TV Cina multimax suara ada gambar gelap

Sebenarnya kasus kerusakan tv cina multimax dengan gejala suara ada gambar gelap ini, bukan garapan saya sendiri, tapi garapan seorang teman yang berkonsultasi kepada saya, mungkin karena beliau belum begitu paham dengan gejala-gejala kerusakan pada pesawat televisi.

Ceritanya begini, seorang teman bbm saya, dia menanyakan tentang kerusakan tv cina multimax garapannya itu kepada saya.

Mas flyin. Saya ada kasus tv cina multimax gambar nya gelap, kira-kira apanya?

Saya jawab. Apakah tegangan heaternya ada?

Dia jawab, ada tapi hanya terukur 4 volt kurang, dan tegangan video yang harusnya 180 volt hanya terukur 135 volt.

Lalu saya suruh teman tersebut untuk memutar screen FBT nya.

Setelah beliau putar ternyata gambarnya hanya 1 garis vertikal, dan beliau mengirimkan foto tv nya kepada saya.

TV Cina multimax suara ada gambar gelap

Pada gambar diatas terlihat  garis vertikal dengan cahaya yang redup, hmmm... saya pikir bukan masalah berat, kemungkinan yang jadi penyebab gambar 1 garis vertikal itu hanya 2, yaitu:

  1. Putus atau lepas kabel yoke bagian horisontal
  2. Putusnya kapasitor output horisontal.

Kalau sobat ingin tau penyebab kerusakan pada rangkaian elektronik, dan cara mengatasinya, sobat bisa baca artikel saya dengan judul.

Belajar cara mencari komponen elektronik yang rusak dan penyebabnya

Walau artikel tersebut belum lengkap, tapi setidaknya bisa dijadikan bahan referensi buat sobat dalam menangani masalah kerusakan elektronik.

Lanjut ke kasus temen saya tadi.

Melihat foto yang dikirim oleh temen saya itu, langsung saya suruh cek apakah kabel yoke tersambung dengan baik?

Jawabnya tersambung.

Lalu saya suruh cek semua kapasitor dibagian horisontal, siapa tau ada yang putus.

Dan ternyata benar, ditemukan sebuah kapasitor dengan ukuran 680 nano 400 volt yang pecah.

TV Cina multimax suara ada gambar gelap

Lalu saya suruh teman saya untuk menggantinya, tapi ada masalah kalau kapasitor yang berukuran 680 nano 400 volt itu tidak ada ditoko tempat teman saya biasa berbelanja komponen elektronik. Yang ada hanya kapasitor 300 nano dan 360 nano saja.

Setelah saya hitung kalau 300 nano + 360 nano itu jumlahnya 660 nano, maka saya tegaskan kepada teman saya, kalau kapastor 680 nano bisa ganti dengan 2 buah kapasitor 300 nano dan 360 nano yang dipasang secara paralel.

Baca juga: Cara menghitung rumus elko

Singkat cerita setelah kapasitor yang pecah dibagian output horisontal tersebut diganti, gambar tv sudah bagus lagi seperti sedia kala.

TV Cina multimax suara ada gambar gelap

Nah dari pengalaman teman saya yang menemukan kerusakan tv cina dengan gejala awal gambar gelap, lalu setelah screen flyback dinaikan dan muncul 1 garis vertikal dari atas ke bawah, sengaja saya tulis disini, dengan harapan bisa membantu teman-teman yang lain apabila menemukan kasus yang sama.

Karena pada dasarnya sistem kerja televisi itu sama, yang membedakan hanya cara merangkainya saja, nah untuk kasus gambar hanya 1 garis vertikal, bisa terjadi terhadap semua merk tv, bukan hanya tv cina saja, tapi tv-tv lain juga seperti polytron, lg, sony, sharp, panasonic, digitec, samsung, toshiba dan lain-lain.

Mudah-mudahan artikel yang menulis tentang pengalaman teman dalam memperbaiki tv cina merk multimax dengan gejala awal suara ada tapi gambar gelap ini bisa bermanfaat. Salam.

Related Post:

2 komentar

Artikel yang menarik, lumayan ilmunya bisa dibagi... dulu sy hobby elektronik waktu Smp-sma... tp lama ditinggalkan jd lupa semua..he

Terima kasih sudah berkunjung mas, kalau punya pengalaman seputar kerusakan elektronik, silahkan dibagi, agar bisa membantu teman-teman yang sedang mencari tau tentang berbagai kerusakan umum pada rangkaian elektronik

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon