang transistor atau fet atau str regulator yang baru
  • Membuang dulu tegangan B+ Output regulator sebelum memasang transistor horisontal yang baru
  • Membuang dulu tegangan input dc vertikal sebelum memasang IC vertikal yang baru

Apabila pedoman-pedoman yang saya terangkan diatas anda lakukan dengan seksama, maka kejadian komponen tv yang baru dipasang tiba-tiba rusak lagi, tidak akan terjadi lagi.

2 komentar

Ada tv dirumah yang rusak, tdk ada yanh bisa perbaiki, sayang bgt tv nya, butu dokter tv ni

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon