Cara membuat power suplay regulator untuk power ocl

Jumpa lagi sobat teknisi khususnya yang hobi merakit power amplifier, kali ini saya akan berbagi cara membuat power suplay regulator untuk keperluan sumber daya power kit ocl. Power amplifier OCL adalah sebuah rangkaian power yang memerlukan tegangan Central Tap atau CT, oleh karena itu cara membuat power suplay regulatornya pun berbeda dengan power suplay regulator untuk power amplifier jenis lain.

Membuat sebuah power suplay regulator untuk keperluan power amplifier model OCL, bukanlah hal yang sulit, bahkan bisa dibilang paling simple, karena tidak memerlukan sistem filter khusus, hanya menggunakan beberapa buah komponen saja, seperti dioda dan elko, yang perlu diperhatikan hanyalah besar kecilnya ukuran komponen yang akan digunakan, agar bisa mencukupi kebutuhan daya dari power OCL tersebut. Semakin besar kebutuhan daya sebuah power amplifier OCL, maka dibutuhkan komponen-komponen yang memiliki daya lebih besar pula.

Cara membuat power suplay regulator untuk power amplifier ocl


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat power suplay regulator untuk power OCL adalah:
  • 1 Buah Travo, sesuaikan dengan kebutuhan
  • 1 Buah Dioda Bridge, sesuaikan dengan kebutuhan
  • 2 Buah Kapasitor elektrolit (ELKO), sesuaikan dengan kebutuhan, semakin besar ukuran Mikro Farad nya maka akan semakin bagus
  • Kabel kabel secukupnya

Cara pembuatannya pun sangat mudah, perhatikan gambar berikut.

Cara membuat power suplay regulator untuk power ocl

Misalnya kita akan membuat ower suplay dengan output tegangan 25 volt, maka travo yang dibutuhkan harus dilengkapi dengan tegangan output 25 volt AC x 2, atau lebih jelasnya:
-AC 25 volt
-Ground atau CT
-AC 25 volt.

Untuk Dioda Bridge, sebaiknya gunakan yang 2 kali lipat dari ukuran travonya, kalau travo yang digunakan 5 Ampere, maka gunakan dioda bridge yang berukuran 10 Ampere.

Untuk Kapasitor Elektrolit atau ELKO, tidak ada batas maksimal Mikro Farad, semakin besar akan semakin baik, namun pada kapasitas volttase nya tidak boleh lebih dari 50% tegangan yang digunakan, kalau misalnya output tegangan adalah 25 volt, kita cukup menggunakan elko dengan voltase 35 volt sampai 50 volt.

Untuk Kabel-kabel gunakan kabel yang berukuran besar, agar tidak terjadi kerugian arus hantaran kabel, gunakan kabel yang paling tidak berukuran 2 kali kawat email yang digunakan untuk lilitan travonya.

Mudah bukan? Itulah cara membuat power suplay regulator Central Tap (CT), bisa untuk 5A, 10A, 15A, 20A, 25A, 30A, 35A, bahkan sampai ratusan ampere pun untuk keperluan power amplifier model OCL, rangkaiannya tidak ada perbedaan, yang membedakan hanyalah ukuran bahan-bahan atau komponen yang digunakan. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon