Minggu, Desember 11, 2016

Panasonic Quintrix F series TC-2088 MF mati protect

Lagi-lagi protect, memang umumnya kerusakan tv model sekarang adalah protect, termasuk yang saya hadapi kali ini tv panasonic quintrix f series tc-2088 mf, dengan gejala tv hanya start sesaat kemudian protect, sayangnya ini tv bekas tuser lain yang mungkin pengalamannya masih kurang, sehingga dalam menentukan bagian mana yang rusak.

Perlu diperhatikan oleh sobat teknisi, hampir rata-rata produsen elektronik khususnya untuk televisi tabung keluaran terbaru, mereka menerapkan sistem protect mengambil dari rangkaian hasil akhir rangkaian vertikal, rangkaian AFC dan rangkaian ABL. kecuali untuk tv sharp, yang memasang sensor protect hampir dari semua rangkaian.

Nah untuk tv panasonic quintrix f series garapan saya ini juga, sumber pengendali protectnya mengambil dari rangkaian vertikal.

Cara memperbaiki protect tv panasonic quintrix f series yang protect


Pertama ukur tegangan di titik positif elko regulator vertikal, perhatikan apakah ketika tv start sesaat menujukan ukuran 24 volt atau tidak? kalau tidak, bisa dipastikan ic vertikal LA 7840 nya setengah konslet.

Kedua cabut ic vertikal, lalu nyalakan lagi tv sambil ukur tegangan input regulator untuk vertikal, kalau menunjukan ukuran normal antara 24-25 volt, berarti benar ic LA 7840 yang setengah konslet.

Ketiga ganti ic vertikal dengan yang berkualitas baik, lalu coba nyalakan lagi, kalau tv bisa menyala dengan baik, berarti kasus selesai.

Panasonic Quintrix F series TC-2088 MF mati protect

Catatan penting: Setelah tv menyala, coba perhatikan beberapa saat, untuk memastikan apakah penyebab rusaknya ic vertikal LA 7840 nya itu karena memang truble ic, atau ada penyebab lain, biasanya diakibatkan karena ada percikan api hasil tegangan tinggi flyback, tapi pengalaman saya untuk kasus panasonic lebih sering diakibatkan oleh truble ic saja.

Baca juga: Sharp QBEAT 2 mati protect

Itulah pengalaman saya memperbaiki panasonic quintrix f series tc-2088 mf dengan gejala mati protect, semoga bermanfaat buat pembaca setia seputar kerusakan elektronik di blog Flyin DVB.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon