Senin, Desember 19, 2016

Cara memasang mesin tv cina dan panduan lengkapnya

Kebetulan baru saja dapat job disuruh teman untuk memasangkan mesin tv cina pada tv nya yang mesinnya digondol teknisi yang tidak bertanggung jawab, maka terbersit dipikiran saya untuk menulis panduan lengkap cara memasang mesin tv cina. Walau hanya mesin murahan yaitu mesin tv cina, tapi kalau cara pemasangan dan pengerjaannya benar, bisa dipastikan akan awet tidak kalah dengan mesin tv aslinya.

Perlu di ketahui, kalau mesin tv cina sampai saat ini masih alternatif termudah dan terbaik untuk menyelesaikan masalah servis televisi, sejago-jagonya tukang servis tapi kalau sudah dihadapkan dengan susahnya komponen, maka mengganti mesin tv dengan mesin tv buatan cina adalah kesimpulan terbaik. Baik dan buruknya hasil akhir tergantung dari cara memasang atau merakit mesin tv cina tersebut.

Kalau cara memasangnya benar dan mau mengoreksi kelemahan-kelemahan dari mesin tv cina tersebut, maka hasil akhir akan sama bahkan bisa lebih bagus dari mesin tv aslinya, tapi kalau cara pasangnya asal-asalan, kualitas gambar tidak akan bagus, dan tingkat keawetannya tidak akan terjamin.

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina agar mendapat hasil terbaik


Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memasangkan mesin tv adalah membersihkan casing dan bagian-bagian penting seperti tabung crt dimana karet flyback biasa terpasang, agar tidak terjadi percikan api yang diakibatkan kotoran yang menempel.

Cara memasang mesin tv cina

Setelah seluruh bagian casing dibersihkan, selanjutnya adalah mempersiapkan pemasangan panel-panel penting, seperti panel switch dan sensor remot.

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina

Pastikan terpasang dengan baik dan kuat, agar tidak lepas ketika dioperasikan oleh pemilik tv nya, keseringan saya melihat yang pasang panel asal-asalan, akibatnya bila ditekan bisa lepas. Memang agak ribet, tapi demi jaminan kualitas servis, tetap harus diutamakan.

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina

Setelah panel terpasang dengan baik, selanjutnya persiapkan kabel untuk speaker, jangan dikerjakan belakangan, karena nanti hasilnya akan kurang rapih.

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina

Pastikan dalam pemasangan kabel speaker harus cukup panjangnya, kalau bisa dikasih lebih dikit agar tidak kaku sewaktu memasangkannya pada soket audio amplifier output.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan soket kabel untuk degaus, ini sangat penting jangan sampai tidak dipasang nantinya, karena pasti berakibat cacatnya warna televisi.

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina

Lanjut ke pemasangan kabel yoke defleksi, karena biasanya soket yoke mesin tv cina tidak sama dengan soket mesin tv aslinya.

Cara memasang mesin tv cina tahap 6

Dalam pemasangan kabel yoke defleksi harus hati-hati jangan sampai tertukar antara kabel yoke vertikal dengan kabel yoke horisontal, karena bisa menyebabkan kerusakan pada ic vertikalnya.

Setelah selesai pemasangan kabel yoke defleksi, sekarang lanjut ke pemeriksaan mesin yang mau dipasang, pastikan solderannya ditambah terutama untuk bagian-bagian yang biasa terjadi panas.

panduan lengkap cara memasang mesin tv cina tahap 7

Saya sarankan, sekalipun komponen-komponen pada mesin tv cina masih baru, tapi kualitasnya sangat rendah, jadi untuk bagian-bagian tertentu seperti elko 160 volt, elko untuk suplay ke ic program, elko untuk tegangan ic vertikal dan elko untuk video amplifier yang 250 volt, sebaiknya semuanya diganti dengan yang berkualitas bagus.

Lebih enak lagi kalau mengganti mesin tv bermerk, seperti sharp dan LG yang rusak akibat terkena percikan petir, untuk elko-elkonya biasanya masih bagus, dan pasti akan lebih bagus dan awet bila dibanding dengan elko baru bawaan mesin tv cina.

Setelah semuanya siap, sekarang pasang mesin tvnya dengan hati-hati, pastikan semua soket kabel sudah terpasang.

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina

Sekarang lanjut ketahap penyetingan. Kalau hasilnya sudah seperti contoh gambar diatas, maka tinggal melakukan penyetingan sedikit saja, dan kalau menemukan gambar vertikal tidak linier dan tidak bisa diseting sampai sempurna, maka ganti dulu elko bagian output vertikal dengan ukuran yang 2x lebih besar, kalau aslinya 1000 uf 25 volt, ganti dengan yang 2200 uf 25 volt.

Dalam penggantian mesin tv menggunakan mesin tv cina, pasti akan sering terjadi kendala, seperti gambar tv tidak bisa penuh kekiri kekanan, keatas kebawah, gambar tv melengkung dan lain-lain. Untuk itu anda harus tau cara mengatasi semua masalah tersebut.

(Baca artikel: Cara mengatasi kendala yang sering terjadi ketika mengganti mesin tv dengan mesin tv cina)

Kalau gambar yang dihasilkan sudah seperti ini

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina

Maka perkerjaan anda sudah hampir selesai, tinggal merapihkan kabel saja, pastikan kabel-kabel bertegangan tinggi tidak menempel dengan kabel yang membawa arus tegangan rendah.

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina

Sekarang tinggal rapihkan soket input dan output video audio dan soket tunner, pastikan terpasang dengan kuat.

Panduan lengkap cara memasang mesin tv cina

Tutup lubang yang tidak terpakai, karena bisa dimasuki cicak, yang bisa berakibat konsleting.

Dan terakhir adalah menutupnya, untuk kabel listrik saya sarankan tidak usah menggunakan saklar, karena jarang pas dudukannya, dan demi menjaga sesuatu hal yang tidak di inginkan seperti tv terpasang pada jalur listrik dalam keadaan mati, dan tiba-tiba ada petir. Sudah pasti pemilik tv akan minta garansi, walau sudah dujelaskan biasanya jarang yang bisa nerima.

Itulah panduan lengkap cara memasang mesin tv cina, atau cara merakit mesin tv cina dengan baik dan benar, untuk menjaga refutasi baik dan kualitas seorang teknisi. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon