Minggu, Januari 22, 2017

Cara menonaktifkan automatic update di windows 7

Cara menonaktifkan automatic update di windows 7 - Windows automatic update adalah salah satu fitur layanan yang di sediakan oleh mircrosoft untuk memperbaharui sistem operasi microsoft windows yang salah satunya yaitu windows 7, yang tujuan dari windows update ini adalah untuk meningkatkan fungsi sistem agar dapat bekerja lebih maksimal dan compatible dengan produk-produk atau software terbaru serta meningkatkan sistem keamanan dari serangan hacker yang mengincar celah keamanan pada sistem operasi windows. Namun terkadang kita sebagai pengguna suka merasa terganggu dengan munculnya notifasi windows auto update yang sering muncul secara tiba-tiba.

Windows update biasanya kita jumpai saat komputer terhubung dengan internet dan ketika kita mematikan atau menghidupkan komputer kembali akan ada pemberitahuan bahwa windows akan melakukan automatic update pada sistem operasi, bahkan ada juga yang tanpa memberikan dulu notifasi dan langsung melakukan auto update. Bagi kebanyakan orang termasuk saya pribadi sering merasa terganggu dan jujur sangat tidak menyukai fitur update ini, karena beberapa alasan sebagai berikut:
  • Membuat koneksi internet menjadi semakin lemot
  • Menghabiskan kuota
  • Membuat kapasitas hardisk penuh
  • Proses mematikan dan menghidupkan komputer menjadi lama.
Seperti yang kita semua ketahui, setiap kali windows auto update muncul, biasanya kita di paksa untuk merestart atau mematikan komputer, dan ketika komputer booting, justru setelah proses update ini malah jadi lebih lemot. Nah kalau sobat sama seperti saya merasa sering terganggu dengan adanya windows auto update dan ingin menonaktifkannya, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Cara menonaktifkan automatic update di Windows 7


Pertama klik menu atau logo windows lalu klik all programs, terus cari windows update, agar lebih jelas perhatikan gambar berikut:

Cara menonaktifkan automatic update di windows 7

Selanjutnya klik change setings maka akan muncul jendela baru, lalu gulir ke bawah dan pilih Never check for update (not recommended). Perhatikan gambar berikut:

Langkah kedua menonaktifkan automatic windows update

Lalu pilih never check for updates (not recomended), jangan heran kalau windows menunjukan tandak merah x, karena seebenarnya menonaktifkan fitur ini tidak direkomendasikan oleh microsoft, dengan alasan seperti yang saya jelaskan di atas.

Langkah ketiga menonaktifkan automatic windows update

Dan selanjutnya klik OK lalu kalau perlu silahkan restart komputer. Setelah melakukan setelan seperti yang saya jelaskan di atas, maka komputer atau laptop tidak akan lagi melakukan update windows secara otomatis, dan kalau kita ingin melakukan update windows, tinggal mengembalikan setingan seperti sebelumnya. Dan kalau sudah silahkan restart komputer anda, maka sekalipun komputer anda langsung terkoneksi dengan internet, tidak akan ada lagi notifasi windows update yang muncul.

Itulah cara menonaktifkan automatic windows update di windows 7, windows xp, windows vista, windows 8 dan windows 10 yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

1 comments so far

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon