Faktor yang menyebabkan nilai BPK atau CPC adsense kecil

Tags

Apa artinya klik iklan banyak tapi BPK yang di dapat sangatlah kecil? Kurang lebih begitulah keluhan dan pertanyaan yang sering terlontar dari para publisher adsense terutama yang ada di indonesia, yang mengeluhkan tentang BPK atau CPC adsense dari klik iklan yang dipasang di blognya yang makin hari makin kecil saja. Apa penyebabnya? Bagaimana solusinya? Marilah kita pelajari bareng-bareng, faktor apa yang menyebabkan nilai BPK kecil, dan bagaimana solusi atau jalan keluarnya.

Faktor yang menyebabkan nilai BPK atau CPC adsense kecil

Kalau saya perhatikan, kenyataan yang terjadi kepada para publisher adsense belakangan ini kurang lebihnya seperti ini.
  1. Ada yang klik iklan sedikit BPK juga kecil
  2. Ada yang klik iklan banyak tapi BPK kecil
  3. Ada yang klik iklan sedikit BPK lumayan besar
  4. Ada yang klik iklan banyak BPK juga besar.

Dan malangnya nasib saya, justru posisi saya berada di poin pertama, yaitu, yang klik iklan sedikit, BPK pun kecil, bagaimana tidak sedih sodara-sodara, kalau kata temen di IAPD mah, saya mulai lelah, hehe.

Namun alhamdulillah, untuk saat ini poin saya sudah berada di posisi ke 3 dari 4 yang saya sebutkan diatas, mudah-mudahan bisa tembus ke poin nomer 4, tapi saya sangat sadar, kalau modal konten saya masih sangat jauh dari kata cukup untuk mendatangkan ribuan visitor setiap harinya, karena untuk mendatangkan klik yang banyak dan BPK yang besar, sangat mutlak dibutuhkan konten yang paling tidak 1000 konten yang bermanfaat.

Tentu diantara pembaca ada yang bertanya.

Bagaimana caranya saya bisa melewati poin ke dan ke 2?

Saya belajar dari diri saya sendiri.

Belajar dari diri sendiri bagaimana?

Saya memposisikan diri saya sebagai pembaca atau pengunjung di blog lain.

Apa yang didapat dari cara memposisikan diri sebagai pembaca di blog lain?

Setiap kali saya masuk ke blog lain, dan mendapati sebuah konten yang enak di baca daan bermanfaat, pasti saya akan berlama-lama di blog tersebut, bahkan saya selalu tertarik untuk membuka konten lain, akhirnya tanpa sadar saya bisa berjam-jam di blog tersebut, dan akhirnya saya bisa mengambil sedikit pelajaran dari situ.

Kembali ke topik awal seputar BPK. Tentunya semua publisher berharap bisa mencapai poin ke 4, namun seperti yang saya terangkan diatas, untuk mendapatkan klik yang banyak dan BPK yang besar itu membutuhkan perjuangan yang tidak mudah dan butuh waktu yang tidak sebentar. Sekarang kita berkonsentrasi mengejar poin ke 3 saja dulu, sambil pelan-pelan menambah terus konten-konten yang bermanfaat bagi pembaca.

Apa yang menyebabkan klik iklan sedikit BPK juga kecil?

Berdasarkan analisa dari perjalanan blog saya, yang menyebabkan klik iklan sedikit BPK juga kecil itu, konten sangat sedikit dan konten yang bermanfaat bagi pengunjung masih sangat kurang, sehingga pengunjung yang masuk ke blog saya, tidak banyak pilihan konten, buka konten ini isinya sampah, buka konten itu isinya sampah, akhirnya keluar tanpa hasil.

Selain masalah konten yang tidak memadai untuk mendatangkan klik yang banyak dan BPK yang besar, cara saya share artikel pun salah, saya punya akun facebook dan akun google +, dan sembarangan memilih teman dan pengikut, sehingga ketika saya share artikel yang ada di blog ini ke facebook dan ke google +, teman-teman saya yang terpancing masuk, tidak merasa tertarik untuk membaca lebih lama, karena konten yang saya suguhkan bukanlah kesukaan mereka.

Akibat fatalnya, bounce rate jadi sangat tinggi, dan sekalipun ada diantara pengunjung yang mengklik iklan, itu hanya karena terpaksa atau tidak sengaja, bukan berdasarkan nilai relevansi dari iklan yang mereka lihat. Kenapa saya bisa mengklaim kalau pengunjung yang mengklik iklan bukan didasari oleh ketertarikan karena konten dan iklan yang relevan? karena hasil yang saya dapat kalau bounce rate trafik blog saya sangat tinggi, maka BPK nya sangat kecil. Berarti yakin kalau pengunjung hanya sekilas saja masuk, sekilas saja mengklik iklan dan setelah itu kabur.

Belajar dari 2 kesalahan diatas, maka saya terus mencoba memperbaikinya, dari mulai memperbanyak konten dan dari cara saya memilih teman baik di facebook dan juga google +, saya berteman dengan orang yang memang sealiran dengan tema yang ada di blog saya, akhirnya secara perlahan mulai terasa manfaatnya, teman-teman yang masuk ke blog saya mulai merasa betah karena mulai banyak pilihan konten, dan pengunjung dari sumber organik pun sedikit demi sedikit mulai berdatangan, dan ketika pengunjung sedang anteng lalu ada di antaranya yang mengklik iklan, alhamdulillah BPK yang saya dapat nilainya lumayan besar.

Apa yang menyebabkan klik iklan banyak tapi BPK makin kecil?

Ini masih dari hasil eksperimen saya. Karena merasa sudah berhasil menjaring visitor dari sumber organik dan visitor dari sumber non organik, namun merasa kalau klik ilan yang saya dapat masih terlalu sedikit, juga BPK yang masih kecil, akhirnya saya melakukan eksperimen lagi dengan memperbanyak jumlah iklan.

Pasti diantara teman sesama publisher yang rajin masuk ke blog saya merasa heran, karena hampir tiap hari saya merubah-rubah jenis dan ukuran iklan, saya pernah memasang iklan sampai 10 iklan di blog saya ini, tujuannya tiada lain, ingin mendapat klik yang banyak, saya tertarik dengan iklan jenis tautan yang sering dipasang oleh blog-blog lain, jujur saya sendiripun suka tertarik untuk mengklik iklan tautan yang terpasang di blog lain, karena bentuknya yang sangat mirip dengan konten.

Akhirnya saya mencoba memasangnya, dengan meniru cara pemasangan iklan di beberapa blog yang sering saya kunjungi yaitu memasang iklan tautan di bawah judul, supaya mirip breadcrumb, agar pengunjung tertarik untuk mengkliknya. Alhasil eksperimen saya itu ternyata berhasil, dari 1000 page view bisa mendatangkan klik sampai 30 klik. Namun yang bikin saya makin kecewa, BPK makin hancur.

Dari situ saya mulai berpikir keras, ada apa dan kenapa, kok klik iklan semakin banyak tapi BPK malah semakin kecil? dan jawaban dari semua pertanyaan saya terjawab oleh diri saya sendiri, dengan jalan seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu saya memposisikan diri sebagai pengunjung. Saya masuk ke blog orang lain lewat organik, atau lewat kata kunci yang saya tulis di mesin telusur, ketika saya masuk sudah disuguhkan iklan tautan, karena rasa ketertarikan yang sangat kuat, akhirnya saya klik iklan itu tanpa membaca dulu konten dari judul yang saya tulis dimesin telusur.

Nah dari situ saya mulai sadar, bagaimana nilai BPK yang saya dapat bisa besar, kalau kontennya tidak sempat dibaca oleh pengunjung, sementara google adsense sebagai media periklanan milik google, lebih menekankan kepada setiap publisher adsense, untuk mengutamakan pengalaman pengguna. Setelah mempelajari semua hal diatas yang menyebabkan nilai BPK saya menjadi kecil, maka saya melakukan perubahan besar-besaran, dari jenis iklan dan penempatan iklan, dan alhamdulillah saya bisa meraih poin ke 3, yaitu klik iklan sedikit tapi BPK lumayan besar.

Sekarang saya akan memberikan sedikit tips bagi teman-teman yang merasa memiliki blog yang kontennya masih sedikit, pengunjungnya masih sedikit, tentu klik iklannya pun masih sedikit, bagaimana caranya agar klik yang sedikit itu bisa menghasilkan nilai BPK yang besar? simak dengan seksama.

Berikut tips agar klik iklan sedikit menghasilkan nilai BPK yang besar

  1. Utamakan pengalaman pengguna. Jangan mengganggu konsentrasi pengguna ketika sedang menyibak konten dengan iklan yang menghalangi konten, biarkanlah pengguna menyelesaikan dulu semua yang ingin dibacanya, lalu diakhir bacaan, baru sodorkan iklan yang benar-benar seperti iklan, jangan menyamarkan bentuk dan jenis iklan, seperti yang tertulis dalam pedoman adsense tentang pemasangan iklan yang mengutamakan pengalaman pengguna.
  2. Sesuaikan ukuran iklan. Maksud sesuaikan disini adalah ukur jumlah konten dengan jumlah iklan, pastikan jumlah iklan tidak lebih dari 30% dari jumlah konten, bahkan kalau bisa cukup 15% saja, jangan sampai konten hanya 3 paragraf itupun paragraf pendek-pendek, disetiap paragraf terpasang iklan, untuk pengunjung yang anti iklan, akan semakin geram saja, boro-boro mau mengklik iklan, menyelesaikan bacaannya pun belum tentu.
  3. Posisikan iklan di tempat terbaik, kalau saya amati blog-blog papan atas yang sukses meraih ribuan dolar dari adsense, cara pemasangan iklan mereka jumlahnya jarang lebih dari 2 unit, dan pemasangannya pun sangaat kontras, seperti di sidebar atau di akhir artikel, hati-hati kalau memasang iklan tautan jangan diawal paragraf dan ditengah paragraf, karena akan mengganggu konsentrasi pengunjung yang akan atau sedang membaca konten.
  4. Perbanyak jumlah konten. Saya sangat yakin, semakin banyak konten yang ada di bog, semakin banyak manfaat yang dirasakan oleh pengunjung, maka google pun akan memberikan hadiah istimewa kepada para publishernya, yang salah satunya adalah dengan memberikan nilai BPK yang besar.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang faktor yang menyebabkan atau faktor penyebab nilai BPK adsense kecil, dan tips sederhana untuk meningkatkan nilai BPK dan penghasilan adsense teman-teman. Semoga bermanfaat.

12 komentar

Terimakasih tips nya bermanfaat bagi saya

Terima kasih atas komentarnya, yang terpenting sebagai publisher adsense itu harus berani bereksperimen, mungkin dalam beberapa bulan penghasilan kita tidak akan menentu, tapi untuk kedepannya insya alloh akan jadi lebih baik

intinya pengunjung no 1...hehe

Betul sekali mas, kalau kita menyenangkan hati pengunjung, maka kemungkinan besar, pengunjung akan menyenangkan perasaan kita

nah ini yang saya cari-cari selama ini, untungnya saya udah ga psang iklan tautan di bawah menu header, bener kata mas nya, pengunjung langsg klik aja, karena dikira itu konten bukan iklan, meskipun klik banyak tapi hasilnya kecil... :)

betul mas berdasarkan pengalaman saya juga seperti itu, iklan yang terkesan seperti konten memang bisa mendatangkan klik yang banyak, tapi bpk nya kecil

Baca-baca artikel ini..langsung ke TKP ah, moga BPK nyusul kapak punyamu bang

Sip silahkan mbak, dan semoga bpk adsense nya semakin membaik sesuai dengan yang diharapkan

Bismillah kembali berexperimen, thx buat tipsnya mas.

oke silahkan, semoga berhasil bpk adsensenya makin besar

sangat bermanfaat sekali artikelnya mas.. sukses selalu

terima kasih atas tipsnya sesuai dengan masalah yang saya hadapi... salam kenal

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon