Cara Mengatur Setingan RGB Pesawat Televisi

Jumpa lagi sobat teknisi kali ini saya akan berbagi cara mengatur setingan RGB tv, atau setingan warna Merah, Hijau dan Biru tabung CRT televisi agar bisa menghasilkan gambar terbaik yang nyaman dilihat, dan bisa menampilkan perpaduan warna yang kalau bisa harus nampak nyata seperti ketika kita memandang keindahan dunia dengan mata kita, gambar visual dari pesawat televisi pun sebenarnya bisa dibuat seperti nyata asalkan kita sabar dan telaten dalam mengatur setingan warna RGB nya.

Seperti yang kita semua ketahui bagus buruknya gambar atau visual yang dihasilkan oleh sebuah pesawat televisi, itu tergantung dari 3 faktor yaitu:
  1. Kualitas lampu RGB
  2. Kualitas Video Amplifier
  3. Setingan warna RGB.
Sebagus apapun kualitas tabung CRT kalau video amplifiernya kurang bagus, maka gambar/visual yang di hasilkan tidak akan sempurna, begitu juga sebagus apapun kualitas tabung CRT dan video amplifier, kalau setingan RGB nya jelek maka hasilnya akan jelek pula. Untuk itu marilah kita belajar mengatur setingan warna RGB pada televisi agar bisa menghasilkan kualitas gambar/visual yang sempurna.

Cara Mengatur Setingan RGB Pesawat Televisi

Cara mengatur setingan RGB tabung pesawat televisi


Hampir 90% semua tabung CRT memiliki dasar warna menonjol warna merah atau RED, makanya dalam setingan factory untuk warna kebanyakan televisi hanya menggunakan 5 setingan dasar saja, yang diantaranya:
  1. G Driver
  2. B Driver
  3. R Gain/cut/level
  4. G Gain/cut/level
  5. B Gain/cut/level.
Namun ada juga yang menggunakan lebih dari 5 setingan dasar dengan urutan yang berbeda, seperti pada sebagian tv cina yang menggunakan setingan dasar:
  1. R Driver
  2. G Driver
  3. B Driver
  4. R Gain/cut/level
  5. G Gain/cut/level
  6. B Gain/cut/level

Yang terpenting disini adalah bagaimana caranya agar ketiga warna tersebut tercampur dengan dengan supaya menghasilkan gambar/visual yang sempurna juga.

Berikut ini langkah-langkah mengatur setingan RGB pada pesawat televisi:

1. Setel terang cahaya gambar atau bright pada posisi 50%, kalau defaultnya 0-100 maka posisikan di angka 50.

2. Setel tingkat kejelasan gambar atau kontras pada posisi 50%, kalau defaultnya 0-100 maka posisikan di angkan 50.

3. Setel warna gambar atau color di level 0%.

4. Putar potensiometer screen pada flyback sampai menonjolkan warna dasar asli dari tabung televisi tersebut, kalau warna dasarnya sudah hitam putih, itu lebih mudah, tapi kalau warna dasarnya merah atau hijau atau biru, maka posisikan di warna dasar yang paling menonjolnya.
  • Kalau warna dasarnya merah maka putar potensiometer screen pada flyback sampai menampilkan warna merah saja
  • Kalau warna dasarnya hijau maka putar potensiometer screen pada flyback sampai menampilkan warna hijau saja
  • Kalau warna dasarnya biru maka putar potensiometer pada flyback sampai menampilkan warna biru saja.
  • Jangan sampai ada perpaduan warna dulu ketika melakukan setingan awal, karena sekalipun setingan nantinya sudah benar, ketika terang redup cahaya berubah, akan menampilkan warna yang kurang bagus.
5. Seting dulu driver warna, kalau warna dasarnya merah berarti anda tinggal naikan driver hijau sampai warna dasar menjadi kuning, setelah itu naikan driver biru sampai warna dasarnya menjadi hitam putih. Begitu juga kalau warna dasar berada di warna hijau atau biru, jangan menaikan driver yang sudah menonjol pada warna dasar terlebih dahulu.

6. Setelah warna dasa menjadi hitam putih, sebenarnya ketika setelan warna gambar atau color di naikan akan membentuk perpaduan warna yang sempurna, namun masih kurang tebal, dalam artian diperlukan setelan yang terlalu tinggi untuk warna/color sampai menampilkan warna gambar yang cukup, terkadang sipemilik tv akan protes, Kok harus di seting sampai 80 atau 90 baru warna nya jelas?.

7. Naikan setelan gain/cut/level masing-masing warna yaitu merah hijau dan biru, pastikan setiap mengatur setelan RGB, selalu di awali dari warna merah dulu, setelah merah baru ke hijau sampai menampilkan warna kuning, setelah hijau baru yang terakhir seting warna biru.

Untuk menghindari kelelahan syaraf mata ketika melakukan penyetingan, diharuskan anda sesekali melihat objek warna hitam dan warna putih, bisa dengan melihat warna buku tulis, atau apa saja yang penting warna nya hitam dan putih, karena terkadang kalau terlalu lama melihat satu objek warna, maka mata kita akan terpaku dan lelah.

Itulah langkah-langkah cara mengatur setingan warna RGB pada peswat televisi, utnuk menghasilkan perpaduan dan kualitas warna yang bagus dan enak di pandang mata. Dan cara mengatur setingan RGB ini berlaku untuk merk televisi seperti sony, toshiba, samsung, lg, sharp, polytron, digitec, aiwa,  philip, mitsubishi, sanyo, akari, asatron, panasonic,tcl, konka, ichiko, tv cina, dan semua merk tv. Semoga bermanfaat.

Related Post:

4 komentar

Coretan yg berhubungan dengan komputer di tambah lagi om...biar betah baca_bacanya :)

Bermanfaat, saya jadi kepengen bisa servis televisi juga mas. :)

iya siap, setiap ada pengalaman dilapangan ketika melakukan kegiatan servis pasti langsunng saya update, terima kasih sudah rajin berkunjung mas

hehe belajarlah, kan enak, dari servis dapat duit, dari blog dapat duit :)

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon