Sharp QBEAT 2 mati protect dan gambar vertikal cacat

Sahabat pembaca setia seputar kerusakan elektronik yang ada di blog Flyin DVB, kali ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki tv sharp QBEAT 2 dengan gejala awal kerusakan tv tidak mau menyala, tapi kadang-kadang bisa nyala sebentar, sebelum gambar muncul tv langsung protect.

Pasti buat sobat yang sudah lama malang melintang didunia servis elektronik, sering menjumpai mesin tv sharp yang mengunakan pcb bolong dengan tambahan pcb kecil yang terpasang didekat lampu standby bersebelahan dengan IR remot kontrol.

Sharp QBEAT 2 mati protect dan gambar vertikal cacat

Dulu pertama kali saya mendapat garapan servis tv sharp model seperti pada gambar diatas, sedikit bingung ketika tanpa sengaja pcb kecil itu lepas, tapi tv tetap bisa menyala dengan sempurna, tidak ada yang bermasalah sama sekali.

Setelah saya pelajari ternyata pcb hanya sebatas sensor protect yang mengendalikan regulator. pada dasarnya regulator sudah diseting untuk mengeluarkan tegangan 125 volt, walau tanpa optocoupler.

Kaki dari ic optocoupler 817, diberi tegangan 10 volt melalui dioda yang menjumper kaki pcb kecil itu dari kaki pin no 6 ke pin no 3, kaki no 5 masuk ke kaki ic 817 yang satunya lagi, dan yang bekerja sebagai sensor truble adalah kaki no 2.

Ketika kaki no 2 mendeteksi adanya masalah maka kaki no 5 akan mulai menjalankan tugasnya untuk mengacaukan keluaran regulator, sehingga tv tidak akan bisa menyala dengan baik.

Canggihnya sistem ini yang digunakan oleh tv sharp model QBEAT 2 adalah, kalau output regulator membesar atau mengecil, tv tetap tidak akan menyala, sehingga kerusakan fatal yang diakibatkan oleh kerusakan pada rangkaian lain akan terhindarkan.

Nah untuk pengalaman saya kali ini adalah tv start sebentar lalu protect, ketika diukur pas kejadian sedetik sebelum protect, tegangan regulator membesar menjadi 150 volt.

Tanpa pikir panjang, saya cabut pcb kecil itu dan tv bisa start sampai muncul gambar, tapi gambar yang muncul ternyata cacat bagian vertikalnya. oh rupanya ini penyebab sensor protect mengacaukan keluaran regulator.

Sharp QBEAT 2 mati protect dan gambar vertikal cacat

Seperti yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya tentang belajar cara mencari komponen yang rusak, kalau sobat mendapati gejala cacat pada gambar bagian vertikal bagian atas, maka kerusakan ada dikomponen yang berhubungan dengan jalur positif, kalau cacat gambar vertikal ada dibagian bawah, berarti kerusakan ada di komponen yang berhubungan dengan jalur negatif.

Baca: cara mencari komponen elektronik yang rusak dan penyebabnya

Seperti yang sobat lihat pada gambar diatas, kerusakan 100% ada di komponen yang berhubungan dengan jalur positif rangkaian vertikal, karena cacatnya gambar ada dibagian atas, dan yang rusak kali ini adalah elko regulator vertikal yang meratakan arus 12 volt + sudah kering.

Karena dikhawatirkan akan terjadi kerusakan yang sama pada bagian elko yang meratakan arus negatifnya, maka kedua elko saya ganti, dan hasilnya.

Sharp QBEAT 2 mati protect dan gambar vertikal cacat

Tv sudah menyala dengan sempurna, mengenai pcb kecil yang bekerja sebagai sensor protect tadi, terserah sobat, mau dipasang boleh, gak dipasang pun tidak apa-apa.

Itulah pengalaman saya memperbaiki tv sharp QBEAT 2 , yang protect dengan penyebab utamanya yaitu cacat gambar dibagian vertikal bagian atas, yang disebabkan oleh keringnya elko perata tegangan 12 volt + untuk IC vertikal LA 78040. terima kasih sudah membaca, dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga kerusakan umum tv sharp

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon